• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Definisi Brand Awareness dan 4 Cara Meningkatkannya

Daftar Isi
Daftar Isi

Ketika membangun sebuah brand, tentunya Anda ingin brand tersebut dikenal khalayak secara luas. Nah, karena itulah merk atau brand awareness adalah hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan. 

Dengan begitu, brand Anda pun akan terlihat lebih standout dan dipilih banyak orang dibanding dengan kompetitor lainnya.

Lantas sebenarnya, apa itu brand awareness? Lalu, seberapa penting hal ini dalam bisnis? Kami akan menguraikan dengan lengkap tentang arti brand awareness, manfaat, dan piramida nya. Yuk, simak!

Apa itu Brand Awareness?

Brand Awareness artinya adalah suatu istilah atau kata yang merujuk pada kemampuan konsumen dalam mengenal suatu produk atau brand melalui ciri khas yang digunakan, baik berupa logo, warna khas, dan lain sebagainya. 

Brand awareness menurut para ahli seperti Kevin Keller dan David Aaker memiliki penafsiran yang beragam. Kevin Lane Keller dalam Strategic Brand Management mendeskripsikan bahwa brand awareness adalah gabungan antara dua aspek fundamental yaitu brand memory atau brand recall dan brand recognition. 

  • Brand memory/recall: Kemampuan suatu merek dapat diingat kembali oleh ingatan kita.
  • Brand recognition: kemampuan untuk mengonfirmasi pengetahuan kita tentang merek tertentu ketika kita berhubungan atau bersinggungan dengan merek tersebut.

Kemudian David Aaker dalam bukunya yang berjudul “Aaker on Branding” mengemukakan bahwa pengertian brand awareness adalah salah satu langkah penting untuk membangun brand equity. Brand equity atau ekuitas merek merujuk pada cara pelanggan memandang value suatu brand.

Saat akan membeli suatu produk, biasanya konsumen akan melakukan riset terlebih dahulu mengenai produk yang akan digunakan. Nah, di sinilah peran brand awareness sangat penting. Ketika suatu brand memiliki tingkat kesadaran merek yang baik, maka akan berpengaruh terhadap angka penjualan.

Saat ini, bisa dikatakan bahwa brand awareness adalah hal yang merefleksikan performa pasar. Sehingga perusahaan-perusahaan saling berkompetisi untuk mendapatkan atensi pelanggan dengan meningkatkan intensitas iklan dan memperbanyak promosi. 

Singkatnya, meningkatkan brand awareness sangat penting dalam mendorong orang atau target untuk membeli suatu produk tertentu. Indikator brand awareness sendiri bisa diukur dengan jumlah orang yang mengenal suatu brand.

Baca Juga: Content Marketing untuk Meningkatkan Strategi Bisnis

Manfaat Brand Awareness

Setelah mengetahui apa itu brand awareness secara lengkap, selanjutnya kita akan membahas tentang pentingnya kesadaran merek dengan menguraikan beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Traffic ke Website

Melakukan kampanye kesadaran merek yang kuat dapat membantu meningkatkan traffic website secara organik. Jadi, kita dapat menggunakan tingkat pencarian suatu brand sebagai metrik untuk mengukur brand awareness.

Mengingat saat ini mayoritas konsumen cenderung membeli suatu produk dengan merek yang diketahui melalui website, maka kampanye sangatlah penting dilakukan. Untuk merasakan hasil dari kampanye yang telah dilakukan secara organik memang tidak bisa instan.

Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam membangun kesadaran merek. Ketika kesadaran merek perlahan bisa dibangun dengan optimal, maka tingkat penjualan dan loyalitas pelanggan dapat meningkat secara bertahap.

2. Membangun Kepercayaan Konsumen

Dengan semakin dikenalnya merek oleh masyarakat, maka tingkat kepercayaan konsumen pun ikut naik. Ketika tingkat kepercayaan konsumen sudah terbangun makan pelanggan tidak perlu melakukan cross-check atau riset mengenai suatu brand saat akan membeli produk atau memakai jasa.

3. Meningkatkan Citra Suatu Merek

Kesadaran merek dan citra merek merupakan dua hal yang berbeda. Meski begitu, keduanya merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan.

Citra merek berfokus pada impresi pelanggan terhadap suatu brand. Kesadaran merek tidak mungkin bertahan lama tanpa citra merek yang bagus. Jadi, saat brand owner membuat kampanye brand awareness, citra merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan.

4. Membantu Penciptaan Konten dan Produk yang Lebih Baik

Ketika membangun kampanye akan kesadaran merek, pelaku usaha dapat mengumpulkan data-data tentang pelanggan melalui riset yang dilakukan.

Nah, melalui data-data yang telah didapatkan, maka dapat dilakukan penyesuaian dalam upaya marketing, konten, layanan, dan produk untuk merespons kebutuhan konsumen.

5. Meningkatkan Penjualan

Bisa dikatakan bahwa kesadaran merek merupakan dasar dari strategi pemasaran. Diperlukan kesadaran merek yang kuat untuk mendapat kepercayaan pelanggan sehingga bisa mendorong calon pelanggan untuk membeli produk atau memakai jasa suatu brand perusahan.

Pentingnya Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran merek adalah seberapa kenal konsumen dengan merek Anda. Brand awareness sangat penting karena:

1. Meningkatkan peluang penjualan

Konsumen lebih cenderung membeli dari merek yang mereka kenal dan percayai. Sehingga loyalitas konsumen terhadap produk anda akan semakin besar.

2. Membangun loyalitas pelanggan

Pelanggan yang loyal membeli kembali dan merekomendasikan merek Anda. Semakin besar loyalitas konsumen anda, maka akan semakin sering mereka merekomendasikan produk anda kepada orang lain.

3. Meningkatkan reputasi merek

Reputasi merek yang positif menarik talenta terbaik dan peluang bisnis. Merek dengan reputasi yang baik akan lebih dipercaya oleh calon konsumen.

4. Membedakan dari pesaing

Membantu Anda menonjol di pasar yang ramai. Produk anda memiliki orisinalitas yang baik dan tidak meniru atau mudah ditiru oleh produk kompetitor.

5. Mempermudah peluncuran produk baru

Konsumen lebih tertarik mencoba produk baru dari merek yang dikenal. Dengan loyalitas dan reputasi yang baik, maka konsumen akan semakin mengikuti perkembangan produk anda.

Membangun brand awareness membutuhkan usaha, namun hasilnya sepadan untuk kesuksesan bisnis jangka panjang.

Piramida Brand Awareness

Kesadaran merek terbagi atas tiga tahapan dalam satu piramida. Berikut rinciannya:

1. Unaware of Brand

Tingkatan paling bawah adalah unaware of the brand. Pada tahap ini, seseorang tidak tahu atau tidak memiliki pengetahuan akan satu merek tertentu.

Umumnya, merek yang terdapat pada tahap ini adalah yang baru launching sehingga masyarakat belum paham brand atau merek tersebut.

2. Brand Recognition

Tahapan ini merupakan tingkatan minimum pada kesadaran merek. Pada tahap ini, seseorang mampu mengenali produk dengan melihat ciri khasnya seperti logo, iklan, dan lain sebagainya.

3. Brand Recall

Brand recall merupakan tahapan dimana seseorang mampu mengenali suatu merek tanpa adanya bantuan. Jadi, walaupun mereka tidak melihat logo, warna, dan lain sebagainya.

4. Top of Mind

Top of mind merupakan tingkatan paling atas dari piramida kesadaran merek. Tahap ini terjadi ketika seseorang akan langsung mengingat suatu brand jika mendengar atau melihat satu kategori tertentu. 

Contoh brand awareness pada tahap ini adalah merek Aqua, di mana ketika orang mendengar nama air mineral maka akan langsung teringat aqua.

Baca juga: Apa itu STP Marketing? Ini Manfaatnya untuk Bisnis!

Tolok Ukur Brand Awareness

Ada beberapa jenis tolok ukur brand awareness yang dapat anda gunakan. Berikut adalah beberapa jenis tolok ukur brand awareness yang paling umum.

1. Pengenalan merek

Persentase konsumen yang mengenali merek anda. Seberapa banyak konsumen yang mengetahui merek atau brand produk anda. Semakin banyak orang yang mengetahui produk anda, maka akan semakin baik pula brand awareness yang diterapkan pada produk tersebut.

2. Ingatan merek

Persentase konsumen yang dapat mengingat merek anda tanpa bantuan. Ingatan masyarakat secara umum terkait produk anda juga menjadi ukuran seberapa berhasil brand awareness pada produk yang anda pasarkan

3. Persepsi merek

Bagaimana konsumen memandang merek anda. Hal-hal seperti user experience dan interface sangat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk yang dipasarkan.

4. Loyalitas merek

Seberapa besar kemungkinan konsumen membeli dari anda lagi atau merekomendasikan Anda kepada orang lain. Melalui persepsi yang baik, konsumen akan mempertimbangkan apakah ia akan memakai produk anda kembali atau tidak. Apabila persepsi brand anda baik maka loyalitas konsumen juga akan tinggi.

5. Keterlibatan merek

Seberapa sering konsumen berinteraksi dengan merek anda. Semakin besar insight yang ada pada brand anda. Maka semakin besar pula keterlibatan brand anda pada konsumen dan calon konsumen.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Mengetahui akan pentingnya kesadaran merek, maka para brand-owner harus memperhatikan dengan betul aspek kesadaran merek. Berikut beberapa cara meningkatkan brand awareness:

1. Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial dan Website

Media sosial dan website merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dua hal ini berperan penting dalam strategi marketing. Ketika berupaya meningkatkan kesadaran merek, maka media sosial dan website harus dioptimalkan. 

Anda harus memanfaatkan setiap fitur yang ada pada media sosial sebagai langkah untuk meningkatkan brand awareness  produk Anda. 

2. Menggunakan Konten Marketing yang Berkualitas

Konten yang menarik sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kesadaran merek. Dalam pembuatan konten, hindari penggunaan kata-kata monoton yang dapat memicu kebosanan pembaca atau pelanggan. 

Gunakan storyline saat memungkinkan ketika membuat konten sehingga pembaca konten bisa dengan mudah menangkap maksud konten dan tidak merasa bosan. Dengan begitu, selain mendapat pelanggan, secara tidak langsung Anda juga telah melakukan upaya meningkatkan brand awareness.

3. Menerapkan SEO

Contoh serp yang menampilkan website yang menerapkan seo
Contoh hasil SERP dari implementasi SEO (Sumber: smartinsights)

Saat ini, banyak sekali brand yang bisa Anda temukan di internet. Untuk memunculkan brand Anda pada mesin pencarian membutuhkan usaha yang lebih karena bersaing dengan puluhan ribu brand yang beredar. Nah, di sinilah SEO berperan dalam membantu brand Anda muncul dalam mesin pencarian dengan keyword-keyword tertentu. 

Penerapan SEO memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan website brand sehingga traffic website Anda bisa meningkat. Ketika traffic website Anda meningkat maka, jangkauan pasar brand juga akan lebih luas. 

4. Lakukan Kerjasama dengan Influencer

Melakukan kerjasama dengan influencer merupakan trend yang berkembang saat ini. Dengan menggaet influencer, terbukti telah menaikkan brand awareness beberapa produk terkenal. Para pelaku usaha rela untuk mengeluarkan biaya tinggi karena memiliki timbal balik yang besar pula.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk Secara Online dan Efektif untuk Bisnis

Demikian penjelasan mengenai brand awareness beserta pengertian, fungsi, dan 4 cara untuk meningkatkan yang telah diuraikan detail. Jadi, Dapat disimpulkan bahwa brand awareness memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran konsumen dan calon konsumen terhadap suatu produk.

Brand awareness menjadi tolok ukur bagi keberhasilan suatu produk dalam menjangkau calon konsumen dan meyakinkan konsumen untuk tetap menggunakannya. Selain itu suatu brand awareness yang baik pada suatu produk dapat mempengaruhi berkembangnya produk yang lain.

Upaya mengoptimalkan kesadaran merek harus terus dilakukan sehingga masyarakat luas bisa mengetahui brand tersebut. Ketika kesadaran merek sudah optimal maka tingkat penjualan juga akan naik.

Salah satu cara untuk meningkatkannya hal tersebut adalah dengan memiliki website perusahaan. Dengan perusahaan memiliki website, terutama telah teroptimasi dengan baik maka dapat mudah ditemui pada mesin pencari. Jika Anda memerlukan Jasa Pembuatan Website yang teroptimasi dengan baik.

Segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap!

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: