• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Akuntansi Manajemen: Pengertian, Tujuan, Fungsi, & Contohnya

Daftar Isi
Daftar Isi
Akuntansi manajemen adalah suatu bidang dalam akuntansi yang fokus pada pengumpulan, analisis, dan interpretasi informasi keuangan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan strategis. 

Secara umum, akuntansi manajemen berbeda dengan akuntansi keuangan karena fokusnya lebih pada kebutuhan internal suatu organisasi daripada eksternal. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan pengertian akuntansi manajemen, tujuan, fungsi, tugas, contoh, dan perbedaannya dengan akuntansi keuangan.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen: definisi, tujuan, fungsi, dan contohnya
(unsplash.com)

Akuntansi manajemen merupakan suatu proses yang menyediakan data keuangan dan non-keuangan kepada manajemen organisasi untuk membantu dalam perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. 

Tugas akuntansi manajemen adalah membantu manajer dalam merancang dan mengimplementasikan strategi bisnis, serta meningkatkan kinerja organisasi.

Proses ini menggunakan berbagai metode, teknik, dan alat termasuk dalam cakupan akuntansi manajemen, seperti perencanaan anggaran, analisis biaya, evaluasi kinerja, dan pengembangan strategi bisnis. 

Informasi yang dihasilkan oleh akuntansi manajemen dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, mengoptimalkan alokasi sumber daya, dan mencapai tujuan organisasi dengan cara yang paling efektif. 

Secara sederhana, proses ini berperan dalam membantu perusahaan mengelola bisnis mereka dengan lebih baik dan lebih cerdas.

Lantas, apa perbedaannya dengan akuntansi keuangan? Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen terletak pada pada sistem pelaporannya.

Dalam manajemen, pelaporan ditujukan untuk kebutuhan internal organisasi, sementara dalam akuntansi keuangan, pelaporan ditujukan untuk kebutuhan pihak eksternal.

Fungsi Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen: definisi, tujuan, fungsi, dan contohnya
(unsplash.com)

Proses ini memiliki beberapa fungsi. Berikut adalah fungsi dan tujuan akuntansi manajemen:

1. Perencanaan dan Penganggaran yang Strategis

Dalam mendukung perusahaan dalam perencanaan strategis, proses ini berkontribusi dengan menyusun anggaran yang melibatkan pendapatan dan biaya. 

Upaya ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan alokasi sumber daya secara efisien. 

Dengan bantuan akuntansi manajemen, perusahaan mampu merancang langkah-langkah strategis mereka dengan lebih efektif. 

Mereka dapat menganalisis tren masa lalu dan membuat proyeksi yang akurat untuk masa yang akan datang.

2. Pengendalian Biaya

Manajemen biaya menjadi salah satu fungsi krusial, di mana dengan pemantauan yang teliti, perusahaan dapat mengenali biaya yang tidak perlu dan mengambil langkah-langkah untuk menguranginya. 

Pengelolaan biaya memiliki peran penting dalam mencapai kesuksesan bisnis. Melalui proses ini, perusahaan dapat mengidentifikasi sumber biaya yang tidak efisien dan memberikan solusi untuk mengurangkannya.

3. Proses Pengambilan Keputusan

Kualitas keputusan yang baik bersumber dari informasi yang tepat. Proses ini menyediakan data yang esensial untuk mendukung pengambilan keputusan yang akurat, baik dalam konteks perluasan, investasi, maupun restrukturisasi.

4. Evaluasi Kinerja

Dengan menggunakan proses ini, perusahaan dapat menilai kinerja departemen, produk, atau proyek tertentu, membantu mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki atau dikembangkan lebih lanjut.

5. Evaluasi Investasi

Perusahaan memanfaatkan proses ini untuk menilai proyek investasi yang memiliki potensi. Dengan melakukan analisis yang komprehensif, mereka dapat membuat keputusan apakah suatu investasi dapat dianggap layak atau tidak.

Contoh Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen: definisi, tujuan, fungsi, dan contohnya
(flip.id)

Contoh penerapan proses ini meliputi beberapa langkah yang bisa Anda ambil. Berikut adalah beberapa langkah dalam penerapan akuntansi manajemen:

1. Pembentukan Tim Akuntansi Manajemen

Penting bagi perusahaan untuk membentuk tim khusus yang memiliki tanggung jawab khusus terkait akuntansi manajemen. 

Komposisi tim sebaiknya mencakup individu yang tidak hanya ahli dalam analisis data, tetapi juga memiliki pemahaman mendalam tentang aspek bisnis perusahaan.

2. Penentuan Tujuan

Langkah berikutnya adalah menetapkan tujuan yang jelas dalam menerapkan proses ini. Apakah perusahaan ingin meningkatkan profitabilitas, mengurangi biaya, atau mengoptimalkan operasi? 

Menetapkan tujuan yang spesifik akan membantu perusahaan mengarahkan upaya mereka dengan lebih efektif.

3. Pemilihan Metode dan Teknologi

Perusahaan perlu secara cermat memilih metode dan teknologi yang sesuai untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari proses ini. 

Di era teknologi saat ini, berbagai perangkat lunak dan sistem tersedia untuk mendukung proses ini, dan pemilihan yang bijak akan membantu perusahaan memaksimalkan keuntungan dari proses ini.

4. Pelatihan Karyawan

Membekali karyawan dengan pengetahuan tentang cara menggunakan data dari proses ini adalah langkah penting.

Sebab, karyawan harus memahami peran penting data ini untuk digunakan dalam pengambilan keputusan sehari-hari mereka. 

Nah, adanya pelatihan akan membantu meningkatkan efektivitas tim dan memastikan bahwa semua pihak terlibat dengan baik dalam proses ini.

5. Evaluasi Berkala

Penerapan proses ini bukanlah tugas sekali jalan. Perusahaan perlu melakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa sistem ini efektif dan masih sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. 

Evaluasi tersebut dapat membantu mengidentifikasi potensi perbaikan atau penyesuaian yang diperlukan agar proses ini tetap relevan dan mendukung tujuan bisnis perusahaan.

Itu dia penjelasan lengkap terkait apa itu akuntansi manajemen, tugas, tujuan, fungsi, contoh penerapan, dan perbedaannya dengan akuntansi keuangan.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, akuntansi manajemen menjadi senjata utama bagi perusahaan untuk mencapai kesuksesan. 

Dengan memberikan informasi yang relevan, akuntansi manajemen membantu perusahaan untuk terus beradaptasi, mengambil keputusan yang tepat, dan mencapai tujuan strategisnya. 

Dengan memahami peran dan fungsi dari proses ini, organisasi dapat mengoptimalkan kinerjanya dan tetap menjadi pemain yang relevan di pasar global.

Berbicara tentang hal ini, apabila perusahaan Anda membutuhkan pembuatan aplikasi untuk memudahkan proses akuntansi manajemen, serahkan saja pada Sekawan Media!

Sekawan Media menawarkan berbagai solusi dan layanan untuk permasalahan Anda dalam mengelola dan mengambil keputusan yang tepat guna mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

Jika tertarik, Anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi terkait pembuatan aplikasi akuntansi kepada kami dan sampaikan segala kebutuhan dan pertanyaan Anda.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: