• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Struktur Organisasi Perusahaan: Manfaat, Fungsi, dan Contoh

Daftar Isi
Daftar Isi

Perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya peraturan yang mengikat. Dengan adanya peraturan, sistem dalam perusahaan dapat berjalan dengan baik dan efektif.

Pada dasarnya, peraturan yang dimaksud dalam perusahaan adalah struktur organisasi yang memiliki fungsi vital dalam perusahaan. Struktur organisasi pada perusahaan berguna untuk menjelaskan posisi, tanggung jawab, hak, dan kewajiban setiap karyawan.

Lalu, apa itu struktur organisasi perusahaan? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel di bawah ini

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi perusahaan adalah sebuah susunan yang berisi tentang pembagian tugas dan peran setiap individu pada suatu perusahaan. Adanya struktur organisasi dalam perusahaan ini dapat membuat setiap individu mendapat tugas dan perannya masing-masing.

Tujuan utama dari adanya struktur perusahaan ini adalah agar perusahaan lebih mudah dalam membagikan tugas dan tanggung jawab setiap karyawan.

Struktur perusahaan juga membantu perusahaan untuk menempatkan individu sesuai dengan keahliannya. Perusahaan yang sukses juga tentunya memiliki struktur perusahaan yang baik dan jelas.

Jabatan Struktur Organisasi Perusahaan

Berikut ini adalah jabatan atau posisi pada sebuah perusahaan.

1. Direksi

Posisi direksi adalah posisi tertinggi dalam sebuah struktur organisasi perusahaan. Direksi biasa disebut juga dengan pemimpin perusahaan. Direksi bertanggung jawab untuk memimpin dan membawa perusahaan dalam level yang tinggi. 

2. Manajer

Manajer bertugas untuk mengatur atau mengelola karyawan untuk mencapai tujuan dari direksi. Posisi manajer berada di bawah direksi yang menyebabkan manajer juga bertugas untuk menjadi jembatan antara karyawan dengan pemimpin perusahaan.

3. Departemen atau Divisi

Departemen dan divisi dalam perusahaan memiliki kemampuannya masing-masing. Contohnya adalah divisi pemasaran atau marketing yang diisi oleh orang-orang yang memiliki skill marketing.

4. Administrasi dan Gudang

Pada bagian administrasi, skill mencatat dan mengatur berbagai hal mengenai operasional perusahaan harus dikuasai. Sementara pada bagian gudang, skill yang harus dikuasai adalah mengelola dan mencatat barang masuk dan keluar pada sebuah perusahaan.

Tim direksi dan karyawan dari perusahaan
Tim Perusahaan (Unsplash)

Struktur Organisasi Perusahaan PT

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai struktur organisasi pada perusahaan PT.

1. Direksi

Dalam menjalankan sebuah PT, direksi memiliki peranan yang sangat penting untuk menjalankan perusahaan.

Direksi memiliki wewenang untuk melangsungkan pergerakan serta pertumbuhan pada perusahaan. Tugas utama dari seorang direksi adalah menentukan usaha dan arah perusahaan ke tahap selanjutnya.

2. Direktur Utama

Direktur utama merupakan turunan dari direksi yang memiliki wewenang untuk merumuskan dan menetapkan kebijakan perusahaan. 

Tugas utama dari direktur utama adalah mengatur seluruh kegiatan perusahaan yang mencakup kepegawaian, kesekretariatan, dan administrasi keuangan. 

3. Direktur Keuangan

Direktur perusahaan juga memiliki perang yang sangat penting dan vital dalam perusahaan. Posisi ini berperan penting dalam menjaga keuangan perusahaan agar tetap seimbang.

Direktur keuangan juga bertugas untuk menilai dan mengevaluasi apabila perusahaan mengalami defisit atau profit.

Baca Juga: Profesi CFO, Peran yang Mampu Memproyeksikan Keuangan Perusahaan

4. Direktur Personalia

Tugas dari seorang direktur personalia adalah untuk merencanakan sistem personalia yang mengendalikan setiap kebijakan para pegawai. 

Direktur personalia juga bertanggung jawab untuk mengurus administrasi pegawai hingga pembinaan staff administrasi.

5. Manajer

Posisi manager dituntut untuk dapat mengendalikan dan mengawasi segala bentuk variabel, karakteristik, dan kinerja pegawai. Tugas manajer adalah pemberian arahan, tugas, keputusan, menilai, menyeleksi, mengevaluasi, juga menjaga sistem komunikasi antarkaryawan.

6. Manajer Personalia

Seorang manajer membawahi banyak manajer lainnya, salah satunya adalah manajer personalia. Tugas dari manajer personalia adalah memberikan arahan, membuat rencana, pengembangan, dan pemeliharaan yang sifatnya personalia.

7. Manajer Pabrik

Tanggung jawab seorang manajer pabrik adalah mengawasi setiap produk yang dihasilkan oleh suatu pabrik. Tanggung jawab lainnya dari manajer pabrik adalah mengawasi hasil produksi, staff pabrik, dan alat yang memenuhi kebutuhan pabrik agar produksi tetap lancar.

8. Administrasi dan Pergudangan

Bagian administrasi dan pergudangan bertanggung jawab atas semua jenis prosedur yang melalui gudang. Bagian yang masuk dalam divisi administrasi dan pergudangan adalah accounting, kasir, dan CMT.

9. Divisi Regional

Divisi regional hanya dimiliki oleh perusahaan yang telah berhasil untuk menjangkau daerah. Tugas utama dari divisi regional ini adalah menjalankan segala bentuk prosedur dan kebijakan yang telah dibuat oleh kantor pusat.

Baca Juga: Sistem Informasi Akuntansi : Definisi, Fungsi, dan Contohnya

Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi dalam perusahaan sangat penting bagi jalannya anggota perusahaan. Struktur ini berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk bagi manajemen perusahaan untuk menyusun strategi. Berikut ini adalah fungsi dari struktur organisasi dalam perusahaan.

1. Mendeskripsikan Peran Individu dalam Perusahaan

Adanya struktur organisasi ini juga membuat tugas setiap individu lebih jelas. Hal tersebut juga untuk menghindari kesalahan informasi yang akan berdampak pada kualitas pekerjaan.

2. Menjelaskan Alur Hubungan Kerja

Struktur organisasi memberikan kejelasan dalam hubungan suatu perusahaan. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan keefektifan jalur penyelesaian dalam suatu perusahaan.

3. Mendeskripsikan Uraian Tugas 

Struktur organisasi pada perusahaan juga memberikan penjelasan mengenai uraian tugas pada masing-masing individu. Deskripsi pekerjaan ini juga sangat membantu bagi karyawan agar lebih produktif. 

Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan

Berikut ini adalah manfaat yang didapat saat menggunakan struktur organisasi pada sebuah perusahaan.

1. Komunikasi dan Kolaborasi Berjalan dengan Baik

Komunikasi dan kolaborasi dapat berjalan dengan baik dengan adanya struktur organisasi perusahaan ini. Struktur organisasi akan membuat pembagian tugas dan pekerjaan menjadi tepat sasaran dan lebih mudah. Manfaat lainnya juga adalah menghindari duplikasi pekerjaan. 

2. Sistem Operasional Lebih Efisien

Dengan adanya struktur organisasi pada perusahaan yang jelas dan tertata, sistem operasional yang berjalan dapat lebih efektif dan efisiensi. Pada struktur organisasi, terdapat deskripsi mengenai prosedur dan operasional tugas dari tim.

3. Meminimalisir Konflik Antarkaryawan 

Konflik dapat terjadi kapan saja pada dunia kerja. Untuk menghindari konflik yang mungkin saja terjadi, struktur organisasi membantu karyawan dalam perusahaan untuk mengurangi risiko terjadinya perselisihan yang terjadi.

4. Produktivitas Karyawan Meningkat

Pada struktur organisasi terdapat deskripsi dan panduan yang membantu karyawan untuk menjalankan tugasnya. Dengan begitu, produktivitas karyawan meningkat karena tugas yang didapat jelas.

Contoh Struktur Organisasi Perusahaan

Dalam tiap perusahaan, tentu memiliki struktur yang berbeda-beda tergantung dengan kondisi perusahaan. Struktur perusahaan kecil dan perusahaan besar tentunya memiliki beberapa perbedaan. 

Bagian kalian yang bingung membuat struktur, gambar struktur organisasi perusahaan penting untuk menjadi inspirasi pembuatan struktur dalam perusahaan. Berikut ini adalah contoh bagan struktur organisasi perusahaan.

1. Struktur Organisasi Perusahaan Kecil

Contoh bagan struktur organisasi perusahaan
Bagan Struktur Organisasi Perusahaan Kecil

Pada perusahaan berskala kecil, struktur organisasi cenderung dipimpin oleh pemilik perusahaannya langsung dan dibawahi oleh karyawannya.  

2. Struktur Organisasi Perusahaan Besar

Contoh bagan organisasi perusahaan besar
From Kantorkita.co.id

Perusahaan berskala besar memiliki struktur yang sedikit rumit. Banyak anggota dan peran yang ada pada perusahaan karena perusahaan yang ditangani besar dan membutuhkan banyak sumber daya manusia.

Baca Juga: Pentingnya Sistem Integrasi dalam Sebuah Perusahaan

Demikian penjelasan mengenai struktur organisasi perusahaan. Dapat dipahami bahwa struktur organisasi pada perusahaan sangat penting dan berguna untuk jalannya sistem perusahaan.

Hampir seluruh perusahaan membutuhkan bidang IT di masa saat ini. Salah satunya adalah kebutuhan website sebagai sarana informasi bagi karyawan dan meningkatkana kualitas dari perusahaan.

Sekawan Media hadir untuk membantu kebutuhan pembuatan layanan website perusahaan Anda. Jasa pembuatan website dari Sekawan Media memberikan keuntungan yang membawa peluang besar bagi perusahaan, bisnis, maupun instansi dalam pemanfaatan digital marketing.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: