You are here:

Pengenalan User Interface: Pengertian, Manfaat, dan Karakteristik

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
user interface adalah

Penggunaan aplikasi berbasis web maupun mobile sudah sangat sering digunakan oleh pengguna dalam berbagai usia. Anda mungkin juga salah satunya yang sering atau bahkan selalu menggunakan aplikasi tersebut. Namun, pernahkah anda mencari sebuah situs dan anda masuk di dalamnya, namun anda cepat – cepat keluar karena tampilan visual dari website tersebut tidak menarik? Maka hal tersebut sangatlah wajar. Yang berarti website tersebut tidak menerapkan prinsip user interface dengan baik.

Sebelumnya apakah anda sudah mengetahui terlebih dahulu apa itu user interface? User interface adalah salah satu bagian terpenting dalam pengembangan sebuah perangkat lunak. Oleh karena itu, kita akan membahasnya pada artikel kali ini, mengenai apa itu user interface, manfaat, serta karakteristik yang dimilikinya.

Apa itu user interface?

User interface adalah tampilan visual dalam sebuah aplikasi sebagai tempat (media) untuk menghubungkan antara sistem dengan user. Jika anda pernah masuk dalam beberapa website, maka anda akan disajikan dengan tampilan awal beranda dalam website tersebut. 

Nah, dari situlah terdapat tampilan antarmuka awal dari website agar anda dapat berinteraksi dengan baik. Dalam pengaplikasiannya, user interface (UI) juga berhubungan erat dengan yang namanya user experience (UX). Kedua hal tersebut memang berbeda, namun memiliki keterikatan pada masing – masing bagian tugas mereka. Saati ini, kita lebih berfokus pada antarmuka pengguna saja.

Di dalam dunia IT, banyak perusahaan yang membutuhkan jasa atau pekerjaan dari seorang UI Designer maupun UI / UX Designer. Tugas dan tanggung jawab yang dimilikinya adalah mampu untuk merancang dan mengembangkan suatu tampilan awal desain aplikasi yang nantinya akan diimplementasikan ke dalam kode program yang akan dikerjakan oleh developer atau pengembang aplikasi.

Seberapa pentingkah desain user interface?

Mungkin, bagi sebagian orang akan bertanya, seberapa pentingkah penerapan dari desain user interface? Kami akan memaparkan beberapa alasan mengapa antarmuka pengguna sangat penting dalam sebuah pengembangan desain produk UI.

      1. Desain user interface membantu meningkatkan traffic website

Jika anda terjun dalam dunia bisnis digital, maka tujuan utama dari anda membuat sebuah website adalah supaya anda dapat memperkenalkan produk anda kepada pengunjung internet, serta meningkatkan jumlah  pengunjung (traffic) website.

Maka dari itu, user interface adalah kunci awal dalam membantu tujuan tersebut. Jika anda membuat tampilan website yang menarik, mudah, interaktif dan modern, maka secara otomatis pengguna juga akan masuk pada website anda. Kemudian, anda juga harus memperhatikan setiap komponen penyusunan dalam membuat desain awal aplikasi sehingga, user lebih mudah dalam berinteraksi dengan website atau aplikasi anda.

      2. Membantu memudahkan pengguna aplikasi

Desain user interface juga dapat membantu dalam memudahkan pengguna aplikasi untuk dapat mengeksplor aplikasi yang anda kembangkan. Setiap orang tentu menginginkan aplikasi yang mudah digunakan, dengan tampilan desain yang menarik. 

Sesuai dari pengertian user interface, tampilan visual produk aplikasi memiliki peran penting dalam memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna. Contohnya, saat anda masuk dalam website, anda akan melihat – lihat berbagai fitur dan konten yang tersedia disana. Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan menekan button, atau link, dll. Dalam proses interaksi tersebut, tampilan desain akan diuji, apakah memang UI yang telah dibuat sudah memudahkan pengguna atau justru membingungkan pengguna. 

Maka dari itu, sebelum pembuatan UI, harus melewati berbagai proses terlebih dahulu seperti melakukan user research dan research competitor produk anda. Sehingga, dengan produk aplikasi anda, dapat bersaing dengan produk kompetitor lain.

      3. Mendukung terbentuknya user experience (UX) yang tepat dan optimal

Yang terakhir, desain user interface juga mempengaruhi user experience dari pengguna. Jadi, apabila anda membuat user interface yang memiliki desain grafis yang bagus, namun fitur, konten, dan layout masih belum sesuai dan terkesan ribet, maka akan berpengaruh secara tidak langsung bagi user yang akan menggunakan produk anda.

Tampilan yang bagus dan menarik bukan sekedar hanya dari segi visual yang baik saja, namun harus disertai dengan user experience yang baik pula. Yang mana, aplikasi dapat memudahkan pengguna dalam mencari apa yang memang dibutuhkan. 

Baca juga: Pentingnya Desain UI / UX dalam Mengembangkan Aplikasi Berbasis Mobile

Apa saja manfaat user interface?

Setelah mengetahui pentingnya sebuah desain antarmuka, selanjutnya kami akan membahas manfaat user interface. Sehingga, anda akan lebih paham mengenai tujuan dari pembuatan UI itu sendiri.

      1. Memudahkan dalam proses interaksi dengan pengguna (user)

Desain yang baik tentu saja memberikan tampilan yang menarik dan mudah untuk digunakan. Manfaat user interface adalah menjadi sebuah jembatan antara pengguna dengan aplikasi. Jadi, semua yang anda lihat dan dapat berinteraksi di dalamnya, maka disebut dengan tampilan antarmuka (UI).

      2. Meningkatkan branding sebuah perusahaan

Manfaat user interface selanjutnya, dapat meningkatkan branding atau nilai suatu produk perusahaan. Sehingga, user dapat mengetahui dengan jelas produk atau layanan bisnis perusahaan anda. UI disini disini berperan penting dalam memberikan tampilan visual yang menjadi ciri khas atau identitas dari perusahaan anda. 

      3. Meningkatkan keuntungan dalam bisnis yang dijalankan

Manfaat user interface terakhir, yaitu dapat meningkatkan keuntungan atau profit sebuah bisnis. Antarmuka pengguna yang berkualitas merupakan tampilan yang dapat memberikan peningkatan dalam keberhasilan dan pencapaian bisnis. Sehingga, kita dapat mengetahui dan menyusun manajemen aplikasi, apakah tampilan desain aplikasi yang sudah dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan produk atau perlu diimprovisasi lagi.

Bagaimana karakteristik dan cara membuat user interface?

Untuk selanjutnya, masuk pada pembahasan mengenai cara membuat user interface yang baik dan benar sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya. Berikut merupakan beberapa penjelasannya terkait dengan apa itu user interface dari segi karakteristiknya.

      1. Jelas dan konsisten

Karakteristik yang pertama adalah jelas dan konsisten. User interface adalah tampilan antarmuka pengguna untuk proses interaksi pada sebuah aplikasi. UI yang baik, tentu akan menampilkan komposisi desain dan konten yang jelas.

Jelas dalam artian adalah mudah dipahami oleh pengguna. Serta memiliki struktur desain yang konsisten. Misalnya, dalam penerapan atau implementasi layout, gambar, konten, section, warna, dan lain sebagainya.

      2. Responsif dan menarik

Karakteristik kedua yaitu memiliki antarmuka pengguna yang responsif dan menarik. Responsif disini maksudnya adalah dapat dijalankan di berbagai perangkat dan tampilan tersebut mampu untuk menyesuaikan bentuk ukuran dari perangkat. 

Menarik disini dapat berarti penyajian konten dan desain mampu untuk membuat pengguna merasa nyaman untuk terus berada dalam aplikasi tersebut. Pastikan juga anda membuat sebuah antarmuka sesuai dengan kebutuhan produk anda. 

      3. Terstruktur dan efisien

Membuat interface yang terstruktur dan efisien. Terstruktur disini adalah UI mampu untuk memberikan tampilan yang mendukung dari aplikasi tersebut. Alur jalannya proses aplikasi menjadi lebih mudah dengan adanya UI tersebut.

Efisien disini berarti antarmuka yang dibuat mampu untuk menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi pengguna. Pastikan untuk membuat interface yang dapat memudahkan pengguna dalam mendapatkan tujuan yang mereka inginkan. 

      4. Tepat sasaran

Karakteristik selanjutnya adalah tepat sasaran. Maksudnya disini, UI yang telah anda buat, memiliki kesesuaian dengan produk yang akan anda tawarkan atau publikasikan. Tujuan akhirnya, supaya antarmuka yang ditampilkan dapat mendukung dan meningkatkan nilai jual dari produk anda.

      5. Mudah diolah

Terakhir yaitu interface yang mudah diolah. Maknanya, ketika anda melakukan kesalahan atau ingin mengubah beberapa tampilan karena suatu alasan, maka UI yang baik dapat memberikan kemudahan dalam proses editing -nya. 

Baca juga: User Experience (UX): Pengertian, Tujuan, Metode, dan Penerapannya

Kesimpulan

  • User interface adalah tampilan visual pada sebuah perangkat lunak yang menjadi penghubung antara pengguna dengan sistem yang dibuat. 
  • Antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena keduanya memiliki keterkaitan meskipun tujuan penerapannya yang berbeda.
  • Kunci dari sebuah antarmuka pengguna yang baik adalah mampu memberikan tampilan dan interaksi yang sesuai dan memudahkan pengguna dalam mencari informasi maupun tujuan dalam perangkat lunak tersebut. 

Sekawan Media membuka lowongan magang UI UX untuk penempatan di Kota Malang. Kami membuka kesempatan untuk anda mendapatkan pengalaman dan membantu proyek perusahaan.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top