• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Corporate: Pengertian, Jenis-Jenis, Bidang, dan 10 Contohnya

Daftar Isi
Daftar Isi

Istilah corporate sudah tidak asing lagi bagi pekerja, terlebih lagi di daerah Jakarta. Banyak orang yang kini ingin bekerja di perusahaan corporate. Bekerja di gedung-gedung tinggi dan gaji yang melimpah adalah penyebabnya.

Lalu, apa pengertian dari corporate? Corporate biasa disebut dengan korporat adalah organisasi atau perusahaan yang didirikan oleh sekumpulan orang untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Artikel di bawah ini akan membahas lebih lanjut mengenai korporat. Simak penjelasan berikut.

Apa itu Corporate?

Corporate adalah perusahaan atau organisasi yang beroperasi di bawah nama korporat. Arti corporate adalah badan usaha yang didirikan oleh sekelompok orang berdasarkan hukum jelas. Karyawan dapat melakukan tuntutan hukum apabila korporat melakukan kesalahan hukum.

Perusahaan corporate adalah perusahaan yang didirikan untuk memperoleh laba atau keuntungan. Dengan adanya laba atau keuntungan, perusahaan korporat akan tetap berjalan dalam jangka waktu yang panjang. 

Umumnya, modal dari perusahaan korporat berasal dari dana pribadi atau dengan menjual saham ke pihak luar. Pemegang saham akan memperoleh deviden sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

Jenis-Jenis Corporate

Berikut ini adalah bentuk-bentuk corporate.

1. Perusahaan yang Berlandaskan Hukum

Perusahaan yang berlandaskan hukum artinya adalah perusahaan tersebut memiliki hukum yang jelas. Perusahaan yang berlandaskan hukum biasanya adalah perusahaan dari BUMN atau milik negara serta swasta. 

Berikut adalah beberapa perusahaan yang telah berlandaskan hukum.

  • Koperasi
  • Persero
  • PT
  • PT Tbk (Perseroan Terbatas Terbuka)
  • Perusahaan Umum

2.  Perusahaan yang Tidak Berlandaskan Hukum

Perusahaan yang tidak berlandaskan hukum biasanya lebih didominasi oleh beberapa perusahaan swasta. Perusahaan ini tercipta karena bentuk kerja sama antara pebisnis satu dengan lainnya. 

Berikut ini adalah beberapa perusahaan yang tidak berlandaskan hukum

  • Yayasan
  • Perusahaan Perseorangan
  • CV (Commanditaire Vennootschap)
  • FA (Firma)
Pekerja corporate sedang melakukan diskusi
Ilustrasi Tim korporat (Jason Goodman/Unsplash)

Bidang Corporate

Pada jalannya bisnis, korporat banyak bergerak di bidang atau sektor yang beragam. Bidang korporat adalah sektor yang lebih fokus pada bidang tertentu. Berikut ini adalah beberapa bidang korporat berdasarkan kepemilikannya.

1. Agraris

Korporat agraris adalah sebuah industri yang bergerak di bidang pengolahan lahan pertanian. Sebutan dari perusahaan ini adalah agricultural cooperative atau farmer co-op. Selain pertanian, perikanan, perkebunan, dan kehutanan juga dapat diolah oleh bidang ini.

2. Ekstraktif

Bidang ini berfokus pada pengelolaan dan pemanfaatan kekayaan alam. Perusahaan ini akan mencari lahan dengan kekayaan alam untuk diambil dan diolah sebelum akhirnya dijual. Contoh perusahaan ini adalah tambang emas, batu bara, nikel, dan sebagainya. 

3. Perdagangan

Sesuai namanya, fokus aktivitas bidang ini terletak pada bidang jual beli barang jadi. Komoditas yang diperjualbelikan adalah barang jadi yang tidak perlu diolah lagi. Contoh dari bidang ini adalah minimarket, departement store, dan supermarket.

4. Jasa

Korporat ini bergerak di bidang layanan atau jasa. Produk dari jasa ini tidak berbentuk fisik, tetapi berupa layanan atau keahlian. Contoh dari korporat ini adalah lembaga bimbingan belajar, perusahaan asuransi, pegadaian, dan sebagainya.

5. Industri

Korporat industri adalah korporat yang fokus untuk mengubah barang mentah menjadi barang jadi. Korporasi ini memberikan peningkatan pada nilai barang.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Startup: Perkembangan, Peluang, dan Ide

Contoh Corporate

Banyak perusahaan korporat yang saat ini berkembang dengan baik dengan berbagai bidang yang ditekuninya. Berikut ini adalah 10 contoh perusahaan corporate di dunia. 

1. Microsoft Corporation

Perusahaan ini menyediakan sistem perangkat lunak dengan sistem operasi Windows, Office, dan lainnya. 

2. Apple Inc.

Perusahaan corporate apple yang berada di amerika
From Unsplash

Apple Inc adalah perusahaan teknologi dari Amerika yang terkenal dengan produk teknologinya seperti iPhone, iPad, Mac, dan sebagainya.

3. JP Morgan Chase & Co.

Perusahaan JP Morgan bergerak di bidang perbankan dan merupakan salah satu bank terbesar di Amerika Serikat.

4. Toyota Motor Corporation

Perusahaan yang bergerak di bidang otomotif dari Jepang ini terkenal dengan mobil-mobil seperti Toyota dan Lexus.

5. McDonald’s Corporation

Perusahaan McDonald merupakan jaringan restoran cepat saji dari Amerika yang tersebar secara global di seluruh dunia. 

6. PT Pertamina (Persero)

Pt pertamina adalah perusahaan corporate di indonesia
From Unsplash

Pertamina adalah perusahaan korporat milik negara Indonesia yang bergerak di bidang minyak, gas, dan energi terbarukan.

7. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk 

Perusahaan maskapai yang berbasis di Indonesia ini bergerak dalam bisnis penerbangan komersil. Bisnis dari Garuda Indonesia berupa pengoperasian penerbangan, layanan pengoperasian pesawat terbang, dan pengoperasian lainnya.

8. PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Indofood adalah perusahaan produksi makanan dan minuman terbesar di Indonesia. Salah satu merek yang terkenal dari perusahaan Indofood adalah Indomie dan Pop Mie.

9. PT Telkom Indonesia Tbk

Telkom adalah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi yang menyediakan layanan telepon tetap, seluler, internet, dan layanan lainnya.

10. PT Semen Indonesia (Persero)

Semen Indonesia merupakan produsen semen terbesar di Indonesia yang beroperasi di sektor konstruksi dan material bangunan.

Perbedaan Corporate dan Company

Penyebutan company merujuk pada perusahaan konvensional. Sama seperti company, corporate adalah istilah yang ditunjukkan untuk perusahaan. Hanya saja, tidak semua perusahaan bisa disebut dengan korporat. 

Berikut adalah beberapa perbedaan antara company dan corporate.

PerbedaanCorporateCompany
PengertianCorporate adalah sebuah perusahaan yang terdiri dari sekelompok orang yang bekerja demi mencapai tujuan tertentuCompany adalah sebuah organisasi yang mengatur usaha dan bisnis yang dbangun atas nama mereka.
Struktur BisnisStruktur lebih kompleks dengan badan hukum yang jelas.Perusahaan PerseoranganPerseroan Terbatas (PT)UKMPersekutuan KomanditerBadan Usaha Milik Negara (BUMN)Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
Sistem ManajemenTanggung jawab operasional berada di tangan para direksiAktivitas manajemen berada di tangan pemilik secara langsung
Status KepemilikanKepemilikan dari banyak orang Kepemilikan company berada di tangan pemiliknya

Perbedaan Corporate dan Startup

Setiap perusahaan tentu memiliki perbedaan dari mulai budaya kerja sampai jam kerjanya. Berikut ini adalah 7 perbedaan corporate dengan startup.

PerbedaanCorporateStartup
PengertianSebuah perusahaan yang terdiri dari sekelompok orang yang bekerja demi mencapai tujuan tertentuStartup adalah perusahaan rintisan yang belum lama berdiri dan masih berkembang
Jam KerjaJam kerja baku dan mengikat sesuai aturan yang adaJam kerja bebas, fleksibel, dan tidak paten
Budaya KerjaTerdapat batasan sikap dan perilaku antarkaryawanBudaya kerja jauh lebih fleksibel dan komunikasi antara bawahan dan atasan jauh lebih santai.
Tempat KerjaTempat kerja dibedakan antarkaryawan berdasarkan dengan jabatannyaTempat kerja cenderung terbuka yang bertujuan untuk menjalin komunikasi kerja tiap karyawan
GajiAturan jelas mengenai gaji, upah lembur, tunjangan, dan kenaikan gajiPemberian gaji tergantung dengan kemampuan finansial organisasi
PakaianPakaian formalPakaian bebas casual tidak terikat aturan
Struktur KomunikasiKomunikasi lebih terstruktur dan formalKomunikasi fleksibel dan bebas tanpa adanya sekat

Perbedaan Corporate dan Government

Perbedaan antara corporate dan governance mencakup banyak aspek mulai dari tujuan hingga tanggung jawab. 

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara korporat dengan pemerintahan.

PerbedaanCorporateGovernment
PengertianSebuah perusahaan yang terdiri dari sekelompok orang yang bekerja demi mencapai tujuan tertentuGovernment adalah kelompok yang memberikan perintah pada sebuah komunitas atau unit
Tujuan UtamaMendapatkan laba atau keuntungan Memenuhi kebutuhan masyarakat dan menjalankan fungsi pemerintahan
StrukturMemiliki struktur hierarki yang dipimpin CEO atau direktur eksekutifMemiliki struktur yang kompleks dengan cabang eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
KepemilikanDimiliki oleh individu, kelompok, atau pemegang sahamDimiliki oleh rakyat atau warga negara
PendanaanPendanaan dari pribadi, pemegang saham, pinjaman bank, atau investor lainnyaPendanaan dari pajak atau sumber-sumber pendapatan publik lainnya
Tanggung JawabTanggung jawab terhadap pemegang saham untuk menghasilkan laba atau keuntunganTanggung jawab untuk menjaga ketertiban, keadilan, dan keamanan masyarakat

Baca Juga: Struktur Organisasi Perusahaan: Manfaat, Fungsi, dan Contoh

Demikian adalah penjelasan mengenai corporate dan beberapa perusahaan korporat di dunia dan Indonesia. Dalam menjalani sebuah perusahaan, dibutuhkan corporate value

Corporate value adalah nilai-nilai yang ditentukan dan dipilih perusahaan untuk membuat citra dan menjadi acuan perusahaan.

Cara lain untuk membuat citra perusahaan semakin baik adalah dengan membuat website perusahaan dengan traffic yang baik. Sekawan Media adalah solusinya!

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan website yang mampu memberikan keuntungan dan membawa peluang besar bagi perusahaan dan bisnis. Yuk, hubungi kami untuk mendapat informasi lebih lanjut!

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: