Menu Close

Begini Cara Cek Kecepatan Internet di HP Maupun PC Beserta Toolsnya

Table of Contents
Table of Contents

Mengetahui kecepatan internet yang Anda gunakan dapat membantu Anda meningkatkan kinerja jaringan rumah di masa mendatang untuk menghindari hambatan saat menggunakan internet. Canggihnya teknologi memudahkan kita dalam melakukan apapun, termasuk ketika kita ingin cek kecepatan internet.

cek kecepatan internet
Jaringan Internet Ⓒ Unsplash

Kecepatan koneksi internet menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi para pengguna. Selain  bandwidth, ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Itulah mengapa penting untuk memahami  cara tes dan cek kecepatan internet Anda, guna menghindari masalah koneksi. Sebenarnya, cukup mudah untuk mengetahui seberapa lancar koneksi Internet Anda dengan beberapa situs web dan aplikasi. Apa  itu dan bagaimana kegunaannya, simak penjelasannya di artikel ini!

Persiapan Sebelum Cek Kecepatan Internet

Sebelum cek kecepatan internet Anda, ketahuilah bahwa ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Bagaimana persiapan sebelum pemeriksaan kecepatan internet? Berikut  penjelasannya:

1. Hidupkan Ulang Modem

Modem atau router adalah perangkat yang membantu Anda menyalurkan koneksi internet melalui kabel LAN atau WiFi. Memulai ulang modem atau router Anda dapat membuat jaringan Internet Anda kembali normal. 

2. Mulai Ulang Smartphone

cek kecepatan internet
Smartphone Ⓒ Unsplash

Jika Anda mengalami koneksi internet yang lambat, hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan sebelum cek kecepatan internet Anda adalah dengan me-restart smartphone yang Anda gunakan. 

3. Hapus Cache HP dan PC

Caching membantu menyederhanakan penjelajahan internet. Namun,  terlalu banyak cache juga dapat memperlambat koneksi internet Anda. Oleh karena itu, penting untuk secara teratur mengosongkan cache  perangkat digital apa pun yang Anda  gunakan.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer dan Jenis Perangkatnya

4. Tutup Program yang Tidak Digunakan

Membuka terlalu banyak  program dan aplikasi juga dapat memperlambat internet Anda. Oleh karena itu,  aplikasi atau program yang  tidak lagi Anda gunakan harus segera ditutup. Koneksi internet stabil kembali. Berikut cara cek kecepatan internet  di HP dan PC.

Cek Kecepatan Internet Google dan WiFi

Penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari sudah seperti menjadi prioritas utama. Mengapa hal ini terjadi? Karena sebagian besar kebutuhan masyarakat dapat diakses melalui aplikasi dan sistem online. Jaringan internet  Indonesia memang sudah ada di titik stabil, terutama di kota-kota besar. Namun, saat para pengguna berbondong-bondong menggunakan internet, koneksi dan kecepatannya kadang menjadi lebih terbatas. Jika akses internet lambat, Anda dapat memantau jaringan menggunakan tools uji kecepatan internet berikut.

a. Fast

Fast adalah situs web uji kecepatan internet milik penyedia layanan streaming video  Netflix. Halaman ini memiliki kemampuan untuk menguji kecepatan akses downlink internet Anda. Anda dapat langsung melihat hasil tes kecepatan unduh dalam megabit per detik (Mbps), dengan mengunjungi tautan berikut www.fast.com.

Untuk menggunakannya, cukup klik https://fast.com/id/ untuk menjalankan sistem dan  menghitung kecepatan internet Anda tanpa menekan tombol apapun. Hasil kecepatan internet  ditampilkan  di  tengah layar dengan angka besar dalam satuan megabit per detik (Mbps).

b. Speedtest by Ookla

Speedtest mengukur kecepatan  antara perangkat Anda dan server pengujian melalui koneksi internet perangkat itu sendiri. Speedtest akan mengukur kecepatan maksimum koneksi Internet Anda saat ini dengan mengirim dan menerima file data ke server yang menerima pengujian di wilayah Anda. 

Anda bisa mengunjungi www.speedtest.net untuk cek kecepatan internet. Metodenya sangat sederhana. Kemudian, layar tes kecepatan internet akan muncul. Setelah tes selesai, cukup klik RUN SPEED TEST dan itu akan memberitahu Anda berapa kecepatan internet yang Anda gunakan.

c. Speedsmart

Ada speed smart yang bisa digunakan untuk tes kecepatan internet. Pengguna bisa memulai pengujian hanya dengan mengunjungi website dan memilih tombol Start Speedtest. Layanan berikut ini gratis, akurat, dan cepat karena menggunakan dukungan HTML5. Hanya dalam waktu sekitar 40 detik, Anda sudah bisa langsung melihat status jaringan internet PC Anda. Data Analytics pada halaman ini meliputi PING, provider, IP, kecepatan upload, kecepatan download, dan informasi server.

d. Meter.net

Salah satu keunggulan  Meter.net adalah tidak perlu diunduh ke ponsel Anda. Ini sudah memiliki banyak fitur seperti kecepatan unduh, kecepatan unggah, ping, dll. Pemeriksaan kecepatan internet hanya membutuhkan waktu sekitar 30 detik. Caranya juga sangat mudah, cukup buka situs web meter.net dan klik Mulai.

e. Internet Speed Test App

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan informasi tentang kecepatan unggah, unduh, dan ping jaringan Anda. Cara  cek kecepatan internet anda dengan aplikasi ini adalah: 

  1. Download aplikasi dan gunakan setelah instalasi selesai 
  2. Kemudian klik “uji” 
  3. Tunggu hingga tes selesai dan informasi kecepatan internet  muncul di layar smartphone Anda.

f. Bandwidthplace.com

cek kecepatan internet
Akses Internet Ⓒ Unsplash

Fitur dan cara menggunakan situs ini sama seperti meter.net. Cup Anda cukup kunjungi situsnya lalu klik “Mulai”. Bedanya adalah, dalam Bandwidth Place ada fitur “Server” yang berguna untuk memudahkan pengguna untuk memilih lokasi keberadaannya. Aplikasi ini juga dapat mendeteksi jenis provider apa yang sedang dipakai oleh pengguna.

Baca juga: Arti dari Error 403 Forbidden pada Website dan Cara Mengatasinya

g. Speedtest WiFi Analyzer by Analiti

Aplikasi ini tersedia secara gratis. Jika Anda tidak ingin melihat iklan atau mengakses fitur lain yang disertakan dalam iklan, Anda dapat menggunakan fitur berbayar. Sayangnya, aplikasi ini bukan untuk pengguna iOS. Informasi yang dikandungnya terperinci, dan bahkan ada analisis WiFi bawaan untuk membantu Anda mengumpulkan lebih banyak detail di rumah.

h. Internet Speed Meter Lite

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Internet Speed ​​Meter Lite untuk mengecek kecepatan internet Wi-Fi smartphone Anda selanjutnya. Anda dapat menggunakan aplikasi ini  untuk memantau kecepatan internet real-time Anda. Nah, untuk menggunakan aplikasi ini anda harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Setelah mengunduh aplikasi, Anda dapat langsung menjalankan aplikasi. Data kecepatan internet secara otomatis ditampilkan di bilah notifikasi.

Wah, banyak sekali ternyata cara cek kecepatan internet. Tools yang digunakan pun beragam. Cukup informatif bukan artikel ini? Nantikan informasi menarik lain di artikel selanjutnya!

Selain memberikan informasi-informasi penting seputar teknologi, Sekawan Media juga menyediakan jasa pembuatan aplikasi untuk Anda yang ingin mulai berbisnis.

Related Article

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: