• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Cloud Computing: Pengertian, Fungsi, 4 Jenis, dan Cara Kerja

Daftar Isi
Daftar Isi

Kebutuhan akan data menjadi sangat penting di dunia IT, khususnya untuk perusahaan atau startup yang bergerak di bidang teknologi dan digital. Untuk itulah, perlu adanya sebuah wadah atau tempat untuk menyimpan berbagai informasi dan data dalam kapasitas yang besar.

Untuk menangani hal tersebut, saat ini telah diciptakan terobosan terbaru dengan memanfaatkan jaringan internet yang dinamakan dengan cloud computing. Istilah tersebut tentu saat ini sudah tidak asing bagi pengguna media internet.

Sehingga, banyak yang menggunakan penyimpanan berbasis cloud, daripada menggunakan penyimpanan yang berbasis konvensional. Bagi yang belum mengetahui apa itu cloud computing, kami akan memberikan pemaparannya mulai dari pengertian, hingga cara kerjanya.

Pengertian Cloud Computing

Ilustrasi cloud computing
Ilustrasi Cloud Computing (from Pexels)

Cloud computing merupakan istilah dari bahasa Inggris yang berarti komputasi awan. Untuk istilah ‘awan’ merupakan metafora dari internet.

Jadi, definisi yang sebenarnya dari cloud computing adalah sebuah proses pengolahan sistem daya komputasi, melalui jaringan internet yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan komputer lain, dalam waktu yang sama.

Sehingga, komputasi awan sendiri juga termasuk dalam teknologi yang menjadikan internet sebagai center of server untuk mengelola data pengguna (user). Dengan menggunakan cloud computing, maka Anda tidak perlu meng-install sebuah aplikasi secara manual, dan memudahkan dalam mengakses informasi melalui internet.

Manfaat Cloud Computing

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang dimiliki oleh komputasi awan, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Media Penyimpanan Pada Server Secara Terpusat

Manfaat yang pertama adalah menjadi tempat penyimpanan berbagai informasi dalam bentuk dokumen atau data secara tersistem dan terpusat. Anda hanya cukup menggunakan satu aplikasi server saja dan tidak memerlukan proses instalasi.

2. Sebagai Pusat Keamanan Data

Manfaat yang kedua adalah cloud computing menyediakan fitur keamanan yang jauh lebih baik daripada model penyimpanan konvensional. Karena, pusat keamanan data dikelola langsung oleh perusahaan raksasa yang mempunyai resource dan big data yang kompleks. 

3. Tahan Lama dan Tidak Membutuhkan Biaya yang Besar

Manfaat yang terakhir adalah tidak memerlukan biaya yang besar, karena banyak sekali akses cloud computing yang bersifat free dan tidak dikenakan biaya tambahan. Sebagai contoh adalah penggunaan media sosial dan aplikasi pengelola email.

Baca juga: Server: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Manfaat

Fungsi Cloud Computing

Terdapat banyak sekali fungsi yang dimiliki oleh komputasi awan, berikut ini kami merangkum menjadi tiga fungsi utama dari penggunaan cloud computing untuk membantu aktivitas pengguna.

1. Meningkatkan Kapasitas Penyimpanan Data

Dengan menggunakan komputasi awan, maka kapasitas penyimpanan menjadi lebih lebih besar daripada Anda menggunakan penyimpanan dalam sebuah perangkat misalnya flashdisk, hardisk, dan lain sebagainya. Teknologi cloud dapat menyimpan berbagai informasi Anda dengan bantuan media internet. 

Jadi informasi anda akan tersimpan di dalam database internet yang menggunakan teknologi big data. Contoh dari penggunaan penyimpanan berbasis cloud, adalah Google Cloud.

2. Meningkatkan Kinerja Stakeholder

Fungsi yang kedua, dengan menggunakan penyimpanan berbasis cloud, maka kinerja dari setiap pemangku kepentingan sebuah bisnis akan menjadi lebih produktif dan optimal. Dimana, setiap tim atau departemen dapat saling terhubung dalam waktu yang bersamaan dan dapat menghemat resource yang ada. 

3. Mendapatkan Pembaharuan Sistem Secara Berkala (Up to Date)

Fungsi yang ketiga ini merupakan keunggulan dan ciri khas dari cloud computing. Jadi, untuk mengatasi berbagai kekurangan yang ada dan mengikuti perkembangan tren di era teknologi berbasis digital, maka sistem akan terus melakukan pembaharuan basis data secara berkala. 

Update tersebut memiliki tujuan untuk meningkatkan keamanan, kemudian meningkatkan fitur untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna internet di seluruh dunia. Sehingga, setiap proses penyimpanan menjadi lebih aman, efektif, dan mempunyai kredibilitas yang tinggi. 

Jenis-Jenis Cloud Computing

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari cloud computing, selanjutnya masuk pada jenis atau tipe – tipe dari teknologi cloud computing. Jika dilihat dari sistem penggunaan atau hak aksesnya, komputasi awan terbagi menjadi empat jenis, berikut merupakan penjelasannya.

1. Public Cloud

Public cloud computing adalah penyimpanan setiap data dan informasi pada media internet dengan model layanan yang menggunakan hak akses secara publik. Yang berarti, Anda dapat menggunakan setiap fitur dan layanan secara gratis dan tidak memerlukan biaya.

Contoh dari public cloud computing sendiri adalah media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan lain – lain. Kemudian, pada layanan berbasis email, adalah Gmail, Yahoo, dan Hotmail. Akan tetapi, public cloud juga memiliki kelemahan, yaitu sistem keamanan yang mudah diretas dan mengambil data personal user untuk diperjualbelikan.

2. Private Cloud

Private cloud merupakan pemakaian teknologi cloud untuk kepentingan suatu organisasi atau perusahaan saja yang bersifat private. Biasanya, digunakan untuk kebutuhan bisnis agar lebih mudah dan cepat dalam menghubungkan komunikasi antar tim.

Untuk penerapannya sendiri hanya dapat digunakan oleh stakeholder dalam perusahaan atau organisasi yang sama. Maka dari itu, private cloud computing memiliki sistem keamanan yang lebih baik daripada public cloud computing.

3. Community Cloud

Community cloud merupakan sistem penyimpanan berbasis awan yang digunakan untuk kepentingan sebuah komunitas atau institusi. Community cloud dapat dikelola secara internal maupun menggunakan bantuan pihak ketiga, sehingga dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan dan dapat ditanggung oleh kedua belah pihak.

4. Hybrid Cloud

Hybrid cloud adalah gabungan dari private dan public cloud computing, yang mana layanan ini biasanya diterapkan pada sebuah institusi. Layanan ini juga termasuk ke dalam Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C).

Struktur Cloud Computing

Selanjutnya, masuk pada materi pembahasan mengenai struktur apa saja yang dimiliki oleh komputasi awan.

1. Computer Front End

Computer front end merupakan komputer desktop yang muncul pada halaman depan interface (antarmuka). Yang mana, dalam hal ini merupakan sisi dari client dan sistem cloud computing. Yang kemudian akan disesuaikan dengan kebutuhan fungsi dari setiap interface -nya.

2. Computer Back End

Computer back end adalah komputer untuk melayani kebutuhan penyimpanan data dalam jumlah yang besar, contohnya adalah komputer server dan data center. Biasanya, computer back end menangani kinerja dan kebutuhan pengelolaan basis data berkapasitas tinggi.

3. Computer Front and Back End (Hybrid)

Struktur yang ketiga ini berfungsi untuk menghubungkan antara dua komputer diatas. Dimana, memungkinkan untuk dapat bertukar informasi dan data secara cepat dan akurat. Contoh dari device ini adalah LAN (Local Area Network) dan Internet.

Cara Kerja Cloud Computing

Cara kerja cloud computing
Cara Kerja Cloud Computing (from knoldus blog)

Untuk teknologi cloud computing sendiri menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelola sebuah data. Sistem sangat memudahkan user dalam mendaftar dan masuk pada aplikasi tanpa perlu meng-install nya terlebih dahulu.

Karena tidak memerlukan proses instalasi, maka penyimpanan dilakukan secara virtual. Sehingga tidak membebani penggunaan memori pada perangkat komputer client.

Kemudian, Anda dapat menjalankan berbagai perintah yang ada pada menu tampilan antarmuka dan selanjutnya akan diproses oleh server aplikasi.

Contoh Cloud Computing

Terdapat tiga layanan cloud yaitu SaaS (Software as a Service), PaaS (Platform as a Service), dan IaaS (Infrastructure as a Service). Berikut contoh dari Saas, PaaS, dan Iaas:

1. SaaS (Software as a Service)

Layanan SaaS mempermudah pengguna dalam mengakses software atau aplikasi tanpa memperhitungkan media penyimpanan untuk menyimpan ataupun memasang aplikasi.

Layanan Cloud menjamin menjamin realibility aplikasi yang disediakan oleh layanan Saas. Office 365 merupakan contoh layanan cloud SaaS.

2. IaaS (Infrastructure as a Service)

Penggunaan layanan IaaS dapat menghemat biaya karena semua telah disediakan oleh layanan cloud. Layanan ini disediakan dengan memberikan sumber daya computing infrastructure secara menyeluruh ,meliputi server hingga ruangan data center. Contoh IaaS service provider adalah Google Compute Engine dan Azure.

3. PaaS (Platrform as a Service)

Layanan cloud PaaS berbentuk platform yang difungsikan untuk membuat aplikasi atau software. Dengan menggunakan layanan ini, Anda tidak perlu memperhitungkan pemeliharaan, sehingga Anda bisa fokus pada proses software development.

Contoh penyedia layanan PaaS adalah Google Cloud Platform dan IBM Bluemix.

Baca juga: Panduan Lengkap untuk Menentukan Komputer Server yang Tepat

Kesimpulan

  • Cloud computing adalah sebuah proses pengolahan komputasi data dengan bantuan jaringan internet untuk menyimpan kebutuhan informasi berskala besar.
  • Jenis dari komputasi awan terbagi menjadi empat, yaitu private, public, community, dan hybrid cloud.
  • Struktur dari komputasi awan terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu computer back end, front end, dan hybrid.

Itulah tadi artikel mengenai cloud computing yang dapat kami sampaikan!

Dapat disimpulkan bahwa menggunakan layanan cloud computing membuat pembuatan dan pengelolaan website menjadi lebih fleksibel, efisien, dan dapat diakses dari mana saja.

Sekawan Media siap membantu Anda membuat website sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Kami menyediakan jasa pembuatan website dengan desain eksklusif dan user friendly, SEO friendly dan menggunakan teknologi terbaru.

Yuk kunjungi website Sekawan Media atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: