Menu Close

Memahami Software: Data & Instruksi Terprogram dalam Komputer

Table of Contents
Table of Contents

Dalam era komputer dan digital saat ini, pasti anda tidak asing lagi dengan istilah software. Aplikasi seperti microsoft word, adobe premiere, figma, dan blender adalah contoh dari software. Saat ini pengebangan software telah semakin modern dan terbarukan. Tidak hanya itu, ragam model dan fungsinya juga banyak menarik, memberikan kemudahan bagi banyak penggunanya. Tapi pernahkah anda mengulik jauh lebih dalam terkait apa itu software?

Dalam artikel dibawah ini, akan kami coba jelaskan beberapa pertanyaan umum terkait software. Beberapa pertanyaan seperti, apa itu software? Apa saja jenis software? Dan pekerjaan apa saja yang berkaitan dengan software? Merupakan pertanyaan yang paling banyak muncul dalam pencarian. Oleh sebab itu, dengan artikel ini kami ingin menjawab dan mengulas pertanyaan-pertanyaan terkait software tersebut. Mari baca dengan seksama.

Apa itu Software?

Software adalah sekumpulan kombinasi perintah, data, dan instruksi terprogram untuk menjalankan tugas spesifik pada komputer. Software adalah kata berlawanan dari hardware. Jika hardware identik dengan perangkat yang secara fisik dapat disentuh, dan nyata. Software identik dengan objek yang maya dan berada serta dijalankan dalam hardware. Dalam bahasa indonesia, kita mengenal software sebagai perangkat lunak. Sedangkan bahasa indonesia hardware adalah perangkat keras. 

Perangkat lunak hanya bisa dijalankan di dalam komputer atau handphone. Dalam pembuatanya, software dirancang dan dibentuk melalui proses pengetikan kode pemrograman yang dilakukan oleh ahli pemrograman software. Kode pemrograman tersebut merupakan rangkaian dari bahasa pemrograman mekanik. Namun, untuk menciptakan sebuah perangkat lunak, bahasa pemrograman disusun dan dirancang sedemikian rupa untuk dapat membentuk high-level programming languages. Dengan bahasa pemrograman itulah, berbagai data, perintah, dan instruksi dijalankan. 

Baca Juga: Portabilitas SaaS, Inovasi Aplikasi Tanpa Instalasi

Fungsi Software

Tanpa adanya perangkat lunak , sebuah hardware tidak akan pernah bisa digunakan. Berikut fungsi software adalah:

  1. Dasar pengoperasian komputer dan handphone (perangkat keras)
  2. Menghubungkan berbagai interkoneksi hardware dan software
  3. Menerjemahkan perintah serta mengidentifikasi program dalam komputer

Jenis Software

Lebih lanjut, mengenai fungsi dan ragam tujuanya, perangkat lunak dapat dikategorikan dalam beberapa jenis. Berikut jenis-jenis software adalah:

1. Software Aplikasi

Software aplikasi adalah jenis perangkat lunak yang menggunakan sistem komputer untuk menjalan task spesial. Software aplikasi secara khusus dapat mengeksekusi perintah langsung yang diberikan oleh user. Contoh perangkat lunak aplikasi seperti aplikasi yang memungkinkan user untuk melakukan pengolahan kata, web browser, penyuntingan video, sampai pembuatan grafis. Didalam sebuah software aplikasi, umumnya akan dilengkapi oleh banyak tools, fitur, dan equipment digital untuk memudahkan user melakukan aktivitasnya. Ketika software aplikasi dijalankan, segala aktivitasnya akan tersimpan di long-term memory device, atau yang dikenal sebagai RAM. Game termasuk dalam kategori software aplikasi berikut contoh software aplikasi adalah:

  • Microsoft word
  • Spreadsheets
  • Adobe premiere
  • Adobe photoshop
  • Google chrome
  • Spotify
  • Camscanner
  • Tiktok
  • gojek
  • Galeri foto

2. Software Sistem

Jika software aplikasi identik dengan membantu manusia menyelesaikan tugas digitalnya, software sistem identik dengan sesuatu yang mendasari kinerja dari software aplikasi. Sesuai dengan ragam fungsinya, software sistem dibagi menjadi tiga kategori lagi. Tiga kategori jenis software sistem adalah:

3. Sistem Operasi

Sistem operasi adalah esensial koleksi atau kumpulan software aplikasi yang termanajemen dalam sebuah sistem dasar. Sistem operasi adalah software sistem layaknya induk yang menaungi tempat operasional penggunaan dari software aplikasi. Tanpa adanya sistem operasi, software aplikasi tidak akan dapat dijalankan dalam komputer. Berikut contoh sistem operasi adalah:

  • Windows
  • Linux
  • MacOS
  • Android 
  • iOS
  • Ubuntu

4. Driver Device

Driver device adalah software sistem yang berfungsi sebagai penghubung atau mengkoneksi antara hardware dengan perangkat lunak. Seperti contohnya, ketika anda menggunakan aplikasi pengolah kata maka anda membutuhkan hardware berupa keyboard untuk melakukan pengetikan. Penggabungan dua item tersebut dilakukan oleh driver device. 

5. Utilities

Utilities adalah software sistem yang diprogram khusus untuk melakukan pemeliharaan dan perawatan pada komputer. Sama dengan driver device, utilities bekerja tanpa ada perintah langsung dari user. Mereka adalah perangkat lunak yang bergerak secara otomatis dan berjalan “running” selama kita menyalakan komputer. Contoh dari utilities adalah perangkat lunak anti-virus. 

6. Malicious Software

Malicious software adalah perangkat lunak yang menjadi target utama utilities untuk dapat dihindarkan ancaman kepada komputer. Malicious software adalah software yang dikembangkan khusus untuk membahayakan atau mengganggu operasional komputer. Malicious software juga dikenal dengan malware. Dalam banyak kasus, malware selalu identik dengan teknik kejahatan yang dijalankan oleh oknum digital melalui ragam cara untuk menyerang komputer user. 

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mengenai Apa itu Sistem Operasi dan Pemanfaatannya

Jenis Software berdasarkan distribusi

Jenis perangkat lunak juga dapat dibedakan lagi dari ragam cara distribusi dan fungsi spesifiknya. Berikut jenis software berdasarkan distribusinya adalah:

1. Firmware

Firmware adalah perangkat lunak yang hanya bisa dibaca. User memiliki level-kontrol yang rendah dalam firmware. Firmware umumnya berada dalam tiap software aplikasi dan sistem operasi sebagai jalur hubung aplikasi dengan hardware

2. Freeware

Freeware adalah jenis aplikasi yang disediakan secara gratis oleh developernya. Artinya, untuk menggunakan perangkat lunak tersebut user tidak perlu melakukan pembelian secara khusus. Namun, pada umumnya freeware memiliki fitur terbatas.

3. Open source

Open source adalah jenis perangkat lunak gratis. Tidak hanya gratis namun, software open source juga memiliki keterbukaan akses atas sumber kode pemrogramannya. Software open source dikembangkan oleh banyak developer. Setiap developer mampu mengolah, merubah, hingga menyebarluaskan perangkat lunak tersebut. Salah satu tujuan dikembangkanya software open source adalah menyediakan software terbaik yang segala fiturnya sesuai dengan kebutuhan banyak user. Tidak hanya itu aksesnya yang gratis, juga dapat digunakan oleh user tanpa ketentuan tertentu yang menyulitkan penggunaan. Software open source memiliki kemungkinan besar untuk terus berkembang sesuai dengan keinginan para pemakainya. 

Contoh software aplikasi open source adalah:

  • Blender: perangkat lunak aplikasi pengolah 3D
  • Open Office: perangkat lunak aplikasi pengolahan kata dan data

Contoh sistem operasi open source adalah:

  • Linux
  • Ubuntu
  • Debian 
  • RedHat

4. Adware

Adware adalah perangkat lunak non-berbayar yang bisa digunakan gratis. Namun, menyediakan kompensasi berupa adanya iklan yang sering muncul ketika digunakan. Adware banyak dijumpai pada software aplikasi yang digunakan dalam sistem operasi andoid. Contoh aplikasi adware adalah camscanner. 

Pekerjaan terkait Software

perangkat lunak sebagai salah satu hal penting dalam komputer dan dunia digital, tentu juga membuka peluang kerja pada beberapa sektor kompetensi. Berikut merupakan contoh pekerjaan yang berkaitan dengan software adalah:

1. Software Developer

Dalam merancang dan membangun sebuah perangkat lunak, perlu tim developer untuk mewujudkanya. Dalam hal ini software developer memiliki tiga tim utama untuk mengembangkan software. Berikut posisi kompetensi dalam software developer adalah:

2. Software Engineer

Berbeda dengan Software Developer yang lebih fokus pada pengkodingan dan penerapan bahasa pemrograman. Software Engineering memiliki tanggung jawab yang lebih luas. Software engineering adalah kompetensi keahlian yang bertanggung jawab untuk membuat strategi, melakukan riset, menganalisis, dan memaintenance penggunaan perangkat lunak yang dibutuhkan oleh beragam stakeholder.

Baca Juga: Software Development dan Metode Pengembangan Perangkat Lunak

Kesimpulan

Sekawan Media sebagai software house yang bergerak dalam bidang pengembangan perangkat lunak serta konsultan IT berupaya selalu membantu UMKM serta berbagai instansi dalam membangun sebuah perangkat lunak. Dalam pengembangan software kami menyediakan layanan terbaik untuk segala wacana pengembangan aplikasi berbasis web, mobile, dan layanan sistem integrasi lainya. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait apa yang kami kerjakan, silahkan kunjungi laman layanan dan laman produk kami. 

Related Article

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: