• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

10 Cara Meningkatkan Traffic Website, Dijamin Ampuh!

Daftar Isi
Daftar Isi

Anda mungkin pernah bertanya-tanya, bagaimana cara meningkatkan traffic website?

Website sendiri memiliki peran penting bagi perusahaan atau organisasi untuk meningkatkan brand awareness dengan menampilkan profil usaha atau organisasi. 

Namun, untuk meningkatkan brand awareness sendiri tidak cukup dengan memiliki website saja melainkan website tersebut perlu mendapat traffic. Semakin tinggi traffic yang didapatkan, maka semakin tinggi pula tujuan pembuatan website dapat tercapai.

Sebenarnya, apa itu traffic website? Traffic website adalah jumlah aktivitas pengunjung suatu situs baik untuk membaca konten, mengakses satu laman ke laman lain, dan durasi akses halaman suatu website. Semua aktivitas yang dilakukan oleh visitor saat mengunjungi suatu situs akan terekam secara otomatis.

Cara melihat traffic website secara gratis dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai tools yang tersedia sepeti Google Analytics, SimilarWeb, Alexa, Google Search Console, dan Ubersuggest. Dengan menggunakan tools tersebut Anda bisa memonitor traffic website secara berkala.

Jika traffic website tidak mengalami peningkatan ataupun cenderung turun maka Anda perlu memutar otak untuk meningkatkannya. 

Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan traffic website!

10 Cara Meningkatkan Traffic Website

Berikut beberapa cara meningkatkan traffic website yang dapat Anda lakukan:

1. Melakukan Riset Keyword

Cara meningkatkan traffic website: keyword research
Contoh keyword research menggunakan tools Ahrefs

Riset keyword merupakan salah satu cara menaikkan traffic website. Melakukan riset keyword merupakan core activity saat akan menulis artikel. Anda perlu melakukan riset keyword untuk mengetahui public interest atau topik yang banyak dicari oleh orang.

Mungkin, Anda memiliki ide yang fresh sebagai topik konten. Namun, jika kebanyakan orang tidak tertarik untuk membaca topik tersebut maka penulisan artikel akan terbilang sia-sia jika Anda berfokus untuk meningkatkan traffic website. 

Dengan melakukan cara meningkatkan traffic website berikut ini, Anda dapat menemukan keyword yang banyak dicari oleh pengguna mesin pencarian utamanya Google.

Untuk melakukan riset keywords, Anda bisa menggunakan tools gratis, seperti SEMrush, Google Trends, dan Ubersuggest.

2. Targetkan Long-Tail Keyword

Keyword memiliki dua jenis varian yaitu short tail dan long tail yang mana perbedaan kedua jenis tersebut terletak pada jumlah katanya.

Short tail terdiri dari satu sampai dua kata, seperti contoh “website” dan “traffic website”. Sementara itu, long tail keyword terdiri dari tiga kata atau lebih, contohnya “cara meningkatkan traffic website”.

Perbedaan lainnya terletak pada tingkat persaingannya. Adapun kata kunci short tail biasanya memiliki volume pencarian dan tingkat persaingan yang tinggi. Sementara itu, long tail keyword memiliki volume pencarian yang tidak terlalu tinggi pun tingkat persaingannya. 

Dengan ini, Anda bisa menargetkan long-tail keyword terlebih dahulu sebelum short tail keyword untuk memenangkan persaingan ketat yang ada pada kata kunci short tail.

3. Gunakan LSI Keyword

Cara meningkatkan traffic website berikutnya adalah LSI Keyword. LSI Keyword merupakan kependekan dari Latent Semantic Indexing Keyword atau kumpulan kaat kunci dalam satu topik yang saling berhubungan secara semantik. 

LSI berfungsi agar penggunaan kata kunci tidak monoton karena tool kata kunci biasanya hanya memberikan kata kunci yang tidak bervariasi dan kaku. Penggunaan kata kunci yang bervariasi menghindari pengunjung website merasa bosan saat membaca konten.

4. Buat Judul yang Menarik

Saat mencari artikel, judul merupakan elemen yang pertama kali dilihat. Terkadang, kebanyakan orang melihat judulnya terlebih dahulu sebelum membaca kontennya lebih lanjut. Sebab, judul merefleksikan keseluruhan konten. 

Oleh karena itu, Anda perlu membuat judul yang menarik dengan menggunakan angka atau jenis listicle (list article). Kemudian, kemukakan topik yang akan Anda bahas dengan jelas.

Yang terakhir gunakan kata sifat dalam judul. Cara meningkatkan traffic website satu ini mungkin terlihat sepele, namun sangat penting untuk dilakukan.

Baca Juga: Tips Membuat Website untuk Pribadi Maupun Bisnis

5. Tambahkan Visualisasi yang Menarik

Dalam membuat konten, Anda harus mengolahnya menjadi konten yang menarik dan tidak monoton dengan menambahkan visualisasi.

Ketika konten yang Anda buat monoton, maka besar kemungkinan terjadinya bounce rate. Hal ini sangatlah berbahaya mengingat bounce rate merupakan salah satu aspek penilaian Google.

Ketika bounce rate situs Anda tinggi, maka akan berdampak pada traffic yang menurun yang berakibat pada penurunan ranking website.

Penambahan visual berupa foto dan video yang menarik dapat mengatasi masalah tersebut. Pasalnya, visual berfungsi membantu pembaca memahami konten.

6. Tingkatkan Kecepatan Website

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh google, sebanyak 53% internet user di Indonesia cenderung meninggalkan website yang memiliki kecepatan loading website lebih dari 3 detik.

Hal ini berarti bahwa jika kecepatan loading website Anda lebih dari 3 detik, maka besar kemungkinan pengunjung akan mencari website lain yang lebih cepat.

Jadi, kecepatan website merupakan aspek yang perlu diperhatikan untuk menjaga atau meningkatkan ranking situs Anda pada mesin pencarian.

Anda perlu benar-benar memastikan bahwa cara meningkatkan traffic website satu ini sudah ada karena sangat berpengaruh terhadap peringkat website pada SERP.

7. Tingkatkan SEO On-Page

Tips meningkatkan traffic website berikutnya adalah dengan meningkatkan SEO On-Page. SEO On-Page adalah suatu strategi yang dilakukan untuk mengoptimasi bagian website.

Beberapa elemen SEO On-Page yang perlu diperhatikan adalah:

  • Title tag: Buatlah judul yang menarik dan mengandung keyword dengan tidak melebihi 60 karakter.
  • Deskripsi meta: Merupakan deskripsi singkat yang terletak dibawah URL. Deskripsi ini harus mengandung kata kunci utama sehingga searh engine sekaligus pengguna bisa mendapat gambaran tentang konten halaman.
  • Header tag: Gunakan header tag untuk mengelompokkan konten Anda sesuai dengan bagainnya sehingga memudahkan pembaca.
  • Alt text gambar: Teks yang menjelaskan gambar tersebut membantu mesin pencarian dalam proses crawling. Informasi ini juga digunakan alat pembaca layar untuk mendeskripsikan gambar untuk penyandang tuna netra.

8. Tulis Konten yang Berkualitas

Cara meningkatkan traffic website selanjutnya adalah dengan menulis konten yang bagus. Konten memiliki peran penting dalam website, maka dari itu tulislah konten yang bagus agar pengunjung tidak bosan dan bingung saat membaca konten website Anda. 

Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk membuat konten yang bagus:

  • Melakukan riset keyword
  • Buat headline yang menarik
  • Hindari kalimat yang bertele-tele
  • Buat konten yang informatif
  • Tambahkan gambar atau video sebagai elemen visualisasi
  • Gunakan alat penulisan yang dapat membantu Anda dalam mengoreksi konten

9. Gunakan Backlink

Anda mungkin bertanya, seberapa penting backlink untuk meningkatkan traffic website? Jawabannya adalah berperan sangat penting.

Nah, cara meningkatkan traffic website berikutnya adalah dengan menggunakan backlink, situs Anda bisa memperoleh traffic melalui sumber ketiga.

Namu, Anda harus memastikan bahwa backlink yang digunakan berkualitas dengan meninjau kredibilitas website yang memberikan website Anda referral traffic.

10. Manfaatkan Digital Ads

Setelah menyimak beberapa cara meningkatkan traffic website gratis, sekarang kita akan menguraikan cara meningkatkan website dengan sistem paid yaitu dengan digital ads.

Digital ads merupakan satu bentuk promosi melalui platform digital. Untuk menggunakan digital ads, Anda perlu mempersiapkan tarif sesuai dengan jenis promosi yang diinginkan. 

Kelebihan menggunakan digital ads adalah Anda bisa menargetkan audiens sesuai dengan niche brand. Selain itu, keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan digital ads akan lebih cepat terasa.

Setidaknya, ada tiga jenis digital ads yang dapat Anda gunakan:

  1. Search Engine Marketing (SEM): Strategi SEM dan SEO memiliki kemiripan, yang membedakan SEM merupakan strategi optimasi website yang berbayar. 
  2. Social Media Advertisement: Merupakan iklan berbayar yang dapat ditampilkan melewati media sosial. 
  3. Programmatic Ads: Merupakan suatu proses transaksi ruang iklan digital secara otomatis. Yang mana iklan ditempatkan pada banner blog publisher.

Baca Juga: Tips Mudah Membuat Website Company Profile

Itulah penjelasan lengkap tentang 10 cara meningkatkan traffic website yang dapat Anda ikuti.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa cara meningkatkan traffic website adalah dengan melakukan monitoring secara berkala kemudian melakukan optimasi website dengan cara yang telah diuraikan di atas.

Salah satu aspek website yang perlu diperhatikan adalah responsiveness. Jika Anda memerlukan website untuk perusahaan dengan tingkat responsivitas yang baik, Sekawan Media siap membantu dalam jasa pembuatan website dan aplikasi!

Kami merupakan website agency berpengalaman dalam membantu perusahaan-perusahaan ternama untuk bersaing dengan kompetitor menggunakan media profesional yang dapat meningkatkan user experience. Yuk, kunjungi website kami untuk mendapat informasi lebih lengkap! 

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: