You are here:

Pendekatan Growth Hacking, Strategi Marketing Untuk Para Bisnis Startup

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
growth hacking

Growth Hacking adalah istilah umum untuk strategi yang hanya berfokus pada pertumbuhan. Biasanya digunakan dalam kaitannya dengan startup tahap awal yang membutuhkan pertumbuhan besar dalam waktu singkat dengan anggaran kecil.

Tujuan dari strategi growth hacking secara umum adalah untuk mendapatkan pengguna atau pelanggan sebanyak mungkin sambil membelanjakan sesedikit mungkin. Istilah “Growth Hacking” diciptakan oleh Sean Ellis, pendiri dan CEO GrowthHackers, pada tahun 2010

Mengenal Growth Hacking 

Growth Hacking (juga dikenal sebagai ‘pemasaran pertumbuhan’) adalah penggunaan taktik pemasaran digital yang ringan dan hemat biaya untuk membantu menumbuhkan dan mempertahankan basis pengguna aktif, menjual produk, dan mendapatkan eksposur. Pikirkan ‘peretasan’ dalam hal peretasan kehidupan – jalan pintas kecil yang membuat hidup Anda lebih mudah – daripada potongan kode jahat yang dapat merusak komputer dan hidup Anda.

Growth Hacking paling sering dikaitkan dengan perusahaan baru dan bisnis kecil, yaitu organisasi yang tidak memiliki banyak uang untuk disisihkan tetapi membutuhkan hasil dengan cepat. Namun, ini adalah konsep terukur yang berlaku untuk bisnis online mana pun yang ingin mempertahankan pertumbuhan dan retensi basis pengguna aktif.

Growth Hacking disebut juga teknik yang digerakkan oleh eksperimen untuk menentukan cara paling efektif untuk mengembangkan bisnis. Prosesnya melibatkan campuran pemasaran, pengembangan, desain, teknik, data, dan analitik.

Alasan mengapa ini disebut Growth Hacking adalah karena peretas menemukan metode yang cepat, hemat biaya, tetapi inovatif untuk mencapai pertumbuhan daripada mengikuti proses konvensional.

Metode TEST Untuk Menerapkan Growth Hacking  

Metode TEST adalah cara Antoine untuk menerapkan growth hacking, baik dalam konteks pribadi maupun profesional. Ini adalah akronim yang mewakili empat langkah utama; Theme, Experiment, Systemize, dan Track.

1. Theme 

Mulailah dengan memutuskan tema sentral yang ingin Anda tingkatkan. Ingatlah bahwa tema tidak sama dengan tujuan. Sasaran adalah metrik yang dapat diukur, sedangkan tema adalah arahan umum yang dapat Anda gunakan untuk memandu diri Anda sendiri.

Setelah memilih tema, mulailah membuat daftar tindakan spesifik yang termasuk dalam tema itu. Misalnya, sebuah tema dapat berupa ‘hidup lebih sehat’ sedangkan tindakannya dapat berupa hal-hal seperti menerapkan pola makan vegan, minum lebih banyak air, atau berolahraga lebih banyak.

2. Experiment

Setelah Anda mendapatkan daftar, pilih satu tindakan dan bereksperimenlah dengannya selama sekitar dua minggu. Menjaga contoh hidup sehat, itu bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti minum satu gelas air setiap pagi.

Setelah dua minggu, Anda dapat mengevaluasi apakah akan terus melakukan metode itu, mengubah sesuatu, atau berhenti melakukannya. Apa pun yang Anda pilih, tambahkan satu tindakan lagi ke daftar Anda dan mulailah bereksperimen dengan itu.

Lakukan hal yang sama setiap dua minggu; memilih kebiasaan baru dan mengevaluasi kebiasaan yang telah Anda lakukan selama ini.

3. Systemize

Setelah Anda terbiasa dengan kebiasaan Anda, cari tahu cara yang lebih efisien untuk melakukannya . Misalnya, jika Anda biasanya membutuhkan waktu 45 menit untuk melakukan sesuatu, cobalah untuk menguranginya menjadi 20 menit.

Cobalah berkomitmen untuk melakukan hal-hal pada waktu yang sama secara rutin, sehingga akan lebih mudah untuk dievaluasi. Antoine merekomendasikan melakukan hal-hal setiap hari di pagi hari – lebih mudah untuk fokus pada waktu itu daripada setelah bekerja.

4. Track

Jangan lupa untuk melacak semua yang Anda lakukan. Pelacakan sangat penting karena dua hal:

Motivasi. Lebih mudah untuk merasa seperti Anda telah mencapai sesuatu ketika Anda memiliki bukti dari hal-hal yang telah Anda lakukan.

Masukan. Anda perlu melihat pola dalam kebiasaan Anda – misalnya, seberapa sering Anda melewatkan melakukan sesuatu – sehingga Anda dapat menemukan cara untuk meningkatkannya.

Growth Hacking Strategy 

Untuk membantu Anda mengembangkan potensi Anda, manfaatkan strategi pertumbuhan bisnis berikut untuk memperluas cakrawala Anda dan meningkatkan keuntungan secara tajam.

1. Buat Daftar Email Pra-Peluncuran

Dalam hal strategi pertumbuhan startup yang efektif, pemasaran email tetap menjadi raja untuk menemukan prospek dan konversi.

Letakkan fokus Anda untuk membangun daftar email. Ini akan memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens Anda dan menyampaikan pesan Anda secara efektif. Selain itu, pemasaran email sangat membantu bisnis untuk membangun sensasi pra-peluncuran untuk produk atau acara apa pun.

Ini juga akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pelanggan potensial bahkan sebelum peluncuran Anda. Tapi jangan hanya membuat daftar alamat email dan diam saja. Anda harus mengambil beberapa minggu untuk membangun hype dan mencoba membuat audiens Anda bersemangat untuk peluncuran Anda.

Untuk menyiapkan daftar email, Anda harus memilih layanan email seperti MailChimp karena memungkinkan Anda mengirim email secara efektif. Karena komunikasi memainkan peran penting dalam konversi, pastikan Anda menjangkau calon pelanggan setidaknya seminggu sebelum peluncuran. Sebuah studi kasus besar melibatkan Penulis Stash yang menggunakan taktik ini untuk

2. Peluncuran Product Hunt atau Platform Serupa 

Peluncuran Product Hunt adalah pos pemeriksaan penting. Minggu demi minggu, ada puluhan startup yang launching. Platform semacam itu memungkinkan anda untuk menyampaikan pesan anda kepada audiens baru. 

Product Hunt terus menjadi pemimpin pasar untuk mengekspos bisnis anda ke audiens global. Ini adalah “golden ticket” anda untuk mendapatkan perhatian khusus bagi banyak inovator dan jurnalis. Kesempatan Anda untuk menerima umpan balik dan ide untuk peluang baru. 

3. Manfaatkan Referral Marketing 

Rujukan dari teman, keluarga, atau influencer industri relatif mengubah prospek jauh lebih cepat daripada cara lain. BPA pelanggan rujukan lebih sedikit, memungkinkan Anda untuk mengurangi biaya Anda juga.

Pelanggan tersebut memiliki tingkat retensi yang lebih baik yang menghasilkan LTV 16% lebih tinggi. Selain itu, pakar penjualan dengan program rujukan juga memperoleh penghasilan empat hingga enam kali lebih tinggi.

Uber dimulai sebagai bisnis berbagi perjalanan. Mereka menggunakan pemasaran rujukan untuk meningkatkan kesadaran merek dan jangkauan pengguna mereka. Idenya sederhana: Pengguna mendapatkan kredit $5 untuk setiap kali pengguna lain menggunakan kode rujukan mereka. Idenya sangat sukses sehingga telah direplikasi oleh setiap aplikasi berbagi perjalanan sejak saat itu.

4. Buat Kemitraan Merek Baru 

Kemitraan dan kolaborasi bisnis adalah salah satu teknik Growth Hacking terbaik karena menghasilkan banyak kebisingan. Banyak merek telah menyadari fakta bahwa pemasaran bersama dan kemitraan produk adalah strategi pemasaran pertumbuhan yang efektif.

Ini tidak hanya akan menciptakan buzz media sosial yang hebat tetapi juga akan mengirimkan lalu lintas organik yang relevan ke situs web Anda. Ini adalah kesempatan untuk liputan berita dan akan meningkatkan visibilitas produk dan layanan Anda secara global.

Beberapa kemitraan paling sukses dengan ROI yang tidak terlalu buruk adalah kemitraan yang menciptakan produk baru di sekitar tema. Setiap perusahaan kecil-menengah dapat mengembangkan kolaborasi yang efektif jika menemukan mitra yang tepat untuk membawa nilai bagi mereknya dan sebaliknya.

5. Manfaatkan Pendekatan Pasar 

Pasar yang berdekatan adalah Growth Hacking  penjualan yang sangat baik. Ini sering dikacaukan dengan ‘peluang ruang putih.’ Tapi, dengan berdekatan, maksud saya pasar yang dekat dengan apa yang Anda lakukan.

Rahasia ke pasar yang berdekatan adalah mengekspor keterampilan dan kemampuan Anda, bukan produk dan layanan. Ini mengambil kompetensi inti Anda dan menciptakan nilai baru bagi pelanggan baru.

Sebelum mengevaluasi pasar baru, pertimbangkan beberapa faktor seperti seperti apa persaingannya? Seberapa besar peluang dari segi volume dan keuntungan? Apakah ada hambatan hukum yang harus Anda atasi? Lihatlah keahlian Anda dan saluran yang ada. Temukan cara baru untuk menggunakan keterampilan tersebut dan Anda sedang menuju peluang pertumbuhan penjualan baru.

Kebanyakan orang mengasosiasikan Nike dengan produk yang berfokus pada olahraga lintasan dan lapangan. Namun, rangkaian produk Nike mencakup hampir semua olahraga dan aktivitas yang membutuhkan pakaian dan alas kaki berkualitas tinggi.

Kesimpulan 

Growth Hacking adalah tentang menghapus proses yang tidak perlu dan mencari cara paling efisien untuk berkembang. Salah satu cara bagi perusahaan untuk melakukannya adalah melalui outsourcing atau bermitra dengan penyedia layanan untuk menangani proses administrasi.

Growth selalu menjadi tantangan bagi banyak bisnis. Masalah sebenarnya adalah bahwa pasar dan audiens target Anda tidak terpapar kampanye pemasaran kreatif secara teratur.

Dalam lingkungan yang kompetitif seperti itu, Anda hanya dapat mengembangkan bisnis Anda dengan mengadopsi strategi Growth Hacking yang disebutkan di atas.

Meskipun tidak ada salahnya mencoba hal-hal baru (sebenarnya, ini adalah saran nomor satu dari semua pakar), bisnis harus fokus pada penerapan strategi pertumbuhan yang telah teruji. Tidak ada peretasan tunggal yang menyelesaikan semua poin rasa sakit. Untuk selanjutnya, jangan ragu untuk berlatih dengan strategi Growth Hacking baru.

Artikel Lainnya

Go to Top
scroll-top