• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Apa itu PaaS? – Contoh & Perbedaannya dengan SaaS dan IaaS

Daftar Isi
Daftar Isi

Dalam era digital ini, teknologi cloud computing menjadi fondasi utama untuk memberdayakan inovasi, fleksibilitas, dan efisiensi dalam dunia bisnis, salah satunya adalah PaaS.

Lantas, apa itu PaaS? PaaS atau Platform as a Service adalah salah satu konsep yang memainkan peran krusial dalam cloud.

Dalam artikel ini, Anda akan mengenal apa itu Platform as a Service, contoh, dan juga perbedaannya dengan SaaS dan IaaS. Mari simak artikelnya berikut in!

Apa itu PaaS?

Ezgif. Com webp maker 1
Ilustrasi PaaS | Sumber: elitery.com

Platform as a Service adalah model layanan cloud computing yang menyediakan platform untuk membangun, menguji, dan mengelola aplikasi tanpa perlu mengurus kompleksitas infrastruktur di baliknya.

Dengan kata lain, PaaS menyediakan semua fasilitas, termasuk jaringan, penyimpanan, sistem operasi, basis data, hingga server, akan di-host oleh penyedia Platform as a Service alias pihak ketiga.

Adapun fasilitas-fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan dengan membayar biaya bulanan yang dapat disesuaikan. Nah, biaya bulanan ini dihitung berdasarkan kapasitas penggunaan saja.

Oleh karena itu, developer dapat merawat, menerapkan, memperbaiki, mengembangkan, dan menguji aplikasi dengan efisien tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Manfaat PaaS

Selain untuk pengembangan aplikasi, layanan Platform as a Service juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lain, seperti:

1. Business Analytics and Intelligence

Membantu perusahaan dalam memperoleh wawasan dan analisis data. Upaya ini sangat bermanfaat untuk merumuskan tindakan dan keputusan perusahaan di masa depan.

2. Internet of Things

Platform as a Service memberikan dukungan untuk berbagai bahasa pemrograman, lingkungan aplikasi, hingga IoT atau Internet of Things.

3. API Development and Management

Perusahaan dapat memanfaatkan Platform as a Service untuk mengelola dan mengembangkan antarmuka pemrograman aplikasi atau API, termasuk layanan mikro.

Perbedaan antara PaaS, SaaS, dan IaaS

Organisasi atau perusahaan memiliki berbagai variasi pilihan untuk memanfaatkan layanan cloud ini sesuai dengan kebutuhan mereka.

Platform as a Service, Software as a Service, dan Infrastructure as a Service adalah tiga model layanan utama sebagai penawaran tingkat abstraksi dan kendali di dunia IT.

Lantas, apa perbedaan PaaS dengan SaaS dan IaaS? Mari kita jelajahi perbedaan dasar di antara ketiga model layanan ini.

1. PaaS

Dalam Platform as a Service, penyedia layanan menyediakan platform pengembangan yang melibatkan alat dan layanan untuk membangun, menguji, dan mengelola aplikasi. 

Platform ini mencakup middleware, database, dan alat pengembangan yang diperlukan untuk mendukung kebutuhan pengembangan aplikasi.

2. SaaS

Dalam Software as a Service, aplikasi disajikan dan diakses melalui internet. Pengguna tidak perlu khawatir tentang infrastruktur, pemeliharaan, atau pembaruan perangkat lunak karena semua aspek tersebut dikelola oleh penyedia layanan. 

Model layanan ini memberikan kenyamanan bagi pengguna dengan membebaskan mereka dari tanggung jawab operasional yang terkait dengan penggunaan aplikasi tersebut.

3. IaaS

Terakhir, Infrastructure as a Service merujuk pada layanan di mana penyedia menyediakan sumber daya infrastruktur, seperti server virtual, penyimpanan, dan jaringan melalui internet. 

Model layanan ini menawarkan tingkat fleksibilitas tinggi dengan pembayaran berbasis penggunaan dan kemampuan skalabilitas yang dapat disesuaikan sesuai permintaan.

Keuntungan PaaS

Jika Anda masih mempertimbangkan ingin menggunakan model layanan ini, ketahui terlebih dahulu keuntungan dari Platform as a Service berikut ini:

1. Efisiensi Biaya

Dalam model Platform as a Service, penyedia layanan cloud computing bertanggung jawab atas manajemen infrastruktur dan aspek teknis lainnya, menghasilkan penghematan biaya bagi pengguna dalam hal pembelian dan pemeliharaan infrastruktur. 

Biaya yang dikenakan oleh penyedia layanan umumnya didasarkan pada penggunaan (pay-as-you-go), memungkinkan pengguna hanya membayar sesuai dengan seberapa banyak layanan yang mereka gunakan.

2. Kemampuan Skalabilitas

Platform as a Service memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan ukuran dan kapasitas lingkungan yang mereka gunakan untuk pengembangan dan penyebaran aplikasi. 

Ini memberikan fleksibilitas untuk memenuhi perubahan kebutuhan bisnis. Dalam lingkungan Platform as a Service, pengguna dapat dengan mudah menambahkan atau mengurangi sumber daya, seperti kapasitas server dan penyimpanan, sesuai dengan kebutuhan aplikasi.

3. Efisiensi dan Produktivitas Tinggi

Platform as a Service menyediakan lingkungan pengembangan yang siap pakai, memungkinkan pengguna untuk memulai pengembangan aplikasi dengan cepat. 

Alat dan bahasa pemrograman yang disertakan dapat mempercepat proses pengembangan, meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam pengembangan aplikasi.

4. Keamanan yang Terjamin

Umumnya, Platform as a Service menyediakan lapisan keamanan untuk lingkungan pengembangan dan aplikasi, termasuk perlindungan terhadap serangan siber dan manajemen akses. 

Penyedia layanan juga biasanya mengelola pembaruan keamanan dan melakukan pemantauan terhadap ancaman keamanan pada infrastruktur.

5. Manajemen Infrastruktur yang Otomatis

Dalam lingkungan Platform as a Service, penyedia layanan cloud computing mengurus manajemen infrastruktur dan pemantauan, termasuk pemeliharaan sistem operasi, server, dan database

Hal ini memungkinkan pengguna untuk fokus pada pengembangan aplikasi dan konten, tanpa perlu khawatir tentang aspek teknis yang kompleks.

Contoh PaaS

Terdapat beberapa contoh dari model layanan Platform as a Service. Berikut adalah beberapa contoh Platform as a Service:

1. Microsoft Azure App Service

Azure
techcrunch.com

Azure App Service adalah contoh PaaS yang menyediakan platform lengkap untuk membangun, menerapkan, dan skala aplikasi web, dan mobile

Platform as a Service Ini mencakup alat pengembangan, runtime, dan integrasi dengan layanan lain seperti basis data dan keamanan.

2. Google App Engine

Ezgif. Com webp maker 2
basarsoft.com.tr

Google App Engine adalah layanan Platform as a Service dari Google Cloud Platform yang memungkinkan pengembang untuk membangun dan menerapkan aplikasi tanpa khawatir tentang infrastruktur di baliknya. 

Contoh Platform as a Service yang satu ini mendukung beberapa bahasa pemrograman dan otomatisasi otomatisasi aspek hosting.

3. Heroku

Ezgif. Com webp maker 3
softwareadvice.co.uk

Heroku adalah platform cloud PaaS yang populer untuk pengembangan dan penerapan aplikasi. Melalui Heroku, pengembang dapat dengan mudah mengelola aspek infrastruktur, seperti server dan database, sehingga dapat fokus pada pengembangan aplikasi.

Itulah dia penjelasan lengkap terkait apa itu Platform as a Service, contoh, keuntungan, dan perbedaannya dengan SaaS dan IaaS.

Platform as a Service memainkan peran krusial dalam memfasilitasi pengembangan aplikasi yang cepat dan efisien di era cloud computing

Dengan menyediakan platform lengkap untuk pengembangan, Platform as a Service memungkinkan organisasi untuk mencapai inovasi lebih cepat dan dengan lebih sedikit kompleksitas. 

Sementara PaaS, SaaS, dan IaaS masing-masing memiliki peran unik dalam ekosistem cloud, Platform as a Service tetap menjadi pilihan utama untuk pengembang yang ingin mempercepat pengembangan aplikasi mereka.

Anda juga menggunakan kombinasi dari ketiga model layanan ini atau dikenal sebagai model hybrid cloud untuk memenuhi kebutuhan yang beragam dan mencapai keseimbangan antara kontrol dan kenyamanan.

Jika Anda memerlukan layanan SaaS untuk kebutuhan bisnis, Sekawan Media dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda.

Sekawan Media menawarkan aplikasi E-Office, Audit Management, Learning Management, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, segera kunjungi website Sekawan Media atau hubungi customer service kami untuk informasi selengkapnya sekarang juga!

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: