• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Yoast SEO: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, & Kekurangan

Daftar Isi
Daftar Isi

Dalam WordPress, terdapat banyak fitur dan tools yang bisa dipakai untuk mengoptimalkan SEO pada konten blog Anda. Salah satu tools tersebut adalah plugin bernama Yoast SEO.

Yoast SEO merupakan plugin gratis yang bisa ditemukan di WordPress untuk mengoptimalkan performa SEO pada suatu konten website. Plugin ini memiliki banyak fitur yang tergolong lengkap dalam melakukan peningkatan performa pada konten website.

Cara setting Yoast SEO dapat dilakukan dengan beberapa cara yang akan mendukung kinerja dari website tersebut. Yoast SEO banyak digunakan serta diterapkan pada website seperti WordPress. Sehingga WordPress dan Yoast memiliki hubungan yang saling berkaitan satu sama lain.

Penggunaan Yoast pada banyak website khususnya WordPress akan membantu proses optimasi sebuah website dan meningkatkan proses aktivitas dari website. Proses tersebut tentunya akan berpengaruh besar terhadap performa dari website sendiri.

Pengertian Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin yang digunakan pada WordPress yang digunakan oleh para blogger atau pemilik website yang akan memberikan banyak manfaat bagi website yang dimiliki.

Sudah tidak asing lagi bahwa SEO juga memiliki keterkaitan yang cukup kuat dengan sebuah aktivitas di website, terutama pada WordPress.

Memiliki banyak manfaat yang akan meningkatkan aktivitas dari website serta akan melakukan sebuah optimasi di mesin pencarian atau Google. Hal ini akan membantu memudahkan seorang blogger, writer, atau publisher mengelola data serta melakukan manajemen pada website yang dimiliki.

Yoast SEO merupakan salah satu plugin WordPress yang paling baik dalam meningkatkan performa SEO pada website dan konten website WordPress. Sejak diluncurkan pada tahun 2008, plugin ini telah membantu banyak website meningkatkan peringkat mesin pencari.

Yoast SEO akan memberikan banyak kemudahan dalam menggunakannya yang dapat diakses dan digunakan oleh semua orang bahkan yang belum pernah mengenal istilah serta manfaat SEO, oleh sebab itu plugin ini sudah tidak asing lagi.

Dengan adanya plugin ini tentunya akan memfasilitasi kemudahan pada proses berjalannya suatu website, yang tentunya akan meningkatkan kualitas SEO. 

Fungsi Yoast SEO

Dari pengertian mengenai plugin bermanfaat ini, tentunya plugin ini memiliki banyak fungsi yang akan memberikan keuntungan pada website yang menerapkan atau memakainya.

Fungsi yang dimiliki Yoast SEO diantaranya adalah akan memberikan standar atau ukuran tinggi mengenai hal SEO yang akan memberikan banyak dampak bagi eksistensi dari website tersebut.

Selain itu akan meningkatkan tingkat keterbacaan pada konten atau artikel dalam sebuat website. Bukankah penting memiliki kekuatan atau performa tinggi pada sebuah website, tentunya dalam hal ini keberadaan Yoast SEO akan membantu proses peningkatan keterbacaan konten pada website. 

Fungsi selanjutnya yang diberikan oleh Yoast adalah mampu melakukan integrasi pada akun media sosial serta mampu melakukan integrasi pada webmaster tools.

Penggunaan Yoast akan menjadikan proses SEO pada konten lebih mudah serta sederhana yang tidak akan mengharuskan pengguna untuk memahami cara melakukan pengkodean pada plugin ini.

Fitur-fitur Yoast SEO

Dalam melakukan tugasnya sebagai plugin untuk SEO, Yoast SEO menyediakan banyak fitur baik fitur gratis maupun fitur berbayar yang digunakan sebagai pendukung dari proses optimasi sebuah website.

Fitur-fitur tersebut akan menjawab kebutuhan penggunanya dan juga memudahkan pengunjung website pengguna dalam mengakses halaman website. Versi gratis yang dimiliki tentunya memiliki fitur-fitur terbatas yang tidak sama dengan fitur plugin berbayarnya.

Pada versi gratisnya akan dijumpai beberapa fitur berupa:

  • Kemampuan Optimasi Konten : Plugin Yoast SEO akan menganalisis SEO untuk setiap halaman atau posting dan memberikan saran untuk perbaikan.

    Yoast menawarkan rekomendasi tentang internal backlink selain memperhatikan aspek On Page SEO. Caranya adalah dengan merekomendasikan artikel yang sedang dibuat dengan artikel yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Setting Metadata : Fitur ini memudahkan anda dalam melakukan pengaturan terhadap meta deskripsi, meta keywords, hingga beberapa url yang canonical dengan mudah.

    Yoast SEO juga memiliki kemampuan untuk mengevaluasi penggunaan meta berdasarkan kata kunci yang Anda inginkan sesuai target SEO Anda. Ini membuat artikel yang dibuat lebih efektif.
  • Fitur Sitemap : Fitur ini memudahkan mesin pencarian Google dalam mengenali struktur website yang Anda buat.

    Fitur ini dapat membuat anda mudah memetakan struktur website anda tanpa perlu merancang ulang template dan konsep dari website yang sudah Anda rancang sebelumnya.
  • Breadcrumbs : Merupakan sistem navigasi yang bertujuan untuk membantu pengunjung pada website Anda dalam memahami posisi dari halaman website yang dikunjungi.

    Fitur Breadcrumbs juga membantu pengunjung Website anda saat mengakses halaman terkait informasi yang dicari.

Sedangkan pada versi berbayarnya, Yoast SEO memiliki banyak fitur yang tentunya akan memberikan banyak kemudahan serta memberikan pelayanan yang lebih baik daripada versi gratis yang dimiliki. Fitur-fitur yang dimiliki antara lain adalah:

  • Memberikan pengelolaan Redirect Manager
  • Pemberian saran link internal secara otomatis
  • Mampu berfokus pada banyak kata kunci dan frasa
  • Mampu menampilkan social sharing preview seperti pada SEO Berita, SEO commerce, dan SEO lokal

Dengan banyaknya fitur yang dimiliki oleh Yoast SEO, tentunya akan memberikan banyak manfaat serta keuntungan. Penerapan Yoast sebagai plugin pilihan akan membantu banyak proses optimasi sebuah website, tentunya pemilik website tidak akan rugi saat menggunakan dan menerapkan plugin ini.

Baca juga: Apa itu CMS? Kenali Lebih Dalam Mengenai Fungsi, Macam, dan Manfaatnya

Cara setting Yoast SEO

Sebelum melakukan setting atau penginstalan pada WordPress, pengguna harus terlebih dahulu masuk di akun WordPress yang dimiliki agar memudahkan dalam melakukan akses Yoast SEO. Untuk lebih rincinya, akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Menuju bagian Dashboard pada WordPress, lalu klik Plugin. Pada bagian Plugin klik tambah baru
  2. Lalu cari plugin Yoast pada kotak pencarian, setelah ditemukan lalu klik pada bagian Install Now 
  3. Plugin akan secara otomatis terunduh pada WordPress
  4. Setelah proses unduhan selesai dilakukan lalu klik Active Plugin, pada bagian ini perlu dilakukan karena akan menentukan bahwa plugin tersebut sudah aktif dan dapat digunakan
  5. Setelah proses pengaktifan selesai dilakukan, maka pada bagian dashboard WordPress akan muncul logo Yoast SEO, sehingga plugin ini sudah bisa digunakan

Baca juga: Langkah Mudah Membuat Website Company Profile

Pada Yoast SEO memilih menu-menu atau fitur yang akan memudahkan dalam pengerjaan optimasi SEO yang dapat dilihat dengan melakukan klik pada icon SEO di tampilan Dashboard. Kemudian akan muncul menu-menu diantaranya adalah. 

Menu Dashboard

Memberikan penjelasan mengenai pemberitahuan atau permasalahan yang ada pada sebuah konten.

Menu Features

Pada menu ini sebagai pengaturan untuk mengaktifkan atau menon aktifkan layanan pada plugin ini. Dalam hal ini memiliki beberapa menu diantaranya adalah:

  • SEO analysis berfungsi sebagai analisa SEO pada konten dan menunjukan permasalahan pada optimasi konten yang dilakukan serta memberikan rekomendasi pada bagian yang kurang sesuai. Pemberian warna merah sebagai kesalahan atau ketidak tepatan, warna merah muda berarti sedang, dan warna hijau berarti proses kerja sudah dilakukan dengan baik.
  • Readability analysis berguna sebagai menganalisis tingkat keterbacaan dan mengukur panjang pendeknya kata dari sebuah konten serta memberikan saran yang terbaik untuk konten tersebut.
  • Cornerstone content yang digunakan sebagai penanda bahwa konten tersebut berharga pada situs website
  • Text link counter sebagai penghitungan jumlah internal link atau tautan yang dipakai pada sebuah konten tersebut.
  • XML Sitemaps yang berfungsi sebagai  pembuatan peta situs yang akan memudahkan proses perayapan dan dapat dikirimkan pada situs pencarian seperti Google, Bing, dan lain sebagainya.
  • Ryte Integration untuk mengetahui apakah postingan sudah dilakukan pengindeksan oleh mesin pencarian, dengan memberikan data di setiap minggunya.
  • Admin bar menu sebagai tambahan menu naik-turun pada dashboard yang dimiliki WordPress

Security memberikan layanan sebagai pengaman bahwa penulis tidak bisa menghapus atau mengubah ikon pada postingan, kegiatan ini hanya dilakukan oleh editor dan administrator. 

Menu Webmaster Tools

Pada menu ini untuk melakukan pendaftaran pada Google Search Console, serta menggunakan metode Tag HTML.

Ketiga menu diatas merupakan menu di bagian General pada Yoast, terdapat menu lainnya yaitu Search Appearance sebagai petunjuk dan memberi informasi mengenai halaman judul pada mesin pencarian. Informasi mengenai jenis konten dan tampilan judul sebuah postingan. 

Menu Integration

Selain itu, Yoast SEO mengenalkan fitur Integrations Tab untuk pihak ketiga seperti SEMRush, Wincher, dan Ryte. SEMRush digunakan untuk menemukan keyword terkait yang sesuai dengan fokus keyword yang digunakan. Wincher membantu melacak frasa tertentu dan memberikan insight.

Namun, Ryte membantu dalam analisis situs web untuk pengindexan mesin pencari. Anda dapat mengaktifkan ketiga integrasi tersebut untuk membantu Anda mengoptimalkan konten untuk SEO. Pengguna premium akan memiliki integrasi tambahan dari Zapier dan Algolia.

Kelebihan dan Kekurangan Yoast SEO

Yoast SEO memiliki banyak kelebihan dan beberapa kekurangan baik pada penggunaannya maupun pada beberapa fitur yang ada. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari Yoast SEO pada WordPress.

Kelebihan Yoast SEO

  • Proses instalasi yang mudah : Yoast SEO Instalasi Yoast SEO mudah dilakukan melalui menu Plugin di dashboard WordPress. Setelah itu, Anda dapat mengikuti petunjuk konfigurasi plugin untuk menyesuaikan pengaturannya sesuai kebutuhan dan preferensi.

  • Pengoptimalan pada aspek SEO : Plugin Yoast SEO berfungsi untuk memenuhi standar teknis SEO terbaru, seperti membuat sitemap XML, mengatur permalink, menghindari konten duplikat, dan lain sebagainya. Plugin ini juga kompatibel dengan plugin lainnya di WordPress seperti WooCommerce, Elementor, dan Gutenberg.

  • Optimalisasi konten website : Dengan plugin Yoast SEO, Anda dapat meningkatkan kualitas konten website Anda dalam hal SEO dan keterbacaan pada mesin pencarian.

    Plugin ini dapat mengidentifikasi kata kunci utama, kata kunci terkait, sinonim, dan berbagai bentuk kata. Selain itu, plugin ini dapat menyarankan cara meningkatkan struktur kalimat, panjang paragraf, penggunaan subheading, dan fitur lainnya.

  • Menampilkan preview atau simulasi konten website : Plugin Yoast SEO memiliki fitur AI generator yang memungkinkan Anda membuat judul dan meta deskripsi yang menarik dan relevan untuk ditampilkan di hasil pencarian Google dan mesin pencarian lainnya.

Kekurangan Yoast SEO

  • Fitur yang berbayar : Beberapa fitur pada Yoast SEO berbayar sehingga mengharuskan Anda untuk membayar beberapa fitur guna mengoptimalkan konten pada website Anda.
  • Resiko bertabrakan dan tidak kompatibel dengan plugin lainnya : Tidak semua plugin mampu menerima Yoast SEO pada WordPress. Beberapa diantaranya beresiko menimbulkan malfungsi dan kesalahan pemetaan pada SEO konten website Anda. 

Kesimpulan

Sebagai salah satu dari plugin WordPress yang paling populer digunakan, Yoast SEO merupakan suatu plugin yang cukup mudah digunakan dan tidak begitu rumit bagi pemula.

Yoast SEO dapat mengoptimalkan meta deskripsi dan tag judul pada konten website Anda. Yoast SEO juga dapat membantu anda mengecek performa konten website anda pada mesin pencarian. Penggunaan plugin Yoast digunakan untuk memudahkan melakukan optimasi SEO pada website.

Dengan demikian  Yoast SEO merupakan sebuah p
lugin WordPress yang mudah diterapkan serta memiliki banyak menu-menu yang dapat diakses secara gratis dan mudah dalam melakukan setting serta pemasangan. Hal ini  akan semakin memudahkan Anda  dalam membuat website.

Sekawan Media membuka jasa pembuatan website custom di Kota Malang. Kami siap memberikan solusi terbaik bagi bisnis anda.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: