• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Algoritma: Pengertian, Fungsi, 3 Ciri, dan Contohnya

Daftar Isi
Daftar Isi
Algoritma adalah urutan langkah-langkah terstruktur yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan tertentu. Mengapa harus terstruktur, karena hasilnya akan lebih efisien dan tidak memakan waktu.

Kata algoritma atau algorithm mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Di zaman sekarang, orang sering membicarakan algoritma seperti TikTok, Instagram, dan media sosial lain. Namun, apakah Anda tau apa itu algoritma?

Dalam konteks teknologi, algorithm pemrograman digunakan untuk membuat program dalam komputer seperti software dan apps

Selain itu, algorithm pemrograman juga mempunyai beberapa fungsi, ciri-ciri, dan contoh. Penasaran apa saja? Baca artikel ini lebih lanjut!

Pengertian Algoritma

Menurut Jando & Nani (2018), algorithm berasal dari kata “algoris” dan “ritmis”. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Abu Ja’far Muhammad Ibn Musa Al Khwarizmi pada 825 M di dalam buku Al-Jabr Wa-al Muqabla. 

Secara istilah, algoritma adalah memecahkan permasalahan melalui langkah-langkah atau serangkaian instruksi yang jelas dan teratur. Instruksi tersebut bisa berupa angka maupun huruf. 

Selain itu, algorithm juga berisi sekumpulan instruksi terbatas dan khusus untuk fungsi komputasi yang bila dijalankan dan diproses menghasilkan keluaran tertentu untuk kemudian berakhir pada kondisi akhir tertentu.

Oleh karena itu, algorithm sebaiknya digunakan dalam elektronik komputer. Sebab, dengan adanya algorithm, komputer akan mampu mengolah data, melakukan perhitungan, secara otomatis menalar dan memecahkan masalah pada komputer.

 Saat developer membuat program, algorithm pemrograman adalah aspek utama karena hal tersebut akan menentukan hasil akhirnya.

Fungsi Algoritma

Fungsi algorithm adalah memecahkan suatu masalah. Namun, lebih spesifiknya, ada berbagai macam fungsi algorithm, seperti berikut ini: 

  1. Meminimalisir penulisan kode program yang berulang
  2. Jika ada permasalahan yang muncul, algorithm akan memudahkan untuk penelusuran masalah
  3. Jika ingin menambah fitur-fitur baru, algorithm akan membantunya dengan mudah. Hal ini meringankan pekerjaan programmer 
  4. Membuat program akan lebih jelas dan terstruktur jika menggunakan algorithm
  5. Membuat pembuatan coding menjadi lebih sederhana

Ciri-ciri Algoritma

Ada beberapa ciri-ciri algorithm seperti yang disebutkan oleh Donald. E. Kruth. Lima ciri-ciri tersebut di antaranya:

1. Batasan

Setelah menyelesaikan sejumlah langkah yang merupakan sebuah tujuan akhir, algoritma harus berhenti. Jika program tidak pernah berhenti, maka hal tersebut menunjukkan algorithm yang salah. 

2. Jelas

Ciri algorithm selanjutnya adalah jelas. Langkah-langkah yang diambil untuk menyelesaikan sebuah masalah harus jelas agar tidak terjadi kesalahan di hasil akhirnya. 

3. Efisiensi

Algorithm harus efisien. Urutan langkah diusahakan sederhana, rinci, dan tidak memakan waktu yang terlalu lama.

Jenis-Jenis Algoritma Pemrograman

Algorithm terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenisnya: 

1. Algoritma Recursive

Jenis yang pertama adalah recursive algorithm. Algorithm ini menyelesaikan masalah yang lebih besar dengan memecahkannya menjadi masalah yang lebih kecil yang serupa. Contoh bentuk sederhananya seperti perhitungan pohon faktor matematika. 

2. Algoritma Sorting

Selanjutnya adalah sorting algorithm. Algorithm ini digunakan untuk mengurutkan elemen-elemen suatu himpunan data ke dalam urutan tertentu, misalnya dalam urutan atas ke bawah, atau urutan A sampai Z. 

3. Algoritma Hashing

Hashing algorithm hampir sama dengan jenis sorting. Bedanya, algorithm hashing memiliki dua pekerjaan, yaitu mencari data dan mencocokkannya. Penerapan algorithm ini yang paling sering ditemui adalah verifikasi sebelum masuk ke sebuah akun.

4. Algoritma Brute Force

Algorithm adalah langkah yang digunakan untuk memecahkan sebuah masalah. Nah, algorithm brute force adalah algorithm yang mencari solusi masalah dengan cara mencoba semua kemungkinan opsi satu per satu hingga solusi ditemukan. 

5. Algoritma Searching

Seperti namanya, tipe algorithm satu ini dimanfaatkan untuk mencari data. Searching algorithm akan terus digunakan hingga menemukan data tersebut, tidak peduli apakah datanya sudah tersortir atau tidak. 

6. Algoritma Randomized

Randomized algorithm adalah algorithm yang menggunakan nomor acak atau sebagai bagian integral dari prosesnya.

Sesuai namanya, algorithm ini tidak menyortir berdasarkan nomor terendah ke tertinggi. Penggunaan nomor acak tersebut bertujuan untuk pengurangan hal-hal rumit dalam pemrograman. 

Contoh Algoritma Pemrograman

Contoh algorithm paling sederhana adalah login ke akun Facebook seperti berikut ini:

Halaman login facebook
Halaman login Facebook
  • Langkah 1: Buka website Facebook
  • Langkah 2: Klik tombol login
  • Langkah 3: Komputer menampilkan halaman login
  • Langkah 4: Masukkan alamat email dan password Facebook
  • Langkah 5: Buat kondisi pertama. Jika alamat email dan password sesuai, komputer menampilkan pesan ‘berhasil login’ dan mengarahkan pengguna ke halaman beranda.
Contoh algoritma skema login
Contoh algorithm untuk login Instagram (sumber: Kompas.com)
  • Langkah 6: Buat kondisi kedua. Jika alamat email dan password tidak sesuai, komputer akan menampilkan pesan ‘error’ dan pengguna tetap di halaman login. 
  • Langkah 7: Komputer memproses permintaan pengguna berdasarkan kondisi yang sesuai.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai algorithm, mulai dari pengertian, fungsi, jenis, hingga contohnya yang perlu Anda ketahui.

Algorithm adalah langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah melalui cara yang rinci, jelas, dan terstruktur. Untuk belajar pemrograman, Anda harus memahami dan mempelajari dasar-dasar algoritma pemrograman. 

Jika ingin mengembangkan software maupun aplikasi, Anda harus memahami dasar-dasar algorithm pemrograman.

Namun, jika Anda ingin mengembangkan software atau membuat aplikasi untuk bisnis tanpa ribet, Sekawan Media adalah solusinya.

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan aplikasi android dan iOS yang dapat Anda gunakan untuk keperluan bisnis.

Hingga saat ini, Sekawan Media telah dipercaya selama 9 tahun oleh lebih dari 300 perusahaan ternama, baik di Indonesia maupun mancanegara. Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan dan harga, hubungi kontak marketing kami.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: