• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Apa Itu DOM (Document Object Model) di Javascript dan Fungsinya 

Daftar Isi
Daftar Isi
DOM juga memungkinkan penggunaan event listener serta handler demi menangani interaksi pengguna, seperti mengklik tombol atau memasukkan data dalam form. Dengan menggunakan event listener serta handler, kita dapat membuat halaman website dimana lebih interaktif serta responsif terhadap tindakan pengguna.
Dom
DOM Document Object Model (Foto: Pexels)

Sebagai pengembang web pasti nya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah DOM atau Document Object Model. DOM merupakan konsep dimana memiliki penggunaan dalam membantu pengembangan suatu web. Terlebih lagi jika pada pembuatan tampilan dinamis serta interaktif. 

Misalnya, jika kita ingin menambahkan elemen HTML baru ke dalam halaman website saat pengguna melakukan suatu tindakan, DOM dapat memberikan Anda akses untuk dapat menggunakan JavaScript untuk membuat baru dan menambahkannya ke dalam struktur DOM pada halaman website.Untuk lebih lanjut mengetahui tentang fungsi dari DOM di javascript ini, mari simak artikel di bawah ini!

Apa Itu DOM 

DOM atau Document Object Model adalah konsep fundamental di pengembangan website serta sangat penting dalam pemrograman JavaScript. DOM adalah representasi dari dokumen dimana dibuka dalam browser, yang memungkinkan JavaScript memanipulasi konten dan struktur halaman web tersebut.

DOM adalah model objek dimana merepresentasikan setiap elemen dokumen atau XML sebagai objek dimana dapat diakses oleh JavaScript. Setiap elemen diwakili oleh node dalam struktur hierarkis, serta setiap node memiliki properti dan metode yang dapat dimanipulasi melalui JavaScript.

DOM juga memungkinkan penggunaan event listener serta handler demi menangani interaksi pengguna, seperti mengklik tombol atau memasukkan data dalam form. Dengan menggunakan event listener serta handler, kita dapat membuat halaman website dimana lebih interaktif serta responsif terhadap tindakan pengguna.

Secara keseluruhan, DOM adalah konsep penting dalam pengembangan website dan sangat erat kaitannya dengan JavaScript. Untuk memahami DOM serta bagaimana JavaScript dapat memanipulasinya, kita dapat membuat tampilan laman yang lebih dinamis, interaktif, serta responsif terhadap interaksi pengguna.

Fungsi DOM

DOM adalah salah satu bagian fundamental dari JavaScript yang sangat penting dalam pembuatan tampilan halaman web dimana interaktif serta dinamis. Fungsi DOM di JavaScript memungkinkan para developer untuk mengakses dan memanipulasi setiap elemen HTML dalam halaman website.

Beberapa fungsi DOM yang paling umum digunakan dalam JavaScript adalah sebagai berikut:

1. Menambahkan atau menghapus elemen HTML 

Dengan adanya fungsi ini, developer bisa menambahkan atau menghapus elemen HTML dalam halaman website secara dinamis, tergantung pada interaksi pengguna atau keadaan lainnya. Misalnya, ketika pengguna menekan tombol tertentu, kita dapat memanfaatkan penggunaan fungsi ini untuk menambahkan elemen HTML baru ke halaman web.

2. Mengubah isi Elemen HTML

Fungsi DOM juga memungkinkan developer untuk mengubah isi dari elemen HTML. Misalnya, kita dapat mengubah teks yang terdapat pada elemen HTML, mengganti gambar atau video, dan lain-lain.

3. DOM dapat menangani Event 

Fungsi DOM memungkinkan developer demi menangani event dalam halaman web, seperti mengklik tombol, mengisi form, atau menggulir halaman. Ketika menangani event, DOM dapat membuat halaman web lebih interaktif serta responsif terhadap tindakan pengguna.

4. Menambah atau Menghapus CSS

Fungsi DOM juga memungkinkan developer demi menambahkan atau menghapus class CSS dalam elemen HTML. Ketika menambahkan atau menghapus class CSS, kita dapat mengubah tampilan halaman web secara dinamis.

Secara keseluruhan, fungsi DOM di JavaScript sangatlah penting dalam pembuatan tampilan halaman web interaktif dan dinamis. Penggunaan fungsi DOM, developer dapat mengakses dan memanipulasi setiap elemen HTML pada halaman web, mengubah tampilan halaman web secara dinamis, menangani event, dan sebagainya.

Baca Juga: Laravel: Framework Para Developer yang Terbaik di Kelasnya!

DOM, Cara Mengambil Elemen HTML 

Mengambil elemen HTML merupakan bagian penting di pengembangan web serta biasanya dilakukan dengan menggunakan JavaScript. Ada beberapa cara mengambil ini menggunakan JavaScript, di antaranya adalah:

1. Menggunakan getElementById()

Cara ini digunakan untuk mengambil elemen HTML dengan memanfaatkan atribut id dalam elemen tersebut. Kita dapat menggunakan fungsi getElementById() dengan menyertakan nilai id dimana ingin diambil. Fungsi ini akan mengembalikan objek dimana sesuai dengan nilai id yang diberikan.

2. Menggunakan getElementsByClassName()

Cara ini digunakan untuk mengambilnya ketika memanfaatkan atribut class tersebut. Kita dapat menggunakan fungsi getElementsByClassName() dengan menyertakan nilai class yang ingin diambil. Fungsi ini akan mengembalikan objek koleksi elemen HTML dimana sesuai dengan nilai class yang diberikan.

3. Menggunakan getElementsByTagName()

Cara ini digunakan untuk mengambil elemen HTML dengan memanfaatkan tag elemen tersebut. Kita dapat menggunakan fungsi getElementsByTagName() ketika menyertakan nilai tag elemen dimana ingin diambil. Fungsi ini akan mengembalikan objek koleksi sesuai dengan tag elemen yang diberikan.

4. Menggunakan querySelector()

Cara ini digunakan untuk mengambil elemen HTML menggunakan pemanfaatan selector CSS. Kita dapat menggunakan fungsi querySelector() bersamaan menyertakan selector CSS yang sesuai ke yang ingin diambil. Fungsi ini akan mengembalikan objek pertama yang sesuai dengan selector CSS yang diberikan.

Ketika melakukan pengembangan web, pengambilan elemen HTML sangatlah penting serta sering digunakan untuk melakukan manipulasi pada elemen tersebut. Ketika menerapkan salah satu cara di atas, developer dapat mengambil elemen HTML yang dibutuhkan dan melakukan berbagai manipulasi seperti mengubah isi, menambahkan atau menghapusnya, mengatur tampilan, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengulas Penggunaan HTML dan Cara Kerjanya pada Web Development

Cara Mengubah Elemen HTML 

Mengubah merupakan bagian yang penting dalam pengembangan web dan biasanya dilakukan dengan menggunakan JavaScript. Ada beberapa cara untuk mengubah menggunakan JavaScript, di antaranya adalah:

1. Mengubah isi elemen HTML

Cara ini digunakan untuk mengubah isi dari elemen, misalnya mengubah teks pada elemen paragraf atau mengganti gambar pada elemen img. Kita dapat menggunakan fungsi innerHTML dalam objek elemen HTML ingin diubah. Fungsi ini memungkinkan kita demi mengubah isi elemen dengan kode baru.

2. Mengubah nilai atribut elemen HTML

Dalam DOM, cara ini digunakan demi mengubah nilai dari atribut, misalnya mengubah nilai atribut src pada elemen img. Kita dapat menggunakan properti atau metode yang sesuai dalam objek elemen HTML yang ingin diubah. Properti tersebut bergantung pada atribut yang ingin diubah.

3. Menambahkan atau menghapus elemen HTML

Pada DOM cara ini digunakan demi menambahkan atau menghapus dalam halaman web secara dinamis. Ini tentu tergantung pada interaksi pengguna atau keadaan lainnya. Kita dapat menggunakan metode createElement() demi membuat elemen baru serta metode appendChild() atau insertBefore() untuk menambahkan elemen tersebut ke dalam dokumen.

4. Mengatur tampilan elemen HTML

Cara ini digunakan untuk mengatur tampilan elemen HTML, misalnya mengubah ukuran, warna, atau posisi elemen. Kita dapat menggunakan properti style pada objek yang ingin diubah. Properti ini memungkinkan kita untuk mengatur properti CSS dari elemen HTML secara langsung melalui JavaScript.

Dalam pengembangan, pengubahan sangatlah penting dan sering digunakan untuk melakukan manipulasi pada elemen tersebut. Dengan menggunakan salah satu cara di atas, developer dapat mengubah nya sesuai dengan kebutuhan, memperbaharui isi atau tampilan halaman secara dinamis, dan meningkatkan interaktivitas dari halaman web.

Baca Juga: Apa Itu React JS? Pahami Pengertian dan Tutorial React JS dengan Mudah

Contoh Cara Menambah dan Menghapus Elemen HTML 

Menambah dan menghapus pada halaman website merupakan bagian penting dalam pengembangan website dan biasanya dilakukan dengan menggunakan JavaScript. Ada beberapa cara untuk menambah serta menghapus elemen HTML menggunakan JavaScript, di antaranya adalah:

1. Menambahkan elemen HTML

Cara ini digunakan untuk menambahkan elemen HTML baru pada halaman website. Kita dapat menggunakan metode createElement() demi membuat baru dan metode appendChild() atau insertBefore() demi menambahkan tersebut ke dalam dokumen.

Cara menambah dan menghapus elemen html 

Pada contoh di atas, kita membuat div baru dan menambahkannya dengan id “parent”.

2. Menghapus elemen HTML

Cara ini digunakan demi menghapus elemen HTML dari halaman web. Kita dapat menggunakan metode removeChild() pada objek elemen HTML yang ingin dihapus.

Cara menambah dan menghapus elemen html 

Pada contoh di atas, kita mengambil elemen dengan id “element-to-remove” dan menghapusnya dari dokumen.

Ketika engembangan web, menambah dan menghapus elemen HTML sangatlah penting dan sering digunakan untuk membuat halaman web yang lebih dinamis dan interaktif. 

Dengan menggunakan cara di atas, developer bisa menambah atau menghapus elemen HTML sesuai dengan kebutuhan, memperbaharui isi atau tampilan halaman web secara dinamis, dan meningkatkan interaktivitas dari halaman web.

Baca juga: Framework JavaScript: Pengertian, Kelebihan, dan Framework Terbaik

Demikian artikel mengenai DOM dalam Javascript. Sekawan Media menyediakan layanan pengembangan aplikasi berbasis produk dan solusi sesuai dengan berbagai kustomisasi menyesuikan dengen segmen bisnis Anda. Untuk selengkapnya, silakan cek halaman produk dan solusi kami di sini.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: