Menu Close
Close
Table of Contents
Table of Contents

Saat ini, banyak cara untuk membuat sebuah website dengan mudah dan tanpa harus belajar ilmu pemrograman secara menyeluruh. Banyak sekali platform yang menyediakan fitur untuk membuat sebuah website, salah satunya dengan menggunakan CMS. Joomla adalah CMS yang sering digunakan untuk pembuatan sebuah website maupun blog. 

Sebenarnya ada banyak sekali jenis CMS yang lain untuk memudahkan anda dalam mengembangkan sebuah situs, namun kali ini kami akan membahas apa itu Joomla dan bagaimana cara menginstal untuk pemula. Kami juga akan memberikan informasi terkait komparasi antara Joomla dengan WordPress.

Pengertian joomla

Joomla adalah salah satu jenis CMS (Content Management System) yang bersifat open source serta berbasis PHP dan MySQL. Dapat dibilang, Joomla merupakan satu dari sekian banyak CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Banyak dari setiap hosting provider yang menyediakan CMS ini secara gratis. 

Joomla pertama kali dirilis pada tahun 2005 dan merupakan alternatif dari WordPress. Bagi anda yang masih pemula lebih cocok untuk menggunakan WordPress daripada CMS ini. Karena, Joomla mempunyai toolkit desain yang lebih kuat (powerful), serta lebih fleksibel dari sisi front end dan backend -nya.

Kelebihan joomla

Banyak sekali fitur yang dapat anda gunakan dan kembangkan dalam pembuatan sebuah situs website. Di dalam setiap fitur Joomla juga memiliki berbagai kelebihan dan keunggulan dari sisi fungsionalitas bagi para pengguna (user). Berikut ini merupakan beberapa kelebihannya.

      1. Postingan blog yang sederhana

Pertama, Joomla dapat membuat sebuah blog dengan simple dan efektif. Jika anda seorang blogging, maka anda akan tertarik dan mudah untuk membuat artikel di dalam Joomla. Anda tidak perlu untuk mempelajari dan memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman. Cukup hanya menekan tombol publish, artikel siap untuk dirilis. 

      2. Open source

Salah satu alasan mengapa CMS Joomla banyak digunakan di berbagai negara karena bersifat open source. Infrastruktur di dalamnya menggunakan bahasa pemrograman PHP yang sering digunakan oleh software open source. Banyak developer (pengembang) yang membuat ekstensi baru karen CMS ini mempunyai infrastruktur yang open source.

Baca juga: Apa itu CMS? Kenali Lebih Dalam Mengenai Fungsi, Macam, dan Manfaatnya

      3. Mudah untuk digunakan

Tujuan dari penggunaan content management system adalah untuk memudahkan pengguna dalam membuat halaman suatu website dengan cepat dan efisien. Anda tidak perlu membuka tab baru atau membutuhkan permission level. Sehingga, proses kerja menjadi lebih cepat dan menghemat proses upload konten atau page. 

      4. Sangat cocok untuk website e-commerce

Joomla juga sangat cocok untuk membuat tampilan website e-commerce. Apabila anda memiliki bisnis online, maka kami merekomendasikan untuk membuat website dengan CMS ini. Banyak sekali fitur untuk pembuatan menu transaksi jual beli secara online

      5. Memiliki komunitas yang luas

Joomla memiliki ratusan ribu pelanggan aktif yang siap untuk membantu anda jika mengalami kendala teknis maupun yang bersifat non-teknis. Anda juga dapat bergabung pada komunitas yang luas jika membutuhkan bantuan dan support apabila terjadi masalah pada website anda.

      6. SEO friendly

Kelebihan dari sebuah CMS adalah terletak pada SEO friendly. Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan CMS dan mendapatkan rangking tinggi pada mesin pencari Google, Bing, atau Yahoo. Ada banyak sekali fitur dan ekstensi untuk membantu anda dalam meningkatkan rangking halaman situs anda dengan optimasi SEO.

      7. Mempunyai fitur yang fleksibel

Keuntungan yang terakhir adalah faktor fleksibilitas dari CMS membuat banyak sekali pengguna aktif website untuk mencoba Joomla. Selain itu, Joomla juga menyediakan ribuan extension dan widget yang dapat anda manfaatkan untuk kebutuhan media sosial. 

Cara menggunakan joomla

Setelah memahami pengertian dan kelebihan dari Joomla, selanjutnya masuk ke dalam topik bahasa mengenai cara menggunakan Joomla untuk pemula. Kami membagi menjadi tiga tahap awal untuk menginstall CMS ini.

      1. Login pada cPanel

Langkah yang pertama, anda dapat melakukan login pada halaman cPanel hosting. Kemudian, anda dapat memasukkan username dan password. Setelah itu anda dapat menekan buttonLog in”.

      2. Menginstal joomla

Langkah yang kedua adalah bagaimana cara menginstal Joomla. Setelah anda berhasil login melalui cPanel, anda akan diarahkan pada halaman menu cPanel. Kemudian, cari menu Softaculous App Installer untuk mencari icon Joomla. Anda juga dapat memanfaatkan fitur search yang telah disediakan oleh cPanel. 

Setelah itu, anda dapat memulai menginstal Joomla dengan menekan tombol “Install Now”. Kemudian, anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi penting seperti berikut ini:

  • Versi Joomla yang akan diinstall

Pada petunjuk ini akan menginformasikan mengenai proses instalasi versi Joomla terbaru. 

  • Memilih instalasi URL

Anda dapat memilih domain yang akan diinstall dan menentukan lokasi instalasi Joomla. Anda juga dapat mengosongkan direktori dan secara otomatis akan terinstall dalam folder public_html hosting.

  • Site Name (Nama situs)

Informasi berikutnya, anda dapat mengisi nama dari situs website anda.

  • Site Description (Deskripsi situs)

Selanjutnya, mengisi informasi deskripsi website yang akan anda buat.

  • Import Sample Data

Pada tahap ini, anda dapat memilih None atau dikosongkan saja.

  • Admin Username dan Password

Masukkan username dan password untuk dapat masuk pada halaman utama Joomla. Pastikan untuk mengisi password dengan benar dan indikator menunjukkan strong password. Supaya password anda tidak mudah untuk ditebak atau diretas oleh pengguna lain.

  • Real Name (Nama asli)

Isikan nama asli anda untuk ditampilkan di halaman dashboard Joomla.

  • Admin email

Selanjutnya, mengisikan alamat email aktif anda untuk proses verifikasi akun. 

  • Memilih bahasa (Select Language)

Dan informasi terakhir, yaitu memilih bahasa yang akan anda gunakan pada menu dashboard pada Joomla.

      3. Login pada menu halaman admin joomla

Setelah anda berhasil mengisi semua informasi tersebut, maka anda akan secara otomatis diarahkan pada menu login Joomla. Gunakan username dan password yang berhasil anda buat sebelumnya, dan klik “Log in”. Jika anda berhasil login, maka anda akan masuk pada tampilan dashboard awal Joomla.

Proses instalasi telah berhasil dan CMS siap untuk digunakan. Anda dapat mulai untuk mengeksplorasi berbagai fitur yang disediakan oleh Joomla terkait pengembangan website dan menu halaman website.

Cobalah untuk membuat artikel terlebih dahulu dan memulai untuk mempublikasikannya. Kemudian, membuat kategori dan mencoba beberapa ekstensi dan template Joomla. Jika anda masih bingung, dapat membuka forum diskusi atau tanya jawab dengan beberapa komunitas CMS yang ada di seluruh penjuru dunia.

Joomla vs wordpress

Bagi anda yang sudah sering menggunakan CMS tentu sangat mengerti mengenai kelebihan dan kekurangannya. Baik dari sisi fungsionalitas, efektivitas, maupun kualitas. Kami akan memberikan beberapa informasi penting terkait perbandingan antara dua CMS yang populer ini, yaitu Joomla vs WordPress.

Yang mana, kedua CMS tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Berikut ini merupakan beberapa poin mengenai komparasi antara kedua sistem tersebut.

      1. Dari sisi kemudahan pengguna

Untuk kedua jenis CMS ini memiliki proses instalasi yang dapat dijalankan secara otomatis, serta memiliki struktur dashboard yang mudah untuk dipahami. Namun, untuk fitur post editor dari WordPress sedikit lebih membingungkan jika dibandingkan dengan Joomla.

      2. Tampilan

Dari segi tampilan, Joomla tidak memiliki direktori template. Akan tetapi, user dapat menggunakan template yang berbeda untuk setiap halaman. Sedangkan WordPress memiliki opsi tema yang banyak. Namun, hanya bisa menggunakan satu jenis saja pada setiap halaman.

      3. SEO

Keduanya sama – sama dapat dioptimasi dengan efektif, baik dari fitur bawaan, maupun dari plugin dan ekstensinya.

      4. Sistem keamanan

Dari sisi keamanan, Joomla memiliki fitur otentikasi dua langkah built in, dan menyediakan ekstensi keamanan. Sedangkan WordPress menyediakan plugin keamanan serta memberikan pembaruan sistem keamanan pada setiap update.

      5. Bantuan atau Support 

Untuk bantuan sendiri, Joomla memiliki sumber informasi yang lebih sedikit daripada WordPress. Karena perbedaan komunitas yang jauh antara kedua CMS ini.

Nah, dari beberapa informasi tersebut, kita dapat menarik beberapa informasi penting. Yang pertama, kami merekomendasikan untuk menggunakan WordPress untuk para pengguna yang masih pemula dan belum paham mengenai konsep dasar pengembangan website. 

Jika anda yang sudah mahir dan sering menggunakan CMS, kami menyarankan untuk menggunakan Joomla. Namun, tidak menutup kemungkinan anda dapat menggunakan kedua sistem ini. Karena keduanya sangat mudah untuk digunakan apabila anda tidak ingin untuk membuat situs web dengan coding sendiri.

Baca juga: Drupal adalah: Pengertian, Fungsi, dan Keunggulan yang Dimiliki

Kesimpulan

  • Joomla adalah Content Management System yang terbentuk dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan sistem basis data MySQL. 
  • Keunggulan dari sistem manajemen konten ini adalah mudah untuk digunakan, fleksibilitas, SEO friendly, bersifat open source, membuat blog simple, dan sangat cocok untuk pembuatan website e-commerce.
  • Cara menggunakan Joomla untuk pemula adalah dengan masuk pada cPanel, kemudian menginstal Joomla, dan login pada menu halaman admin Joomla. 

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan website di Malang untuk mengembangkan produk aplikasi custom dan menyesuaikan kebutuhan bisnis anda. Anda tertarik dengan layanan kami? silahkan hubungi kontak kami.

Related Article

BACK OFFICE
  • Internal Audit
  • Document Management
  • Visitor Management
  • Event Management
  • E Office
PRODUCTION
  • Production & Manufacture
  • Regulatory Affair
  • Research Development
  • Quality Control
BUSINESS & OPERATIONS
  • Fleet Management
  • Marketplace & E-Commerce
  • Inventory Planning
  • Accounting
  • Expedition & Logistic
  • Point of Sales
OTHER
  • Academic
  • Rapor Online
  • E-Learning
  • Hospital
  • Credit Union
  • Perizinan Online

Copied To Clipboard

Bagikan Ke:

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email