Aplikasi Rapor Online, Inovasi Digital di Bidang Pendidikan

Daftar Isi
Daftar Isi
Aplikasi rapor online adalah salah satu inovasi unggul dalam meningkatkan kompetensi para peserta didik.  Sehingga mampu bersaing dan memaksimalkan potensinya sesuai dengan perkembangan zaman.

Inovasi digital dalam dunia pendidikan seperti rapor online, tentunya selaras dengan semboyan pendidikan Indonesia yaitu Ing Madya Mangun Karsa yang berarti guru dan peserta didik harus mampu menciptakan prakarsa dan ide.

Inovasi ini secara tidak langsung membantu performa dan kualitas proses belajar mengajar sehingga peserta didik mampu bersaing dan memaksimalkan potensinya sesuai dengan perkembangan zaman.

Dalam rangka menuju pendidikan Indonesia inovatif, kreatif, dan visioner maka metode pengajaran dan pembelajaran di Indonesia sedikit demi sedikit memperkenalkan dunia digital baik kepada guru dan peserta didik.  Aplikasi rapor online adalah salah satu inovasi unggul dalam meningkatkan kompetensi para peserta didik. 

Teknologi yang mulai merambah di dunia pendidikan ini sebagai salah satu langkah awal untuk membantu peserta didik dan guru supaya “melek” secara digital dan mampu mengikuti perkembangan zaman.

Tak hanya itu saja, dengan adanya inovasi dalam bidang pendidikan maka diharapkan elemen sekolah seperti guru dan peserta didik mampu bersaing secara Internasional.

Jenis-Jenis Rapor Kurikulum Merdeka

Jenis jenis rapor
Jenis-Jenis Rapor Kurikulum Merdeka © Unsplash.com

Sebelum membahas rapor kurikulum merdeka, alangkah baiknya memahami arti dari rapor itu sendiri. Rapor adalah dokumen yang disusun setiap semester yang diterima oleh setiap peserta didik guna melihat akumulasi nilai dan kemajuan baik secara akademik maupun non-akademik. 

Rapor dibuat untuk mengevaluasi perkembangan peserta didik secara kuantitatif supaya mempunyai pandangan dalam menentukan strategi belajar selanjutnya.

Pada kurikulum merdeka, sistem pelaporan berbeda dengan kurikulum K13. Kurikulum merdeka memiliki 2 jenis rapor, antara lain:

Rapor Intrakulikuler

Rapor jenis tidak jauh berbeda dari rapor-rapor sebelumnya. Dokumen ini hanya memuat nilai-nilai akademis dan nonakademis per satu semester. Rapor ini disusun per fase dan memiliki dua halaman saja. Perbedaan terlihat pada format penulisan yang lebih sederhana pada identitas, predikat, dan capaian kompetensi peserta didik. Begitupun pada capaian non akademik yang hanya memuat predikat dan keterangan saja.

Rapor P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)

Nah, untuk rapor P5 ini diberikan setiap akhir semester genap. Rapor P5 adalah sebuah hasil nilai yang didapat peserta didik selama 6 bulan pembelajaran. Rapor ini mempresentasikan pengetahuan dan keterampilan  peserta didik dalam memahami dan mengimplementasi kompetensi pada masing-masing individu sesuai dengan nilai-nilai pancasila terhadap perkembangan zaman dan digital.

Nah, perkembangan kurikulum inilah yang secara tidak langsung membuka momentum bagi guru untuk menerapkan pelaporan hasil siswa melalui rapor online. Sekawan media menyediakan layanan terpadu pelaporan nilai peserta didik berbasis web sebagai solusi untuk para guru dalam menata kelola sistem sekolah.

Baca juga:
Efisiensi Penggunaan SIAKAD di Perguruan Tinggi
Pengaruh Aplikasi Belajar Online di Masa Pandemi

Fitur-Fitur Rapor Online Sekawan Media

Sekawan media berorientasi pada solusi dari permasalahan klien- klien loyal kami. Dari permasalahan pada sektor pendidikan, kami memutuskan membuat sebuah produk baru yang solutif dan berintegrasi untuk kemajuan pendidikan. 

Sekawan media meluncurkan produk berupa aplikasi rapor online bagi instansi atau lembaga pendidikan formal dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat sekolah menengah atas.

Adapun fitur-fitur aplikasi rapor online Sekawan Media yang cocok untuk tata kelola kebutuhan akademis, antara lain:

1. Akses Data Umum

Tak hanya sebatas mengakses dan mengelola nilai saja, aplikasi rapor digital kamu mampu memberikan akses yang memuat profil sekolah, struktur organisasi, serta informasi-informasi selain berkaitan dengan mata pelajaran. Dengan begitu, yang didapatkan tidak hanya nilai namun juga informasi seputar lingkungan sekolah.

2. Catatan Wali Kelas

Rapor tidak hanya sebatas melihat angka, namun perlu adanya koreksi dari wali kelas perihal perkembangan belajar, proses selama kegiatan belajar hingga masukan yang membangun untuk kebaikan peserta didik. 

Catatan wali kelas bisa dituliskan secara gamblang pada aplikasi rapor online sekawan media secara mudah. Siswa juga bisa memberikan balasan yang responsif sesuai dengan interaksi yang didapatkan.

3. Rapor

Fitur ini mempermudah guru untuk mengolah nilai peserta didik. Pengelolaan nilai yang dilakukan secara digital  akan membuat pekerjaan guru semakin ringan, karena tidak perlu dihitung secara manual. Evaluasi nilai pun semakin mudah dan cepat.

4. Fitur Penilaian 

Tentunya membuat laporan penilaian peserta didik dilihat dari nilai secara keseluruhan, bukan? Di aplikasi rapor online dari sekawan media menyediakan fitur-fitur untuk mencari nilai tertinggi, terendah, dan rata-rata peserta didik. Memang, memudahkan pekerjaan seorang guru.

5. Rekap Nilai 

Rekapitulasi nilai atau rekap nilai adalah salah satu jobdesk yang dilakukan oleh seorang guru. Rekapitulasi dilakukan dari setiap guru mata pelajaran untuk disetorkan ke wali kelas. Namun, jika Anda menggunakan aplikasi ini, maka rekap nilai akan cepat selesai.

6. Evaluasi Penilaian 

Evaluasi nilai diperlukan agar setiap peserta didik mengalami kenaikan performa di setiap semester. Dengan fitur ini, maka peserta didik dan wali murid mampu melihat nilai mana yang harus diperbaiki dan nilai mana yang harus dipertahankan. Evaluasi penilaian melalui rapor digital terbukti lebih efisien dan lebih cepat pendistribusiannya.

7. Presensi Peserta Didik

Fitur ini juga mengatur presensi peserta didik dengan baik. Presensi adalah salah satu tolak ukur penilaian peserta didik. Maka, presensi juga dipertimbangkan ketika seorang guru hendak membuat keputusan penilaian pada akhir semester.

8. Draft Penilaian 

Aplikasi ini dilengkapi dengan draft penilaian. Maksudnya adalah sebelum penulisan di rapor, aplikasi ini akan mengecheck bilamana terjadi typo, salah penulisan nama, atau bilangan. Jadi, jangan diragukan lagi perihal draft penilaian.

9. Menu Pelanggaran

Aplikasi ini juga mengatur beberapa perilaku setiap peserta didik. Kami menyediakan menu pelanggaran untuk mempermudah guru mencantumkan nama-nama siswa dan pelanggaran apa yang telah dibuat, sebelum melakukan keputusan berdasarkan tindak peserta didik tersebut. 

Lantas, Bagaimana Keunggulan Aplikasi Rapor Online Sekawan Media?

Keunggulan rapor online
Keunggulan Rapor Online © Unsplash.com

Setelah meninjau fitur-fitur rapor online Sekawan Media yang komprehensif, maka kenikmatan apa yang dirasakan dari penggunaan aplikasi tersebut? Kemudahan yang Anda dapat mengelola nilai peserta didik, antara lain:

1. Pengecekan Data Prestasi

Data prestasi terekam baik pada sistem kami. Penyimpanannya secara enkripsi membuat  sekuritas data menjadi lebih aman dan terhindar dari  kebocoran data. Selain itu, dengan tampilan interface aplikasi rapor online yang user-friendly memudahkan orang awam termasuk guru untuk mengecek data nilai akademis maupun non akademis  secara keseluruhan.

2. Notifikasi Terupdate

Pembelajaran yang interaktif secara tidak langsung mempengaruhi perilaku dalam proses belajar mengajar antara guru dan peserta didik. Ketika siswa telah diberikan atau mengumpulkan tugas melalui aplikasi rapor online, maka secara otomatis pemberitahuan muncul pada email yang dicantumkan siswa pada aplikasi tersebut. 

3. Pengaturan Data Pengguna

Jika Anda memilih produk kami, maka pengaksesan data akun pengguna bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan pendidikan. Dengan begitu, proses belajar mengajar jadi lebih leluasa.

4. Kemudahan Pemasukkan Data Siap UN

Tidak sebatas penginputan nilai semester, pada aplikasi rapor online kamu menyediakan fasilitas berupa penginputan nilai-nilai UN. Dengan tampilan yang sederhana, proses penginputan siap UN bisa dilakukan secara mandiri dan lebih praktis.

Manfaat Rapor Online

Secara garis besar, manfaat rapor online adalah untuk membuat kinerja guru dan evaluasi belajar peserta didik menjadi lebih efisien dan efektif. Tentunya, untuk menciptakan lingkungan digitalisasi pada instansi pendidikan, perlu adanya komitmen dan kerjasama yang berkesinambungan antara guru dan peserta didik. 

Kesimpulan

  1. Aplikasi rapor online adalah salah satu inovasi teknologi dalam bidang pendidikan yang mempermudah tugas seorang guru
  2. Aplikasi ini juga membantu meningkatkan performa belajar peserta didik berdasarkan rekam digital nilai dan progres yang dibuat.
  3. 9 Fitur aplikasi rapor online dari Sekawan Media dirancang memadai untuk kebutuhan sekolah.

Nah, itulah ulasan mengenai jenis, fitur, keunggulan, dan manfaat  rapor online sebagai penunjang proses belajar mengajar antara seorang guru dan peserta didik. 

Related Article

LAYANAN

Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

Timah Electronic Office
PT. Timah Tbk
2018
Sistem Manajemen Transportasi
PT. Wijaya Putra Santosa
2019

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: