• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

5+ Contoh Website Pemerintah, Ketahui Manfaat dan Isinya!

Daftar Isi
Daftar Isi
Website menjadi komponen penting dalam pemerintah guna menyampaikan informasi kepada masyarakat. Yuk, simak beberapa contoh website pemerintah Indonesia dengan tampilan menarik!

Dengan semakin berkembangnya teknologi yang ada saat ini, hampir semua informasi dan berita didapatkan melalui media digital termasuk informasi mengenasi pemerintahan atau daerah.

Oleh karenanya, website pemerintah merupakan aspek yang penting saat ini sebagai media untuk menyampaikan informasi penting yang harus diketahui masyarakat.

Simak penjelasan lengkap mengenai contoh website pemerintahan pada uraian di bawah ini! 

Apa itu Website Pemerintah?

Website pemerintah adalah sebuah situs resmi yang berisi informasi mengenai suatu daerah pemerintahan. Biasanya, situs resmi pemerintah terdiri atas kumpulan informasi penting yang disusun atas halaman-halaman website milik pemerintah.

Saat ini, hampir semua daerah pemerintahan di Indonesia memiliki website, mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan, hingga desa. 

Melansir dari situs peraturan bpk, pembuatan website pada tiap daerah selaras dengan Instruksi Presiden nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-government.

Melalui Inpres ini, presiden memerintahkan tiap lembaga negara untuk membangun website guna meningkatkan kualitas layanan publik sehingga bisa lebih efisien dan efektif.

Adanya website resmi meruapakan wujud implementasi prinsip dari instansi pemerintah, yaitu transparansi dan kecepatan agar tersampaikannya seluruh informasi yang dibutuhkan masyarakat, seperti tata cara yang diperlukan untuk mengurus dokumen-dokumen penting.

Manfaat Website Pemerintah

Sejatinya, tujuan website pemerintahan adalah mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Namun di samping itu, ada beberapa manfaat pembuatan website pemerintah yang perlu anda ketahui, berikut uraiannya:

1. Sebagai Media Aspirasi Masyarakat 

Website pemerintah merupakan media pengaduan aspirasi masyarakat kepada pemerintah secara online. Sistem pengaduan masyarakat yang dilakukan secara digital dapat mempermudah pemerintah pun masyarakat. 

Pemerintah dapat dengan mudah mengecek dan memproses aspirasi dan pengaduan yang telah disampaikan oleh masyarakat. Selain itu masyarakat juga dimudahkan aksesnya sehingga tidak perlu bepergian jauh untuk menyampaikan aspirasinya.

2. Sarana Penyampaian Informasi

Sebelum adanya internet, informasi yang disampaikan oleh pemerintah sulit untuk mejangkau semua lapisan masyarakat di pelosok daerah.

Dengan berkembangnya internet saat ini, pemerintah dapat dengan mudah menyampiakan informasi penting. Informasi tersebut disampaikan mealului latform digital seperti aplikasi, sosial media, dan website.

3. Membantu Mengenal Struktur Pemerintah Daerah

Seringkali masyarakat tidak familiar dengan pemimpin daerahnya masing-masing, maka dari itu dibutuhkan media yang dapat digumakam untuk membantu masyarakat mengenal pemerintah daerahnya.

Kini, banyak website yang berisi struktur pemerintah daerah yang dapat membantu masyarakat untuk mengenal pemangku jabatan pada daerahnya beserta fungsi dan tugas-tugasnya.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Website Company Profile

4. Media Promosi

Umumnya, pada website pemerintah terdapat halaman yang khusus membahas objek wisata dan potensi yang ada pada daerah.

Halaman ini berfungsi mempromosikan objek dan potensi daerah tersebut. Promosi ini berguna untuk menyebarkan informasi dan menarik minat wisatawan dan masyarakat luas untuk mengunjungi atau memiliki pengetahuan objek wisata tersebut. 

Melakukan promosi pada website pemerintah merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan menaikkan exposure objesk wisata pada daerah masing-masing.

Daftar Isi Website Pemerintah

Berikut ini beberapa informasi yang umumnya dapat anda temui pada website pemerintah:

1. Profil Daerah 

Pada bagian ini, biasanya anda akan menemui informasi seputar:

  • Informasi mengenai daerah
  • Letak geografis
  • Sejarah
  • Jumlah Kabupaten/Kota
  • Motto
  • Arti lambang
  • Visi Misi
  • Kesesian atau Kebudayaan, dll

2. Informasi Mengenai Pemerintahan Daerah

Pada bagian ini, biasanya anda akan menemui informasi Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) pemerintah daerah. Selain itu, juga terdapat informasi mengenai alamat lengkap lokasi pemerintahan daerah beserta kedudukan resminya berdasarkan UU Republik Indonesia.

3. Kebijakan Daerah

Dalam website pemerinthan juga terdapat informasi mengenai Peraturan Daerah yang selanjutnya akan disosialisasikan kepada masyarakat luas.

4. Layanan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat

Pada situs resmi pemerintah biasanya terdapat kolom lapor masyarakat yang difungsingkan untuk menampung aspirasi dan pengaduan dari masyarakat. Selain pengaduan, disediakan juga kolom kritik dan saran untuk pemerintah daerah.

5. Media Kampanye

Website pemerintah biasanya juga membagikan program-program yang berguna bagi masyarakat. Seperti contoh program KIP, program pola hidup sehat, program KB, dan program-program lainnya.

Dengan mengunggah informasi tersebut pada website, dapat mempermudah masyarakat untuk megakses materi sosialisasi. Selain itu juga mempermudah pemerintah dalam melakukan sosialisasi juga memantau progres program tersebut pada masyarakat.

6. Media Interaksi antara Pemerintah dan Masyarakat

Penyajian konten website yang interaktif dan menarik dapat membangun interaski yang baik antara masyarakat dan pemerintah.

Penggunaan bahasa konten yang friendly namun engage, secara tidak langung dapat meingkatkan kualitas interaksi antara pemerintah dan masyarakat.

Selain itu, antar pemerintah juga berpotensi melakukan kolaborasi dalam berbagai bidang, baik bidang infrastruktur, wisata, dan lain sebagainya.

Baca juga: 11+ Cara Mempercepat Loading Website, Mudah dan Ampuh!

6 Contoh Website Pemerintah Indonesia

Di Indonesia sendiri sudah banyak daerah dan instansi yang membuat website. Website masing-masing daerah dan instansi memiliki keunikan sendiri sesuai dengan ciri khasnya masing-masing. Berikut beberapa contoh website pemerintah:

1. Dinas Pariwisata

a. Banyuwangi Tourism 

Contoh website pemerintah dinas pariwisata banyuwangi
contoh website pemerintah Dinas Pariwisata Banyuwangi

Contoh website pemerintah yang pertama adalah website banyuwangi tourism memiliki desain yang simple dengan dominasi warna putih namun infromatif.

Pada bagian header terdapat logo beserta menu yang mengarah ke halaman-halaman dalam website tersebut. Kemudain dibawahnya terdapat hero section yang berisi sekilas informasi mengenai wisata sataupun informasi lainnya. 

Setelah itu juga terdapat event-event yang ada di Banyuwangi beserta rincian tanggal dan jam. Lalu terdapat inti konten website yaitu daftar rekomendasi destinasi yang wajib untuk dikunjungi.

Ada juga konten promosi dan berita update seputar pariwisata di Banyuwangi. Yang terakhir pada bagian footer terdapat fitur-gitur lain beserta kontak informasi.

b. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta 

Contoh website pemerintah dinas pariwisata yogyakarta
Contoh Website Pemerintah Dinas Pariwisata Yogyakarta

Contoh website pemerintah selanjutnya dalah website Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta memiliki desain yang simple dengan dominasi warna hijau.

Pada bagian header terdapat logo beserta menu dalam website tersebut. Kemudain dibawahnya terdapat hero section yang berisi sekilas informasi mengenai event-event yang sudah, sedang, dan akan berlangsung di Yogyakarta.

Setelah itu juga terdapat berita-berita update seputar pariwisata dan event di Yogyakarta. Yang terakhir pada bagian footer terdapat fitur-gitur lain beserta kontak informasi. Yang menarik pada website ini terdapat polling kepuasan dan statistik pengunjung.

2. Lembaga Pemerintahan

a. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 

Contoh website pemerintah kpk
contoh website pemerintah KPK

Contoh website pemerintah lembaga pemerintahan adalah website Komisi Pemberantasan Korupsi memiliki desain yang ssederhana dengan dominasi warna merah dan hitam.

Pada bagian header terdapat logo beserta menu dalam website. Kemudain dibawahnya terdapat hero section yang berisi newsflash seputar KPK.

Terdapat section siaran pers dan opini publik di bawah hero section. Selain itu disediakan juga jadwal kegiatan KPK dan sidang tipikor. Terakhir pada bagian footer tersedia informasi seputar KPK, Indeks Berita, Layanan Publik, Publikasi, dan Informasi Kontak.

Website KPK bisa dibilang memiliki keunggulan dalam penyajian data dan kecepatan akses sehingga dinobatkan sebagai juara e-Transparency Award.

b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 

Contoh website pemerintah kemendikbud
contoh website pemerintah kemendikbud

Contoh website pemerintah selanjutnya yaitu website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki desain yang juga sederhana dengan dominasi warna biru dan kuning.

Pada bagian header terdapat logo, menu, dan search bar pada website. Kemudain di bawahnya terdapat hero section yang berisi informasi mengenai Kemendikbud.

Pada bagian konten terdapat informasi publik, pengumuman, berita, siaran pers, dan berbagai informasi penting lainnya. Website Kemendikbud pun berhasil meraih gelar “website progresif” pada gelaran e-Transarency Awards.

3. Daerah/Wilayah

a. Kota Jakarta

Contoh website pemerintah kota jakarta
Contoh website pemerintah kota jakarta

Contoh website pemerintah selanjutnya merupakan situs web Kota Jakarta dengan tampilan yang minimalis dan didominasi warna ungu.

Pada halaman pertamanya, tertulis tagline “Sukses Jakarta untuk Indonesia” disertai dengan logo Kota Jakarta di atasnya.

Kemudian, di bagian atas, ada juga navigasi yang berisi informasi mengenai Kota Jakarta, Layanan, Jelajah Jakarta, PPID, dan Pusat Media.

b. Provinsi Jawa Timur

Contoh website pemerintah provinsi jawa tengah
Contoh website pemerintah provinsi jawa tengah

Jawa Timur hadir dengan website yang menampilkan foto mengenai ikon wisata unggulannya, Candi Borobudur.

Pada navigasi di bagian atas, terdapat menu Home, E-Polling, PPID, Berita, Profil, Direktori, Transparansi, dan Webmail.

Baca Juga: Rekomendasi Website Builder Bagi Pemula yang Ingin Memulai Bisnis

Itulah artikel mengenai pengertian, tujuan, isi, dan contoh website pemerintah Indonesia yang bisa kamu ketahui.

Dapat disimpulkan bahwa website pemerintah saat ini merupakan platform yang sangat dibutuhkan untuk mempromosikan budaya suatu daerah, membagi informasi, menampung aspirasi, serta sebagai sarana penyampaian kritik dan saran pada pemerintah.

Mungkin saat melihat beberapa contoh website pemerintah, pernah terlintas pertanyaan di kepala mengenai “Kenapa website pemerintah jelek?”

Nah, sekarang, tidak perlu khawatir. Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan website pemerintah dengan tampilan yang responsif, modern, dan minimalis, serta disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Segera hubungi kami untuk mengetahui rincian biaya pembuatan website pemerintah!

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: