• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Internet adalah: Perkembangan, Manfaat, dan Dampaknya

Daftar Isi
Daftar Isi
Internet
© Unsplash

Di era saat ini, internet sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari kalangan muda hingga kalangan dewasa, mayoritas menggunakannya sebagai media bantu dalam mengerjakan dan menghubungkan berbagai aktivitas manusia secara efektif, akurat dan efisien.

Bagi generasi millennial mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan jaringan ini. Akan tetapi, untuk kalangan di luar generasi tersebut sebagian besar masih ada yang kesulitan untuk mengaksesnya.

Pada artikel kali ini, kami akan memaparkan beberapa hal seputar pengertian internet, sejarah, perkembangan, serta manfaatnya.

Pengertian Internet

Pengertian internet
Internet connection © Unsplash

Internet adalah singkatan dari Interconnected Network yang merupakan suatu jaringan komunikasi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lain dengan cepat dan tepat.

Jaringan komunikasi tersebut, akan menyampaikan beberapa informasi yang dikirim melalui transmisi sinyal dengan frekuensi yang telah disesuaikan. Untuk standar global dalam penggunaan jaringan internet sendiri menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Istilah TCP/IP merupakan bentuk protokol pertukaran paket yang digunakan oleh berbagai pengguna global/dunia. Kemudian, proses untuk menghubungkan antara rangkaian internet disebut dengan “internetworking”.

Definisi Internet Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi umum dari internet yang dijelaskan oleh para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. O’Brien

Menurut O’Brien, network merupakan suatu jaringan komputer yang berkembang dengan sangat pesat. Dimana, dengan penggunaan net tersebut dapat membawa manfaat serta dampak positif bagi dunia pendidikan, bisnis, hingga pemerintahan.

2. Berners Lee

Menurut Berners Lee, network adalah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan di dalamnya. Konsep tersebut berarti, suatu jaringan komputer atau lokal yang terhubung dengan jaringan yang lain.

3. Sarwono

Menurut Sarwono, pengertian dari network sendiri adalah kumpulan jaringan dengan skala global, dimana tidak ada seorangpun yang bertanggung jawab untuk mengerakkan internet itu sendiri.

4. Leonard Kleinrock

Menurut Leonard Kleinrock, internet adalah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer dan perangkat komunikasi sehingga memungkinkan pertukaran informasi di seluruh dunia.

5. Lawrence Roberts

Menurutnya Lawrence Roberts,  internet adalah sebuah jaringan komputer global yang menghubungkan berbagai perangkat di seluruh dunia, memungkinkan pertukaran data dan komunikasi antara pengguna.

6. Vinton Cerf dan Bob Kahn

Menurut Vinton Cerf dan Bob Kahn, internet adalah jaringan komputer global yang memungkinkan komunikasi dan pertukaran data antara berbagai perangkat melalui protokol komunikasi Internet (TCP/IP).

7. Drew Heywood

Drew Heywood (1996), seperti yang diuraikan dalam bukunya yang diterjemahkan oleh Daniel M.W. berjudul “Konsep dan Penerapan Microsoft TCP/IP,” menyebutkan bahwa istilah internet muncul pada akhir tahun 60-an. Pada waktu tersebut, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (DoD) membutuhkan standar baru untuk melakukan komunikasi Internetworking.

8. Ned Snell

Menurut Ned Snell, internet dapat didefinisikan sebagai suatu saluran yang memuat berbagai jenis sumber daya, dan setiap sumber daya tersebut dapat diakses melalui berbagai perangkat yang berbeda.

9. Onno W. Purbo

Menurut ahli dalam bidang IT, Onno W. Purbo (2005), pengertian internet adalah suatu media yang digunakan untuk mengefisienkan proses komunikasi menggunakan aplikasi seperti website, email, atau voip. 

Sejarah Internet

Selanjutnya, masuk pada sejarah adanya network pertama kali di dunia. Sekitar tahun 1960-an, Departemen pertahanan Amerika melalui ARPA (Advanced Research Project Agency) membuat sistem jaringan yang diberi nama ARPANET.

ARPANET sendiri merupakan cikal bakal lahirnya teknologi jaringan. Di Amerika sendiri, teknologi jaringan masih dipakai oleh kalangan terbatas di ruang lingkup kampus sekitar tahun 1980-an. 

Kemudian, protokol standar TCP/IP mulai dipublikasikan pada tahun 1982. Sekitar tahun 1986, didirikanlah NSFNET (National Science Foundation Network) yang menggantikan peranan dari ARPANET untuk mewadahi kegiatan riset dan penelitian di Amerika.

Dan, pada tahun 1990, ARPANET mulai diturunkan dan dengan layanan yang sama World Wide Web (WWW) mulai diperkenalkan oleh CERN. 

Dan akhirnya, pada tahun 1993, mulai dikembangkannya InterNIC untuk mendaftarkan nama domain dari publik.

Untuk sejarah internet di Indonesia sendiri, mulai masuk pada tahun 1994 yang diperkenalkan oleh beberapa orang ahli di bidang teknologi informasi saat itu. 

Perbedaan Internet, Intranet, dan Ekstranet

Internet, intranet, dan ekstranet adalah tiga konsep yang berbeda namun terkait erat dalam dunia jaringan komputer. Berikut adalah perbedaan mendasar antara ketiganya:

1. Internet:

  • Definisi: Internet adalah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer dan jaringan di seluruh dunia. Ini memungkinkan pertukaran informasi, sumber daya, dan layanan secara global.
  • Akses: Terbuka untuk publik, siapa pun dengan koneksi internet dapat mengaksesnya.
  • Tujuan Utama: Memberikan akses luas ke informasi, sumber daya, dan layanan global. Digunakan untuk komunikasi, penelitian, hiburan, dan aktivitas online lainnya.

2. Intranet:

  • Definisi: Intranet adalah jaringan internal yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan. Ini memungkinkan pertukaran informasi dan kolaborasi antara anggota organisasi.
  • Akses: Terbatas pada anggota organisasi atau perusahaan yang memiliki hak akses ke dalam sistem intranet tersebut.
  • Tujuan Utama: Memberikan lingkungan kolaboratif internal untuk meningkatkan efisiensi, berbagi informasi, dan bekerja sama dalam suatu organisasi.

3. Ekstranet:

  • Definisi: Ekstranet adalah perluasan dari intranet yang memungkinkan interaksi antara organisasi dengan pihak eksternal tertentu, seperti mitra bisnis, pelanggan, atau pemasok.
  • Akses: Diberikan kepada pihak eksternal tertentu yang memiliki hubungan bisnis dengan organisasi.
  • Tujuan Utama: Memfasilitasi pertukaran informasi yang terkait dengan bisnis dengan pihak eksternal. Memungkinkan kolaborasi dan berbagi data secara aman di luar batas organisasi.

Perkembangan Internet

Setelah mengetahui sejarah singkat internet mulai dari terbentuknya internet pertama kali, berikutnya akan membahas mengenai perkembangan dari internet secara global.

Dari tahun ke tahun, perkembangan internet mengalami perubahan yang signifikan dari segi cakupan, transmisi, kecepatan, dan penggunaan. 

Dari segi cakupan sendiri meliputi skala wilayah atau batas tersedianya jangkauan akses internet di wilayah tertentu.

Saat ini, banyak negara yang berlomba-lomba untuk memperluas jaringannya menggunakan satelit. Dengan adanya satelit, maka mampu untuk menjangkau wilayah yang lebih luas.

Berikutnya adalah dari perkembangan internet pada transmisi paket data yang digunakan. Untuk saat ini proses transmisi data yang dilakukan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Karena didukung oleh banyak teknologi terbaru dan lebih modern yang sesuai dengan konsep dan pengertian internet. 

Dari sisi kecepatan, banyak industri teknologi yang mengembangkan beberapa generasi jaringan. Mulai dari 2G, 3G, 4G, hingga yang terbaru sekarang adalah 5G.

Tentunya untuk dapat menggunakan teknologi jaringan internet 5G membutuhkan resources yang cukup besar bagi suatu negara. 

Dan terakhir, perkembangan internet dari segi penggunaannya. Pengembangan teknologi informasi tidak ada habis-habisnya sehingga banyak sekali perubahan yang terjadi mulai dari informasi, komunikasi dan perangkat yang digunakan.

Jika awal pengembangan internet digunakan untuk kebutuhan riset militer, maka untuk sekarang cakupannya lebih banyak lagi.

Seperti penggunaan untuk bidang pendidikan, sosial, politik, budaya, militer, komunikasi, informasi, bisnis, dan lain sebagainya.

Internet Masuk ke Indonesia

Setelah InterNIC muncul, internet memasuki Indonesia pada tahun 1994. Pada periode tersebut, internet di Indonesia dikenal dengan nama unik, yaitu Paguyuban Network.

Beberapa tokoh seperti RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Robby Soebiakto, Firman Siregar, Adi Idrayanto, dan Onno Purbo dianggap sebagai pelaku utama dalam mengembangkan sejarah awal internet di Indonesia, khususnya sekitar tahun 1992-1994.

Saat ini, perkembangan internet sangat pesat. Banyak negara yang berlomba-lomba untuk memenuhi dan memperluas jangkauan internet dengan menggunakan satelit.

Di sisi lain, industri teknologi juga tengah bersaing dalam pengembangan jaringan, mulai dari 2G, 3G, 4G, dan kini mencapai puncaknya dengan teknologi 5G.

Manfaat Internet

Banyak sekali manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan internet bagi manusia: 

1. Manfaat Internet untuk Bisnis

Business internet
Penggunaan network di bidang bisnis © Unsplash

Terkait dengan bidang bisnis sendiri, banyak sekali manfaat internet dan keuntungan yang dapat digunakan, seperti pembuatan website usaha, e-commerce, bisnis startup, dan industri kreatif yang lainnya.

Faktor penting yang perlu diperhatikan disini adalah ketika anda telah berinteraksi dengan internet, maka secara otomatis anda akan terhubung dengan seluruh pengguna di seluruh dunia, sehingga jangkauan bisnis menjadi lebih luas. 

2. Manfaat Internet untuk Pendidikan

Pendidikan internet
Penggunaan network di bidang pendidikan © Unsplash

Di dalam bidang pendidikan sendiri, penggunaan internet adalah salah satu faktor penting yang membantu dalam proses belajar dan pembelajaran.

Pengguna dapat mengakses dan mendapatkan berbagai informasi terkait dengan modul, artikel, jurnal, pengetahuan umum, dan lain sebagainya.

Sehingga, setiap individu dapat menemukan berbagai hal melalui mesin pencari yang terhubung dengan jaringan internet yang stabil dan baik. 

3. Manfaat Internet di Bidang Informasi 

Informasi internet
Informasi yang beredar melalui internet © Unsplash

Saat ini banyak sekali informasi yang bermunculan melalui berbagai perangkat yang ada. Hal tersebut karena, internet adalah penyedia sumber informasi yang dirasa lebih efektif daripada kita harus menonton atau memakai media elektronik seperti radio, televisi, dan koran untuk mendapatkan informasi, dan berita aktual secara cepat. 

Seusai dengan pengertian internet sendiri, media elektronik di abad ke-21 banyak yang telah memanfaatkan media internet untuk memberikan informasi secara cepat, dengan jangkauan yang lebih luas.

Misalnya saja, perusahaan media cetak selain memberikan berita melalui surat kabar, juga membuka media channel di internet untuk mendapatkan berita tidak hanya dari lingkup dalam negeri saja, tetapi sudah mencakup internasional.

4. Manfaat Internet di Bidang Kesehatan

Kesehatan internet
Penggunaan network di bidang kesehatan © Unsplash

Banyak sekali referensi kesehatan, dan jasa untuk layanan pengobatan secara online. Hal tersebut merupakan bentuk manfaat internet dalam bidang kesehatan.

Anda cukup dengan mencari berbagai kebutuhan seperti obat, resep, gaya hidup sehat, dan rujukan rumah sakit melalui media internet.

5. Manfaat Internet di Bidang Sosial dan Hiburan

Sosial dan hiburan internet
Internet sebagai media hiburan © Unsplash

Bidang terakhir yang banyak dimanfaatkan oleh generasi millennial adalah penggunaan internet untuk mengakses berbagai situs dan media sosial yang ada, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya.

Beberapa platform tersebut menyediakan fitur dan akses yang cukup mudah agar setiap orang dapat terhubung dengan baik meskipun berkomunikasi dengan jarak yang sangat jauh. 

Dampak Positif Internet

Adanya internet memberi dampak positif bagi user, diantaranya:

1. Akses Informasi

Internet menyediakan akses ke sumber daya informasi yang luas dan beragam. User dapat dengan mudah mencari informasi tentang berbagai topik, dan mempelajari keterampilan baru

2. Komunikasi Global

Internet telah mengubah cara untuk berkomunikasi. Melalui email, direct message, media sosial, dan panggilan video, orang dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien dengan masyarakat di seluruh dunia

3. Kolaborasi dan Produktivitas

Internet memfasilitasi kolaborasi dalam tim, baik secara lokal maupun secara global. Dapat berkomunikasi secara online memungkinkan untuk bekerjasama dalam proyek, berbagi dokumen, dan memfasilitasi produktivitas yang lebih baik.

4. E-commerce

Selain dapat berkomunikasi secara online, adanya internet dapat mengubah cara berbelanja. Dengan adanya e-commerce, masyarakat dapat membeli produk dan layanan secara online dengan mudah dan menghemat waktu. Hal ini juga dapat memberikan peluang bagi bisnis kecil untuk mencapai pasar yang lebih luas.

5. Hiburan dan Konten

Internet menawarkan berbagai pilihan hiburan, seperti streaming video, musik, game online, dan media sosial. Pengguna dapat mengakses konten hiburan favorit mereka kapan saja dan di mana saja.

Dampak Negatif Internet

Berikut ini merupakan beberapa dampak negatif yang dapat terjadi dari penggunaan internet yang tidak terkontrol atau termonitoring dengan optimal.

1. Timbulnya Cyber Crime

Cyber crime 2 internet
Cyber Crime © Unsplash

Dampak negatif yang pertama adalah menimbulkan banyak kejahatan seperti kasus peretasan data atau penipuan online.

Selain itu, juga dapat memicu terjadinya hacking, spamming, atau cracking yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, perlu adanya pengamanan khusus untuk menjaga kerahasiaan dari data pribadi anda agar tidak mudah untuk diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan fitur login dan autentikasi ganda.

2. Pembuatan dan Penyebaran Konten Ilegal

Illegal content internet
Penyebaran konten ilegal di internet © Unsplash

Selanjutnya, di dalam internet juga berpotensi untuk menyebarkan konten berupa video atau tulisan yang mengandung unsur pornografi atau pornoaksi, sehingga hal tersebut tentunya dapat mengakibatkan pengguna di bawah umur dapat melihat konten tersebut secara eksplisit.

Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan selalu mengawasi penggunaan internet bagi para orang tua kepada anak atau pengguna di bawah umur, agar bijak dalam menggunakan internet.

3. Penyebaran Ujaran Kebencian

Dampak yang terakhir adalah internet sebagai media untuk memanipulasi atau mengembangkan praktik ujaran kebencian secara masif.

Hal tersebut dikarenakan dalam internet sendiri masih kurangnya pembatasan konten yang dianggap berbahaya dan dapat menyebabkan adanya berita palsu atau hoax.

Salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan adalah untuk memilih dan memilah konten, berita, atau artikel dengan mencari sumber referensi yang lain.

Pastikan juga untuk mencari sumber referensi yang terpercaya agar terhindar dari berita palsu atau mengarah pada ujaran kebencian.

Itulah dia pengertian lengkap tentang apa itu internet beserta dampak dan manfaatnya. Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik yang lain dengan cepat dan tepat.

Internet mempunyai berbagai manfaat untuk bisnis, pendidikan, bidang informasi, kesehatan, juga sosial dan hiburan.

Meskipun memiliki dampak positif untuk pengguna, internet juga mempunyai dampak negatif. Oleh karena itu, sebagai user harus lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakan internet.

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan software profesional dan custom di Indonesia. Apabila anda memiliki proyek terkait, maka hubungi kami segera untuk mendapatkan penawaran terbatas kami. 

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: