Mengenal Apa itu Firebase, Fungsi, Fitur dan Cara Menggunakannya 

Daftar Isi
Daftar Isi
Firebase adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk membantu developer mengembangkan aplikasi. Terdapat beberapa fitur pada layanan ini yaitu Firebase Analytic, Cloud Messaging dan Notification, Authentication dan Hosting.
Firebase adalah layanan dari google untuk membantu mengembangkan aplikasi
Mengenal apa itu firebase, fungsi, fitur dan cara menggunakannya 

Dalam membuat dan mengembangkan aplikasi, terdapat banyak tahap yang dilalui oleh seorang developer. Ini untuk memastikan bahwa hasil aplikasi akan maksimal dan dapat digunakan dengan baik sesuai kebutuhan users

Untuk dapat berjalan lancar, biasanya developer menggunakan beberapa aplikasi atau bantuan dari berbagai perangkat lunak. 

Sejak lahirnya Firebase, memudahkan seorang developer mengembangkan sebuah aplikasi. Layanan ini adalah layanan yang disediakan oleh Google secara cuma-cuma. Walaupun terdapat fitur berbayar, tetapi banyak dari fitur yang ditawarkan sudah cukup dalam membantu memaksimalkan pengembangan. 

Ini memiliki banyak fitur yang dapat mempermudah kita dalam bekerja. Dalam memahami lebih jelasnya lagi dan bagaimana fungsi dari layanan Google ini, simak artikel di bawah ini sampai tuntas. 

Apa itu Firebase?

Firebase adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk membantu developer mengembangkan aplikasi, terutama pada bagian backend. Jadi ketika developer membagi pekerjaannya, mereka akan lebih mudah fokus pada bagian frontend. Tidak hanya mempermudah, tetapi layanan ini meningkatkan efisien dalam bekerja. 

Firebase adalah fitur dimana penggunaannya banyak diterapkan oleh perusahaan dari mulai Startup sampai perusahaan besar. Karena firebase adalah platform handal untuk pembuatan aplikasi dan web, maka startup memanfaatkan platform ini untuk membuat aplikasi. 

Firebase adalah layanan yang menawarkan berbagai fitur yang dapat kita manfaatkan. Ini adalah platform yang menawarkan realtime hasil dan kerja dalam penggunanya. 

Firebase adalah bagian dari tren yang sedang berkembang yang dikenal sebagai “Backend as a service.” Biasanya konfigurasi server mengharuskan kita dalam mengambil data melalui beberapa API yang telah kita tulis dalam mengambil data dari server kita. 

Firebase mempercepat penyimpanan serta pengambilan data melalui layanan pihak ketiga dan dilengkapi dengan API-nya sendiri sehingga kita tidak perlu menulisnya. Banyak aplikasi berpindah, salah satu aplikasi penting adalah webhook, pembuat CMS khusus. 

Fungsi Firebase 

Dalam fungsi dari sebuah layanan Google ini akan lebih bermanfaat pada cara kerja seorang developer melakukan pekerjaannya pada bagian backend. Backend yang dimaksud adalah seperti API dan Software Development Kit

Supaya lebih jelasnya lagi, kita akan memaparkan beberapa fungsi yang bisa kita gunakan pada penggunaan firebase. 

1. Membuat Aplikasi 

Dalam pembuatan sebuah aplikasi pasti tentunya kita akan diminta dalam mengakumulasi data dan kebutuhan dan data-data users. Dalam hal ini membantu developer ketika membuat aplikasi sesuai dengan permintaan dan kebutuhan users

2. Meningkatkan Kualitas dan Mengembangkan Aplikasi 

Peningkatan kualitas sebuah aplikasi dapat dilakukan dengan bantuan layanan disediakan oleh Google. Di sini sebuah aplikasi dapat dipantau dan diketahui bargain yang mungkin saja terdapat error dalam penggunaan nya. 

3. Mengembangkan Bisnis

Dalam  mengembangkan suatu bisnis, tentunya kita perlu menaruh data atau dokumen dokumen penting penunjang bisnis. Dengan ini fitur fitur yang disediakan dimana membantu seorang entrepreneur untuk dapat melihat riwayat dan seluruh aset perusahaan. 

Dengan begitu, firebase bermanfaat untuk mengembangkan suatu bisnis mengingat adanya penggunaan teknologi digital pada penerapan bisnis perusahaan. 

Baca Juga : Kenali Apa Itu DevOps dan Tugas Seorang DevOps Engineer

Cara Menggunakan Firebase 

Kita tahu bahwa layanan ini merupakan gabungan dari penyimpanan data tanpa SQL, seperti MongoDB, subserver (Redis). Tidak hanya itu server front-end pun mendukung web perpustakaan pada users atau klien. 

Kita simak gambaran besar nya pada cara menggunakan firebase. Jika satu atau lebih user berlangganan beberapa data karena mereka tertarik dengan sebuah informasi yang ada. Maka server akan melacak langganan tersebut. Lalu, segera setelah langganan baru terjadi, beberapa data dikirim kembali sebagai pesa. 

Kemudian, ketika satu klien menulis beberapa data maka pub atau sub server menyiarkan pembaruan ini ke semua langganan aktif lainnya Semuanya berfungsi sebagai pub atau sub jadi tidak ada konsep “kueri”, kita hanya memberi tahu apa yang kita minati lalu kita menerima pesan yang menjelaskan datanya.

Terdapat beberapa pendektan dalam cara menggunakan firebase. Pertama-tama terdapat pendekatan Rest. Kedua, terdapat pendekatan PUB atau SUB.

Yang penting adalah bahwa dalam layanan seperti Firebase, data bergerak ke atas dan ke bawah saluran web yang merupakan hal permanen.

Kita dapat menerima banyak pesan kecil ketika mengunduh data dalam jumlah besar. Cara ini dapat meningkatkan reaktivitas aplikasi kita.

Berkat soket web, pesan-pesan itu didorong ke klien sehingga pengguna tidak perlu memuat ulang atau menyegarkan aplikasi.

Kelemahan dari implementasi ini adalah melibatkan banyak teknologi untuk bekerja bersama. Tidak hanya itu, tetapi ini juga untuk mengkonfigurasi dan memelihara.

Itu sebabnya layanan seperti layanan ini menawarkan penyederhanaan penggunaan yang baik.

Baca Juga : Belajar Menggunakan Aplikasi Postman Untuk Testing API

Fitur-fitur Firebase 

Fitur-fitur pada firebase
Mengenal apa itu firebase, fungsi, fitur dan cara menggunakannya 

Fitur-fitur yang terdapat pada layanan firebase ini memungknikan untuk membantu developer pada penggunaan dalam cara kerja nya. Jika kita sudah mengetahui bagaimana 

1. Fitur Firebase Analytic 

Firebase analytic merupakan salah satu fitur firebase yang digunakan untuk menyimpan seluruh data. 

SDK secara otomatis menangkap peristiwa penting dan properti pengguna tertentu, dan Anda dapat menentukan peristiwa khusus Anda sendiri untuk mengukur hal-hal yang secara unik penting bagi bisnis Anda.

2. Fitur Firebase Cloud Messaging and Notification 

Fitur cloud messaging dan notifikasi membantu kita melakukan komunikasi bersama dengan users tentang proses pengembangan atau pun pembuatan aplikasi. Ini dilakukan untuk dapat memastikan aplikasi sesuai dengan yang diinginkan dan kebutuhan. 

Platform Cloud Messaging (sebelumnya bernama GCM) adalah layanan notifikasi seluler gratis oleh Google yang memungkinkan pengembang aplikasi (pihak ketiga) mengirimkan notifikasi dari server GCM (Google Cloud Messaging) kepada penggunanya.

Ini akan memberi Anda kemewahan untuk memberi tahu pengguna Anda secara real time tentang email baru atau data lain yang tersedia untuk disinkronkan. Ini bekerja berdasarkan prinsip down streaming pesan dari server FCM ke aplikasi pengguna dan pesan upstream dari aplikasi pengguna ke server FCM. Firebase hadir dengan banyak fitur baru bersama dengan infrastruktur GCM.

3. Fitur Firebase Authentication 

Pada fitur ini menggunakan layanan Google dengan menyimpan seluruh data pada storage Google dan juga riwayat pada jalannya pengerjaan sebuah aplikasi.

Otentikasi Firebase adalah layanan yang disediakan oleh firebase yang membantu kita membangun sistem otentikasi pengguna untuk aplikasi seluler atau website. 

Muncul dengan metode siklus hidup dasar seperti Login, Logout, Signup, reset password dll.

Tidak hanya itu, ini juga menyediakan kemampuan dalam mengintegrasikan login oauth sosial kita dengan mudah hanya dengan beberapa klik.

4. Fitur Firebase Hosting

Firebase Hosting adalah layanan hosting yang dikelola sepenuhnya untuk konten statis dan dinamis serta layanan mikro. Layanan ini didukung oleh penyimpanan SSD dan CDN (jaringan pengiriman konten) global. SSL tanpa konfigurasi dibangun ke dalam Firebase Hosting, sehingga konten selalu dikirimkan dengan aman.

Fitur ini menyediakan hosting yang cepat dan aman untuk aplikasi web kita, konten statis dan dinamis, serta layanan mikro. 

Firebase Hosting adalah hosting konten web tingkat produksi untuk developer aplikasi seluler. Dengan satu perintah, Anda dapat menerapkan aplikasi web dengan cepat dan menyajikan konten statis dan dinamis ke CDN (jaringan pengiriman konten) global.

Firebase Hosting dibangun untuk pengembang web modern. Situs web dan aplikasi menjadi lebih kuat dari sebelumnya dengan munculnya framework JavaScript front-end seperti Angular dan alat generator statis seperti Jekyll. 

Apakah Anda menerapkan halaman arahan aplikasi sederhana atau Aplikasi Web Progresif (PWA) kompleks, Hosting memberi kita infrastruktur, fitur, serta alat yang disesuaikan untuk menerapkan dan mengelola situs web dan aplikasi.

Anda dapat menggunakan jasa pembuatan aplikasi mobile Sekawan Media yang sudah mendukung platform Android dan iOS.

Related Article

SDK Software development kit

Apa Itu SDK, Fungsi, Proses dan Perbedaannya dengan NDK

SDK adalah alat yang berkontribusi pada penyediaan elemen dasar untuk pengembangan aplikasi terintegrasi, seperti memungkinkan pengguna berlangganan sumber media dan mendaftar ke situs web eksternal. SDK dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan sistem operasinya yaitu iOS, Microsoft Windows dan Android.

Selengkapnya
SDK Software development kit
Apa Itu SDK, Fungsi, Proses dan Perbedaannya dengan NDK

SDK adalah alat yang berkontribusi pada penyediaan elemen dasar untuk pengembangan aplikasi terintegrasi, seperti memungkinkan pengguna berlangganan sumber media dan mendaftar ke situs web eksternal. SDK dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan sistem operasinya yaitu iOS, Microsoft Windows dan Android.

Selengkapnya
LAYANAN

Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

Timah Electronic Office
PT. Timah Tbk
2018
Sistem Manajemen Transportasi
PT. Wijaya Putra Santosa
2019

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: