Apa Itu Composer? Fungsi, Cara Kerja dan Cara Penggunaan

Daftar Isi
Daftar Isi
Composer adalah pengelola paket tingkat aplikasi untuk bahasa pemrograman PHP. Ini menyediakan format standar untuk mengelola dependensi perangkat lunak PHP dan pustaka yang diperlukan. Ini diunduh untuk jenis kerangka kerja yang berbeda seperti Magento, WordPress yang membutuhkan ketergantungan proyek.
Tools dependency manager pada php
Apa itu composer? Fungsi, cara kerja dan cara penggunaan

Sebagai anak programmer pastinya sudah tidak asing lagi mengenai istilah composer. Lebih tepatnya pada kita yang sudah sering menggunakan “tool dependensi manager.” 

Mengenal lebih dalam lagi mengenai apa itu composer, fungsi, cara mengunduh dan bagaimana cara kerjanya. Simak di bawah ini!

Apa Itu Composer 

Composer adalah utilitas PHP dalam mengelola dependensi yang dapat mendeklarasikan library tempat proyek kita bergantung, dan itu akan mengatur (menginstal/memperbarui) mereka.

Dibandingkan dengan Yum atau Apt, Composer bukanlah manajemen satu paket. Yang dimaksud ini adalah merujuk pada interaksi dengan “paket” atau library, tetapi melakukannya secara individual supaya setiap proyek, menempatkannya di direktori (seperti vendor) di dalam proyek kita lakukan.

Biasanya tidak mengunduh apapun secara default. Ini adalah manajer ketergantungan sebagai hasilnya. Namun, demi kenyamanan, ia menawarkan proyek “global” melalui perintah global.

Kita dapat menentukan pustaka dimana kita andalkan menggunakan Composer. Terlebih, di sini dapat menentukan versi paket mana yang dapat serta harus diunduh, kemudian menginstal versi tersebut.

Composer adalah pengelola paket tingkat aplikasi supaya bahasa pemrograman PHP yang menawarkan kerangka kerja standar dalam mengelola dependensi perangkat lunak PHP dan pustaka yang diperlukan. Ini digunakan untuk memeriksa versi komposer, dan mudah diinstal dari internet. Composer memungkinkan pengunduhan, pemutakhiran, dan penginstalan paket Laravel apa pun.

Cara Install Composer 

Ketika menginstal PHP pada komputer Windows, terdapat beberapa cara yaitu sebagai berikut. 

1. Langkah pertama adalah menavigasi ke situs web resmi komposer. 

2. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah mengklik opsi unduh. 

3. Langkah selanjutnya klik Composer-Setup.exe dan download filenya. 

4. Tindakan selanjutnya adalah memilih “Instal untuk semua pengguna.”

5. Kita cukup mengklik Berikutnya pada titik ini tanpa melakukan modifikasi apa pun. 

6. Setelah memilih tombol berikutnya, komputer Anda harus menginstal PHP. 

7. Situs instalasi terlihat di sini. Pilih Berikutnya.

8. Terakhir, kalian hanya perlu meng click next dan jangan membuat perubahan, sampai pada tombol “finish” muncul. Aplikasi sudah terunduh. 

Baca Juga: Python vs PHP: Bahasa Mana yang Lebih Baik?

Cara Kerja Composer 

Packagist.org adalah penyedia utama dalam Composer yang menawarkan file dari repository yang dilaporkan pengunjung ke situs. Packagist.org menyediakan beberapa kemampuan, antara lain pembuatan versi dan koneksi dengan GitHub atau Bitbucket. Paket dan bundel tersebut dapat ditemukan menggunakan Composer atau packagist.org.

Sebagian besar repository, termasuk yang ada di Github, memiliki tautan siap pakai atau perintah siap pakai yang mempermudah penggunaan dalam mendapatkan paket sesuai.

Kunci file memastikan bahwa file kita tidak akan secara otomatis ditingkatkan ke versi lebih baru. Misalnya, situs web repository nasional mungkin memerlukan situs web repository kontinental (ketergantungan anak-orang tua), sekaligus menjadi anak dari situs repositori untuk kerangka kerja (orang tua untuk orang tua sebelumnya).

Tools dependency manager pada php
Composer sebagai Tools Dependency Manager pada PHP

Fungsi Composer 

Salah satu fungsi composer adalah untuk menjalankan perintah pembaruan dengan tujuan menginstal dependensi dimana ditentukan demi proyek kita terlebih dahulu.

Perbarui ke PHP “composer.phar” Composer akibatnya akan mengambil dua tindakan:

Itu menyelesaikan setiap ketergantungan dimana disebutkan dalam file, menulis versi persis setiap paket ke file composer.lock, mengunci proyek ke versi itu, dan menyelesaikan setiap ketergantungan yang ditunjukkan dalam file composer.json kita. 

Ini dipentingkan supaya memastikan bahwa setiap orang yang mengerjakan proyek dikunci ke versi dependens sama. Diperlukan mengkomit file “composer.lock” ke repository proyek (selengkapnya di bawah). Fungsi utama perintah pembaruan adalah untuk melakukan ini.

Perintah install kemudian dijalankan secara implisit. Direktori vendor dalam proyek kita akan menerima file dari dependensi saat kita melakukannya. 

Lokasi tipikal dalam semua kode pihak ketiga dalam sebuah proyek adalah direktori vendor. Kita akan memiliki file sumber Monolog di bawah vendor atau monolog dalam contoh kita sebelumnya. Ini karena log psr atau ketergantungan pada vendor atau juga dapat berisi file untuk paket itu.

Baca Juga: Software Engineering, Pekerjaan “Naik Daun” Punya Prospek Kerja Bagus!

Tips Cara Menggunakan Composer 

Berikut adalah beberapa tips untuk menjalankan Composer. 

1. Gunakan Flag “no-dev” 

Saat menjalankannya di lingkungan produksi, sebaiknya gunakan flag –no-dev untuk mencegah paket pengembangan diinstal.

 Ini dapat membantu mengurangi ukuran direktori vendor dan mengurangi risiko menginstal paket yang tidak diperlukan di lingkungan produksi.

2. Gunakan Flag “optimize-autoloader”

Flag “optimize-autoloader” dapat membantu meningkatkan performa aplikasi kita dengan mengoptimalkan peta autoloader. 

Ini dapat membantu mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat aplikasi kita dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

3. Gunakan Flag “classmap-authoritative” 

Flag “classmap-authoritative” dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi dengan mengoptimalkan autoload classmap. Ini dapat membantu mengurangi waktu yang diperlukan untuk membuat aplikasi kita dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

4. Gunakan Versi PHP Siap Produksi

Merupakan ide bagus untuk menggunakan versi PHP siap produksi saat menjalankan Composer di lingkungan produksi. Ini dapat membantu memastikan bahwa aplikasi stabil dan aman.

5. Gunakan Sistem Kontrol versi 

Sebaiknya gunakan sistem kontrol versi, seperti Git, saat menjalankan nya di lingkungan produksi. Ini dapat membantu melacak perubahan pada dependensi kita dan membuatnya lebih mudah untuk diputar kembali jika perlu.

Dengan mengikuti tips ini, kita dapat membantu memastikan bahwa ini berjalan lancar dan efisien dalam lingkungan produksi di PHP.

Sekawan Media menawarkan paket jasa pembuatan aplikasi berbasis web untuk memaksimalkan produktivitas kerja bisnis Anda.

Related Article

LAYANAN

Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

Timah Electronic Office
PT. Timah Tbk
2018
Sistem Manajemen Transportasi
PT. Wijaya Putra Santosa
2019

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: