• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Apa Itu Chat GPT, Fungsi, Keunggulan, Cara Penggunaan, & Alternatifnya

Daftar Isi
Daftar Isi

Chat GPT memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk berkomunikasi dengan penggunanya melalui percakapan teks. Penerapan teknologi AI ini juga populer untuk mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan dunia bisnis, seperti customer service hingga copywriting.

Apakah Anda pernah menggunakan Chat GPT? Jika belum, artikel di bawah ini akan mengulas apa itu Chat GPT, fungsi, keunggulan hingga cara penggunaannya.

Apa Itu Chat GPT?

Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) adalah sebuah sistem kecerdasan buatan AI yang memiliki fungsi untuk berhubungan atau berinteraksi dalam percakapan berbasiskan teks. Cara penggunaannya terbilang cukup mudah, Anda dapat memulainya dengan menginput satu atau beberapa pertanyaan dan kemudian AI akan membagikan jawaban yang relevan.

Tampilan dari platform chatgpt, menunjukkan pilihan "examples, capabilities, dan limitations"
Tampilan Chat GPT (Levart/Unsplash)

Selain itu, Chat GPT juga dilengkapi kemampuan lain, yaitu dapat memperbaiki jawaban mereka yang kurang akurat.

Fungsi-Fungsi Chat GPT

Chat GPT bisa dimanfaatkan untuk bermacam-macam keperluan, seperti menerjemahkan bahasa, membuat teks orisinal, membantu pekerjaan programmer dalam menyelesaikan masalah code, menjelaskan ulang sebuah konsep dengan bentuk sederhana, membuat draft atau bahkan outline artikel, dan kemampuan lain yang bisa meringankan pekerjaan penggunanya.

Selain itu, Chat GPT juga mempunyai beberapa fungsi lainnya seperti di bawah ini.

1. Dapat Membantu Pekerjaan Customer Service

Dunia bisnis saat ini sudah banyak menggunakan Chat GPT untuk melayani pelanggannya. Mereka akan menggabungkan aplikasi customer service milik perusahaan dengan openAI.

2. Memberikan Rekomendasi atau Saran

Sama halnya seperti manusia, chat GPT juga dapat membagikan saran ataupun rekomendasi mengenai film terbaru, outfit, ataupun tempat makan terdekat yang bisa dikunjungi kapan saja.

Teknologi AI akan membagikan serta meninjau preferensi serta kebutuhan para penggunanya.

3. Meningkatkan Produktivitas

Chatgpt yang digunakan dengan maksimal dapat meningkatkan produktivitas penggunanya. Hal ini dikarenakan sistem AI membagikan semua informasi serta jawaban yang akan dibutuhkan oleh pengguna dalam hitungan detik saja.

4. Membantu Bidang Pendidikan

Chatgpt juga dapat digunakan di dalam dunia pendidikan. Khusus untuk guru dan siswa dapat mengakses bermacam informasi dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan ini. Contohnya seperti menjawab soal matematika.

5. Melakukan Percakapan

Fungsi dari Chatgpt selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah dapat melakukan percakapan otomatis. Pengguna dapat memulai untuk mengajukan berbagai macam pertanyaan, kemudian AI akan menjawabnya seperti percakapan dengan manusia.

6. Menyediakan Berbagai Macam Informasi

Pengguna bisa menemukan berbagai jenis informasi dengan mudah melalui teknologi AI. Anda bisa mengajukan pertanyaan dan AI akan membagikan jawaban sesuai dengan pertanyaan yang sesuai.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa informasi yang AI bagikan hingga tahun 2021 saja. Hal ini berarti pengguna tidak mendapat informasi terbaru, seperti perkiraan harga aset ataupun prediksi cuaca. 

Baca Juga: Apa itu React JS? Kelebihan, Tutorial, Bedanya Dengan React Native

Keunggulan Chat GPT

Keuntungan utama dalam memanfaatkan Chatgpt adalah untuk memberikan bermacam informasi dengan akurat dan juga cepat. Apalagi teknologi ini dapat memberikan rekomendasi dan saran yang relevan dengan preferensi penggunanya.

Ilustrasi perangkat laptop saat membuka chat gpt
Tampilan Home Page ChatGPT (Choong Deng Xiang/Unsplash)

Berikut adalah kelebihan dari ChatGPT:

1. Responnya yang Cepat (Fast Respon)

Chat GPT dapat memberikan semua jawaban yang pengguna perlukan hanya dalam beberapa detik saja. Kemampuan tersebut sengaja diciptakan untuk lebih responsif.

2. Dapat Menyaring Permintaan Negatif

Keunggulan lainnya dari produk ini adalah dapat memilah permintaan pengguna yang kurang pantas, contohnya seperti bagaimana cara merisak atau merundung orang lain. ChatGPT akan mendeteksi hal-hal serupa sebagai hal yang tak baik serta menolak untuk memberikan jawaban kepada penggunanya.

Tak hanya itu saja, sistem juga akan menjelaskan hal buruk dari tindakan tersebut.

3. Mampu Menggunakan Tata Bahasa yang Natural 

ChatGPT diciptakan untuk membagikan dan memberi jawaban menggunakan bahasa natural atau humanfriendly. Bahasa yang mereka gunakan dalam menjawab atau memberikan informasi akan mudah untuk dimengerti. Sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan manusia seperti biasa.

4. Sensitif terhadap Kueri 

Supaya jawaban yang dibagikan tepat, ChatGPT dibuat sensitif dengan penyesuaian kueri. Hal ini agar pengguna dapat mengajukan pertanyaan berbeda, tetapi dengan makna dan arti yangs sama.

Selain memiliki keunggulan, ChatGPT tetaplah ciptaan manusia yang mempunyai kekurangan. Seperti membutuhkan pembaruan rutin, tidak semua jawaban yang diberikan benar, dan juga terkadang kurang realitas dalam menjawab.

Namun, Anda masih bisa memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan ini dengan memahami fungsi dan kebutuhan yang akan diterapkan pada ChatGPT. 

Cara Penggunaan Chat GPT

Chat GPT gratis dapat digunakan oleh siapa saja, misalnya untuk membuat sebuah artikel SEO, teknologi ini dapat membantu untuk mencari ide konten, membuat kerangka hingga teks paragrafnya.

Berikut cara menggunakan ChatGPT yang dapat Anda lakukan.

  1. Untuk dapat menggunakan Chat GPT, Anda dapat membuka peramban serta masuk ke situs chat.openai.com
  2. Login dan klik sign up apabila belum pernah mengakses Chat GPT sebelumnya
  3. Anda dapat membuat akun dengan menggunakan email ataupun akun Google pribadi Anda
  4. Isi username pada kolom berikutnya dan klik continue
  5. Tulis nomor WhatsApp atau HP dan tunggu hingga kode verifikasi muncul. Setelah itu, masukkan kode verifikasi, Anda dapat memilih apakah kode tersebut ingin dikirim melalui SMS atau WhatsApp
  6. Kemudian akan muncul tampilan Chat GPT dan kemudian ketikkan apa yang ingin Anda tanyakan.

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Browser Terbaik, Mudah dan Cepat

Alternatif Aplikasi Chat GPT 

Sebenarnya Chat GPT bukan AI pertama yang diciptakan. Berikut beberapa referensi yang kami berikan mengenai alternatif Chat GPT yang bahkan mempunyai implementasi dan kemampuan yang lebih luas.

1. Tome

Platform berbasis AI ini adalah solusi yang dapat Anda gunakan untuk membuat presentasi yang berbeda dari biasanya. Cara kerjanya dengan memanfaatkan GPT-3 dengan menciptakan cerita berdasarkan permintaan para penggunanya. Anda dapat memilih pilihan hasil berupa gaya gambar, garis besar, dan lainnya.

Anda bisa mengetikkan instruksi teks dan kemudian Tome akan membuat presentasi lengkap dan juga alur naratif berdasarkan tujuan dan juga kebutuhan pengguna. Tidak hanya itu saja, Tome juga bisa membuat presentasi lengkap dengan video dan juga gambar yang menarik.

2. Pepper Type

Ai ini menawarkan bermacam hasil dengan basis teks yang dapat Anda manfaatkan untuk iklan Google, ide blog, dan masih banyak lagi. Terdapat juga fitur penulisan ulang konten hingga menambahkan konten di dalamnya.

3. DialoGPT

Selanjut ada DialoGPT yang menawarkan respon multi putaran yang menarik. Selain itu, DialoGPT juga dapat digunakan untuk mengingat balasan atau jawaban yang sebelumnya. 

4. AI Socrates

Kecerdasan buatan selanjutnya adalah AI Socrates yang akan berguna untuk Anda jika Anda adalah orang yang berkecimpung di dunia pendidikan. Kegunaan dari AI yang satu ini adalah untuk membantu para siswa dalam mengerjakan tugas mereka. Cara kerjanya adalah memberikan jawaban dari berbagai macam pertanyaan yang berhubungan dengan mata pelajaran.

Mata pelajaran yang dapat dikerjakan oleh AI ini juga cukup bervariasi. Seperti Sains, Matematika, Bahasa Inggris, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) adalah sebuah sistem kecerdasan buatan AI yang memiliki fungsi untuk berhubungan atau berinteraksi dalam percakapan berbasiskan teks. Fungsi dari Chat GPT sendiri ada berbagai macam, seperti dapat membantu pekerjaan customer service, memberikan rekomendasi atau saran, meningkatkan produktivitas penggunanya, melakukan percakapan hingga membantu bidang pendidikan.

Selain fungsi, Chat GPT juga memiliki keunggulan, seperti responnya yang cepat, dapat menyaring permintaan negatif, mampu menggunakan tata bahasa yang natural, dan sensitif terhadap kueri. Teknologi kecerdasan buatan ini dapat digunakan oleh siapa saja karena penggunaannya yang mudah. Jika Anda merasa ingin lebih terbantu lagi dengan AI, anda dapat menggunakan aplikasi lain, seperti Tome, Pepper Type, DialoGPT, atau AI Socrates.

Demikian penjelasan tentang apa itu Chat GPT, fungsi, keunggulan, cara penggunaan hingga alternatif aplikasi Chat GPT. Untuk dapat mencapai hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi kecerdasan buatan di atas dan juga disertai dengan kemampuan yang Anda miliki.


Jika Anda memiliki bisnis yang ingin Anda kembangkan, Sekawan Media menyediakan layanan pembuatan aplikasi dan website profesional untuk membantu meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: