You are here:

Mengenal Bisnis Startup: Perkembangan, Peluang, dan Ide

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
startup bisnis

Bisnis startup menjadi istilah yang sering terdengar baru-baru ini. Istilah yang sering digunakan oleh banyak pengusaha dalam melakukan sistem tata usaha mereka. Kata startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti perintis. 

Saat ini banyak orang memulai merintis usaha mereka baik usaha berskala kecil maupun berskala besar. Pengembangan juga dilakukan dengan merintis mulai dari awal proses perintisan bisnis atau usaha.

Pengertian Bisnis Startup

Lalu apakah pengertian dari bisnis startup? Dalam pengertian secara harfiah bisnis startup merupakan bisnis rintisan yang baru dikembangkan atau dilakukan penelitian. Pengembangan dan pendirian bisnis startup merupakan bisnis dari setiap permasalahan yang ada pada saat ini. 

Permasalahan-permasalahan masyarakat dijadikan sebagai bisnis, karena diharap mampu menjadi solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada pada masyarakat. Selain itu, bisnis startup juga menggunakan kecanggihan teknologi sebagai alat untuk membantu proses maupun kegiatan lainnya yang berhubungan dengan bisnis. 

Usaha startup berbeda dengan UMKM atau usaha mikro, perbedaan yang ada pada cakupan pasar. Pada usaha startup diharapkan mampu menguasai atau terjun ke seluruh bagian dari pangsa pasar, dengan orientasi mampu menjadi perusahaan besar yang dapat meningkat seiring dengan perkembangan waktu.

Sedangkan UMKM atau usaha mikro lebih sempit target atau pangsa pasarnya, berfokus pada usaha atau bidang tertentu serta orientasi menjadi perusahaan besar lebih kecil dan sedikit.

Perkembangan Bisnis Startup

Melakukan perintisan tentunya akan mengalami kesulitan karena usia yang masih muda, yang menyebabkan banyaknya bisnis ini menimbulkan kesulitan dalam melakukan promosi usaha dan bisnis yang dimiliki. Perkembangan bisnis startup dimulai sejak tahun 90an sampai dengan 2000 an. Perkembangan bisnis startup tidak hanya berkembang di Indonesia, namun juga berkembang secara luas di seluruh dunia. 

Banyaknya pengusaha yang memulai usahanya dengan melakukan bisnis perintis ini dan menggunakan teknologi dalam penerapannya. Menyebabkan bisnis startup sering disebut dengan bisnis yang bergerak di bidang teknologi. Padahal, bukan saja bergerak di bidang teknologi, namun juga bergerak di bidang lainnya. Hanya saja usaha tersebut dimulai baru dan memiliki usia dibawah tiga tahun. 

Usaha startup memiliki beberapa karakteristik, karakteristik tersebut antara lain:

  1. Usia usaha dibawah 3 tahun
  2. Dalam tahap bekembang
  3. Kebanyakan menguasai di bidang teknologi
  4. Umumnya transaksi atau aktivitas usaha dilakukan melalui website
  5. Produk kebanyakan dalam bentuk digital
  6. Fokus usaha pada bidang yang bergerak cepat

Dari karakteristik yang dimiliki oleh startup, saat ini banyak jenis usaha yang mulai merintis usaha baru baik kecil maupun berskala besar.

Ide Bisnis Startup

Memulai bisnis startup harus memiliki perencanaan matang serta mampu menjawab kebutuhan dari masyarakat. Selain itu juga menjadi solusi dari masalah-masalah konsumen. Seorang wirausahawan harus memiliki ide-ide yang diterapkan pada bisnis mereka agar usaha yang diterapkan mampu mengikuti perkembangan zaman serta memberikan inovasi-inovasi pada usaha yang dimiliki.

Ide-ide bisnis yang dapat dikembangkan serta diterapkan dalam  bisnis rintisan itu antara lain:

1. Memenuhi kebutuhan layanan online

Mampu memberikan layanan online secara mudah yang dapat dijangkau oleh semua orang, sehingga tanpa memerlukan tenaga untuk keluar rumah atau membutuhkan waktu lama dalam mengakses layanan internet.

2. Memberikan pelayanan hiburan

Kemudahan memberikan layanan hiburan bagi konsumen secara mobile, yang tentunya akan meningkatkan peminat dan mendatangkan banyak konsumen.

3. Pelayanan kesehatan

Memberikan pelayanan berbasis teknologi yang akan memudahkan dalam urusan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sehingga konsumen dapat mengakses menjangkau pelayanan kesehatan dengan mudah dan efisien.

4. Layanan pemerintah

Hadirnya pelayanan pemerintah secara digital akan memudahkan masyarakat dalam melakukan urusan berkas maupun arsip untuk mengurus surat menyurat menyangkut urusan pemerintahan.

5. Layanan pendidikan

Adanya bisnis startup di bidang pendidikan akan memudahkan dalam melakukan urusan pendidikan baik kemudahan akses pendidikan formal maupun informal.

Banyaknya jenis-jenis ide yang dapat dikembangkan sebagai peluang usaha harus tetap memperhatikan dengan kemampuan dari sumber daya yang ada. Menjadi usaha perintis harus mampu bertahan menghadapi apapun tantangan usaha yang akan dihadapi kedepannya. Selain itu juga harus mampu mengembangkan ide-ide yang dimiliki agar memiliki tingkat keberhasilan tinggi.

Baca juga: Outsourcing: Pengertian, Tipe, alasan, dan Model Gaji

Peluang Bisnis Startup

Selain memperhatikan urusan pemilihan ide dalam penerapan bisnis yang akan dijalankan, seorang pengusaha harus mampu melihat peluang usaha yang sedang dibutuhkan oleh konsumen. Jadi melakukan analisa pasar penting dilakukan untuk mengetahui seberapa penting usaha tersebut dibutuhkan konsumen. Serta ide tersebut tidak sia-sia dalam penerapannya.

Disamping menganalisa pangsa pasar, wirausahawan juga harus melihat peluang dengan menentukan kebutuhan atau trend terkini. Menggunakan data terkini akan memudahkan dalam menentukan peluang usaha yang ingin dicapai. Contohnya di tahun 2020 trend terkini adalah peluang usaha yang semua hal mengandalkan fungsi dari internet dan mengakses secara online.

Trend saat ini yang sedang ramai-ramainya dibicarakan di Indonesia bahkan secara global adalah trend mengenai 

  1. Online shopping (E-commerce)
  2. IoT (Internet of Thinking)
  3. Kesehatan
  4. Masalah pendidikan
  5. Kecerdasan buatan

Dari topik trend tersebut dapat dikembangkan menjadi ide bisnis serta peluang usaha yang akan berkembang maju.

Tips memulai Bisnis Startup

Mendirikan dan membangun bisnis perintis tidaklah mudah, dengan banyaknya pesaing yang memiliki beragam bisnis juga akan berpengaruh terhadap persaingan konsumen. Oleh sebab itu ada beberapa tips yang kami berikan untuk memulai bisnis startup di era milenial dan digital. 

1. Bulatkan tekad dan niat

Niat adalah kunci utama dalam membangun usaha atau bisnis. Dengan memiliki niat tentunya akan memudahkan dalam mengarahkan tujuan awal dalam pembangunan usaha dan bisnis.

2. Bentuk kerja tim

Membentuk kerja tim tidak bisa sembarangan, karena akan berpengaruh pada proses kerja pada perusahaan. Memiliki tim kerja yang memiliki tujuan sama akan mempermudah pekerjaan dan menjadikan pekerjaan lebih menyenangkan.

3. Membuat target usaha

Pembuatan target penting dilakukan sebagai penentu tujuan-tujuan usaha yang akan dikembangkan. Penggunaan target akan memudahkan dalam pengelolaan proses kerja, sehingga usaha tidak keluar jauh dari target yang dimiliki.

4. Memanfaatkan analisis digital marketing

Kemajuan teknologi yang semakin canggih serta maju mengubah semua urusan dikendalikan oleh teknologi, terutama dengan penggunaan urusan marketing dan pangsa pasar. Maka perusahaan startup harus mampu mengolah serta mengembangkan proses bisnis menggunakan digital marketing.

5. Jangan takut gagal!

Gagal menjadi teman dekat dari sebuah usaha, melakukan bisnis startup harus siap menanggung semua risiko yang akan terjadi baik kegagalan maupun keberhasilan. Oleh sebab itu terus berkembang apapun kendala yang ada akan memberikan dampak positif dari urusan usaha.

6. Cari partner usaha

Usaha akan jauh lebih berkembang dan maju jika memiliki dana atau modal yang banyak serta memenuhi target. Untuk mendapatkan pencapaian modal tersebut haruslah mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, salah satunya adalah adanya investor . Memiliki hubungan kerjasama dengan investor akan mengembangkan usaha startup. Pemilihan investor juga tidak bisa sembarangan, haruslah yang sesuai dengan tujuan bisnis serta mampu memahami setiap kondisi bisnis perusahaan.

Dari tips-tips diatas dapat disesuaikan atau diterapkan dalam merintis usaha startup. Namun semuanya kembali kepada Anda. Terus mencoba adalah pengalaman terbaik dalam merintis usaha. 

Baca Juga: 7 Cara Membuat Startup Digital dan Tips untuk Mengembangkannya

Kesimpulan

  • Bisnis startup merupakan bisnis perintis yang banyak berkembang saat ini.
  • Menciptakan serta melihat peluang usaha diperlukan untuk mengembangkan bisnis startup.
  • Ide-ide pembuatan dapat diambil dari permasalahan-permasalahan dari konsumen atau masyarakat.

Kami menawarkan jasa pembuatan aplikasi di Kota Malang. Tim developer kami siap memberikan solusi IT terbaik untuk kebutuhan bisnis anda.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top