You are here:

Langkah Mudah Membuat Website Company Profile

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
website company profile

Permintaan untuk membuat website company profile saat ini terus meningkat seiring kebutuhan akan informasi secara digital. Hal ini dapat anda manfaatkan sebaik mungkin untuk belajar dan memulai membuat sebuah website. Di dalam artikel ini kami memberikan langkah – langkah mudah untuk pemula dan ingin membuat sebuah website sendiri. 

Jika anda masih belum paham dan mengetahui apa itu yang dimaksud dengan website company profile? jangan khawatir. Kami akan memberikan tips dan langkah untuk membuat website dengan panduan cukup mudah dan dengan bahasa yang mudah dimengerti. 

Kami akan menjelaskan mulai dari apa itu website company profile sampai langkah – langkah pembuatannya. Jadi pastikan anda membaca mulai dari awal agar lebih memahami konsep dan tujuan pembuatan website tersebut.

Apa itu Website Company Profile

Di dalam website untuk bisnis sendiri, terbagi menjadi dua. Pertama adalah website toko online atau sering disebut e – commerce. Kemudian yang kedua adalah website company profile atau website perusahaan. 

Sudah jelas dari namanya sendiri, website company profile berhubungan erat dengan profil sebuah perusahaan. Tujuan dari pembuatan website ini adalah untuk menampilkan profil perusahaan yang berguna meningkatkan kredibilitas di dunia maya atau internet. Website ini juga sangat penting untuk menjadi sumber informasi terpercaya dan akurat mengenai sebuah perusahaan. 

Memang, website jenis ini tidak memberikan revenue secara langsung seperti halnya website toko online atau e – commerce. Dengan adanya website company profile, akan sangat memudahkan bagi user untuk mengenal dan mengetahui perusahaan yang anda miliki tanpa perlu harus melalui sebuah iklan, surat kabar, maupun media konvensional yang lain. 

Nah, untuk sekarang anda mulai paham mengenai apa itu website company profile serta tujuan dari pembuatan website tersebut. Selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai langkah – langkah dalam proses pembuatan sebuah website company profile dengan menggunakan WordPress.

Sebelum masuk pada tahap pembuatan website -nya sendiri. Kami akan memberikan beberapa alasan mengenai mengapa memilih WordPress untuk pembuatan dari website company profile sendiri. Agar anda dapat mengenal lebih dalam mengenai WordPress untuk kedepannya.

Mengapa Menggunakan WordPress

Dari sini, mungkin banyak dari anda yang bertanya – tanya mengapa dalam pembuatan website company profile menggunakan WordPress. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kami lebih merekomendasikan pembuatan website ini dengan menggunakan WordPress. 

Alasan yang pertama adalah 30 persen website di dunia menggunakan WordPress. Dikutip dari W3Tech, merupakan salah satu perusahaan konsultan dari Austria melakukan survei terhadap 10 juta situs teratas. Pada peringkat Alexa, telah membuktikan bahwa WordPress telah menduduki 60 persen pengguna CMS (Content Management System) di seluruh penjuru dunia. 

Kemudian, alasan kedua adalah dari segi teknis. WordPress sendiri memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk membuat sebuah tampilan website yang mudah dan aplikatif. Bagi anda yang belum pernah terjun dan menekuni dunia pemrograman atau sering disebut sebagai developer, maka anda jangan khawatir.

Dalam WordPress sendiri memberikan kemudahan bagi pengguna yang tidak mengerti bahasa pemrograman seperti html, CSS, PHP, dll. Fitur yang diberikan akan sangat mudah dan dapat digunakan oleh setiap orang. Yang terpenting disini adalah fitur drag & drop yang digunakan untuk membuat sebuah widget pada website tanpa harus mengetahui lebih dalam mengenai bahasa pemrogramannya. 

Alasan terakhir adalah dalam pembuatan sebuah profil perusahaan, tidak terlalu membutuhkan resource yang terlalu besar. Menu yang ditampilkan pada website tersebut hanya sebatas pada pengenalan profil perusahaan beserta produk dan layanan yang ada dalam perusahaan tersebut. 

Oleh sebab itu, lebih baik untuk menggunakan WordPress karena tidak memerlukan resource yang besar serta penggunaan yang mudah dan dapat diakses oleh setiap orang. Yang perlu ditekankan disini adalah semakin banyak informasi yang ditampilkan maka semakin baik kredibilitas perusahaan anda untuk dikenal oleh user. 

Baca Juga: Drupal Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Keunggulan yang Dimiliki

Langkah Membuat Website Company Profile Menggunakan WordPress

Nah, setelah anda mengetahui alasan pemilihan dari WordPress untuk membuat sebuah website. Maka, sudah saatnya untuk masuk membuat website tersebut. Berikut merupakan beberapa cara pembuatan website yang kami sajikan dengan mudah agar dapat diikuti oleh setiap orang khususnya bagi yang pertama kali mencoba membuat website sendiri. 

1. Install WordPress

Langkah pertama untuk membuat membuat sebuah website company profile, anda harus memiliki WordPress terlebih dahulu. Kemudian hosting dan domain juga anda perlukan agar website anda dapat diakses secara online. 

Untuk urusan hosting dan domain, banyak sekali penyedia paket layanan hosting dan domain di Indonesia. Ada yang berbayar dan ada yang tidak. Setelah memiliki hosting dan domain, selanjutnya anda hanya perlu meng –install WordPress pada perangkat anda. 

2. Masuk Dashboard

Setelah berhasil meng –install WordPress, maka langkah selanjutnya adalah masuk pada dashboard. Di dalam dashboard WordPress sendiri anda dapat mengelola tampilan website yang akan anda buat mulai dari tema, halaman, plugin, dll.

Cara membuka dashboard tidaklah sulit. Anda harus menambahkan /wp-admin pada domain yang telah dibuat. Sebagai contoh, www.cobadomain.co.id/wp-admin. Setelah menuliskan tambahan tersebut, maka akan muncul tampilan login pada WordPress. 

Langkah selanjutnya, hanya memasukkan username dan password yang telah anda buat ketika meng –install WordPress sebelumnya. Jika login berhasil, maka anda dapat masuk pada tampilan dashboard.

Pada bagian dashboard, terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu: toolbar, menu navigasi, dan area kerja. 

  • Toolbar 

Pada bagian toolbar digunakan untuk mengelola profil anda yang terletak pada pojok kanan. Kemudian, anda juga akan mendapatkan notifikasi mengenai berapa banyak komentar yang anda dapatkan pada toolbar. 

  • Menu Navigasi

Selanjutnya, pada menu navigasi ini sebagian besar aktivitas akan anda gunakan dalam menu ini. Mulai dari mengunggah blogspot, mengganti tema, memasang plugins, menambahkan media, mengelola komentar, menambahkan halaman, hingga mengganti pengaturan pada WordPress sendiri.

Anda harus benar – benar paham pada menu navigasi ini, karena sangat diperlukan untuk pembuatan dan pengelolaan sebuah website. Ada banyak sekali tutorial dan pembahasan terkait WordPress. Disini, kami juga akan memberikan tutorial sedikit mengenai cara kerja dari WordPress.  

  • Area Kerja

Di dalam area kerja ini terbagi lagi menjadi beberapa bagian yang memiliki peran dan fungsi masing – masing:

    • At a Glance, berfungsi untuk menampilkan jumlah halaman, post, komentar, serta versi dari WordPress yang digunakan.
    • Quick Draft, digunakan apabila anda memiliki sebuah ide untuk membuat dan menulis sebuah artikel. Maka anda dapat menggunakan fitur ini dan jangan lupa untuk menerbitkannya pada menu utama. 
    • Activity, berfungsi sebagai penunjuk apabila terdapat post ataupun komentar terbaru yang ditampilkan.
    • WordPress News, digunakan untuk menampilkan update berita terbaru seputar WordPress. 

3. Menentukan Tema

Setelah anda mengetahui setiap bagian pada dashboard, maka selanjutnya anda harus mengenal terlebih dahulu mengenai tema yang tersedia pada WordPress. Menentukan sebuah tema cukuplah penting bagi perkembangan website yang akan anda buat. 

Dalam membuat sebuah website company profile, hal yang paling pertama dilihat oleh user adalah tampilan dari website tersebut. Semakin menarik tampilan website yang dibuat, maka akan menambah ketertarikan user untuk masuk dan menjelajah pada website tersebut. 

Tentukan terlebih dahulu tema yang akan anda gunakan. Pastikan tema yang akan anda buat sesuai dengan usaha atau bisnis yang akan anda kembangkan. Sehingga, website tersebut memiliki daya tarik bagi para pembaca untuk mencari informasi lebih mengenai perusahaan tersebut.

4. Lengkapi Profil Perusahaan

Setelah berhasil menentukan tema dari website company profile, selanjutnya anda wajib untuk melengkapi profil dari perusahaan anda. Profil sebuah perusahaan disini, terdiri dari nama perusahaan, tagline, logo hingga favicon. 

Pada tahap ini, anda diharuskan melengkapi semuanya agar pembaca dapat mengingat dengan jelas nama serta logo dari perusahaan yang akan anda kembangkan. Dalam merancang sebuah nama dan tagline haruslah memiliki keterkaitan dengan tujuan anda membuat perusahaan.

Selain itu, faktor optimasi SEO juga penting dalam pembuatan sebuah profil perusahaan. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk pada menu Appearance, kemudian tekan customize.

Kemudian, pilih site identity dan di dalam menu tersebut tersedia form untuk mengisi nama perusahaan, tagline serta site icon. Pastikan, anda tidak menggunakan terlalu banyak kata pada tagline agar optimasi SEO berjalan dengan baik. Untuk mengisi site icon, anda harus mengunggah logo dari perusahaan terlebih dahulu. 

Baca Juga: Optimasi Landing Page Website Anda dengan SEO

5. Membuat Page (Halaman)

Membuat sebuah halaman yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca merupakan sebuah keharusan. Informasi yang ditampilkan haruslah akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Ada beberapa hal penting yang harus ditampilkan pada website company profile:

  • Halaman About Us

Pada halaman About Us (Tentang Kami) memuat beberapa hal penting seperti profil perusahaan, sejarah, visi dan misi, serta latar belakang yang dimiliki. Tujuan dari halaman ini dibuat adalah untuk mempermudah pembaca dalam mengenal lebih dalam sebuah perusahaan.

Selain itu faktor terpenting adalah untuk menambah faktor kepercayaan pembaca kepada sebuah perusahaan. Hal tersebut juga meningkatkan kredibilitas dari website anda. 

  • Halaman produk atau layanan

Selanjutnya, dalam website company profile harus mencantumkan sebuah produk atau layanan dari perusahaan. Pada halaman ini harus dikembangkan dengan lebih rinci, sehingga user mengetahui maksud dan tujuan dari setiap produk yang ditampilkan.

Biasanya, pembaca lebih sering mengulas isi dari halaman produk atau layanan untuk mencari kebutuhan atau informasi yang mereka inginkan. Pastikan untuk membuat halaman ini dengan baik dan lebih menarik. 

  • Halaman Contact Us

Untuk memudahkan pembaca dalam menghubungi perusahaan terkait, maka anda perlu menambahkan sebuah halaman Contact Us. Pada halaman ini berisi mengenai informasi untuk menghubungi perusahaan terkait. 

Dalam hal ini, dapat berupa mengisi sebuah form yang biasanya dapat mencantumkan data pribadi seperti nama, email, pesan, dll. Selain email, biasanya dapat dilakukan dengan menghubungi via whatsapp ataupun media yang lain. 

6. Mengatur Homepage (Beranda)

Setelah berhasil membuat beberapa halaman penting untuk website company profile, selanjutnya yang anda harus perhatikan adalah mengatur homepage (beranda). Beranda disini merupakan halaman utama pada sebuah website yang biasanya bersifat tetap dan tidak berubah – ubah seperti halaman yang lain.

Terdapat beberapa konten yang dapat ditampilkan pada halaman utama. Konten tersebut bertujuan untuk memperkenalkan secara umum isi dari website tersebut. Konten yang dapat dimuat dalam menu utama dapat berupa identitas perusahaan, anggota dari perusahaan, klien dan feedback, artikel, serta produk atau layanan yang dimiliki. 

7. Menambahkan Menu

Setelah anda berhasil membuat sebuah homepage yang menarik, selanjutnya anda dapat menambahkan beberapa menu tambahan lagi untuk menunjang website company profile anda. Fitur yang akan anda tambahkan dapat berupa sebuah blog, proyek, atau menu lain yang terkait dengan perusahaan.

Menu blog dibuat agar pembaca dapat membaca sebuah artikel serta informasi seputar dengan perusahaan anda. Langkah tersebut dapat meningkatkan optimasi SEO website anda. Kemudian, pada menu proyek dapat anda isi dengan beberapa proyek yang telah anda kerjakan. 

Usahakan dalam setiap menu saling terkait dan menyediakan informasi dan layanan yang bermanfaat bagi pembaca atau user. Selain itu, tingkat kepercayaan pelanggan juga akan naik seiring dengan kredibilitas website yang telah teruji dengan baik.

Kesimpulan

  • Website company profile adalah website yang dibuat untuk menampilkan profil sebuah perusahaan agar pembaca dapat mengenal perusahaan tersebut lebih dalam serta memperkenalkan produk dan layanan yang ditawarkan.
  • Untuk pembuatan sebuah website, lebih disarankan untuk menggunakan WordPress karena memiliki berbagai tema dan plugin yang sangat memudahkan pengguna untuk membuat sebuah website.
  • Dalam membuat sebuah website, yang terpenting adalah informasi yang diberikan harus sesuai dengan tujuan perusahaan anda. Dan informasi tersebut haruslah relevan agar kredibilitas perusahaan anda meningkat di mata pembaca dan user. 

Sekawan Media menawarkan jasa pembuatan website terbaik di Kota Malang. Untuk kebutuhan pengembangan, sesuai dengan tujuan dan kebutuhan customer.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top