• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Brand Persona adalah: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Daftar Isi
Daftar Isi

Ketika akan memasarkan sebuah produk, hal pertama yang perlu dipikirkan adalah pandangan dari konsumen atau pelanggan mengenai sebuah produk yang akan dipasarkan. Hal tersebut penting karena akan berhubungan dengan target pasar yang dituju.

Membangun identitas sebuah brand sangat penting sebagai salah satu strategi pemasaran. Identitas merek yang dimaksud adalah citra produk atau brand persona. Citra produk adalah cara yang digunakan agar karakteristik sebuah brand dapat ditonjolkan.

Brand persona merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah branding dan marketing sebuah produk. Mengapa brand persona penting? Penjelasan lengkap mengenai citra produk akan dibahas pada artikel berikut.

Apa itu Brand Persona?

Brand persona adalah gambaran atau citra tentang personalitas sebuah brand atau perusahaan. Identitas, nilai-nilai perusahaan, dan target pasar yang dituju adalah hal dasar pembuatan citra sebuah produk. Brand persona biasa disebut juga dengan brand personality atau citra produk.

Singkatnya, brand personality adalah karakteristik yang melekat pada sebuah nama brand. Citra produk akan meningkatkan brand equity (nilai yang dimiliki lebih dari kompetitor). Dengan hal tersebut, brand akan semakin dekat dengan pelanggan sesuai targetnya.

Tujuan brand persona adalah untuk membangun hubungan emosional antara pelanggan dengan perusahaan. Dengan membangun hubungan emosional tersebut, pelanggan akan merasa lebih dekat dan terhubung dengan perusahaan. 

Manfaat Brand Persona

Salah satu manfaat brand personality adalah memberikan karakteristik pada sebuah brand. Selain itu, citra sebuah produk juga membantu membangun kepercayaan dari pelanggan. 

Misalnya, ketika membahas mengenai air minum kemasan, secara otomatis kita menyebutkan merek Aqua. Hal tersebut merupakan salah satu manfaat dari brand personality, yaitu memberikan identitas terhadap sebuah brand.

Adapun beberapa manfaat dari brand personality untuk bisnis adalah sebagai berikut:

1. Mudah Dikenal Pelanggan

Citra produk memberikan identitas dan karakteristik yang unik sehingga pelanggan mudah mengenali sebuah brand. Karakter yang digunakan tentu memiliki ciri khas yang membuat pelanggan mudah mengingat sebuah brand. Alhasil, hal ini pun dapat meningkatkan brand awareness.

2. Mendekatkan Brand dan Pelanggan

Manfaat dari citra produk ini sangat penting karena dapat memberikan efek baik pada sebuah brand. Dengan citra produk yang baik, akan dapat memahami pelanggan dengan baik dan membantu untuk membangun komunikasi yang efektif.

3. Membedakan Diri dengan Kompetitor

Citra produk juga dapat membantu sebuah merek untuk tampil berbeda dengan kompetitornya sesuai dengan unique selling point yang dimiliki.

Dengan demikian, karakter unggul sebuah brand dapat ditampilkan agar pelanggan dapat membedakan sebuah produk, serta membantu memperkuat positioning-nya di hadapan kompetitor lain.

Baca Juga: Apa itu STP Marketing? Ini Manfaatnya untuk Bisnis!

4. Memudahkan Proses Komunikasi

Dengan adanya citra produk ini, membuat proses komunikasi akan lebih mudah dan terjalin dengan baik antara konsumen. Oleh karena itu, konsumen akan dengan mudah menerima pesan yang disampaikan oleh sebuah brand.

5. Membantu Pemasaran Produk

Sebelum menjalankan strategi pemasaran atau marketing strategy, tim marketing akan menentukan terlebih dahulu gambaran atau citra dari sebuah produk. Apakah penting sebuah brand harus memiliki brand personality?

Tentu sangat penting. Citra produk tentunya akan mampu membawa sebuah brand untuk mendapatkan hasil yang lebih baik saat melakukan komunikasi dengan target pasar dari produk yang ditampilkan.

Brand persona dari produk Apple telah mencuri perhatian publik pada tahun 2006. Campaign dari Apple tersebut adalah “Get a Mac” yang berhasil memberikan pandangan yang baik tentang produk Apple.

Hal tersebutlah yang menyebabkan citra produk sangat penting dalam marketing atau pemasaran sebuah produk. Citra produk membantu sebuah brand untuk menciptakan image perusahaan yang baik bagi konsumen.

Dimensi Brand Persona

Bentuk dari brand personality sangat bermacam-macam sesuai dengan karakter yang dimiliki sebuah brand. Berikut ini adalah dimenasi penting dari citra produk yang dibedakan berdasarkan perilaku manusia.

  • Caregiver bersifat empati dan baik hati.
  • Competent adalah pimpinan berpengaruh dapat membantu menggaet pelanggan.
  • Excited adalah persona yang bersemangat dan senang melakukan apa saja.
  • Rugged adalah persona dengan kecenderungan berotot, atletis, dan tangguh.
  • Sophisticated adalah persona yang memancarkan keanggunan.

Contoh Brand Persona

Bentuk dari citra produk sangat beragam. Contoh dari jenis-jenis brand persona, antara lain kepribadian sebuah brand, penggunaan maskot, dan brand ambassador dari selebriti atau influencer.

Setiap brand tentu memiliki strategi dan pendekatan yang berbeda dalam membangun dan mempromosikan sebuah brand. Brand persona template biasa digunakan oleh berbagai produk untuk salah satu cara dari strategi pemasaran.

Berikut ini adalah beberapa contoh citra produk dari berbagai brand di dunia.

1. Nokia – Connecting People

Produk nokia berupa handphone yang memberikan perkembangan teknologi
From Unsplash

Nokia berhasil membangun sebuah citra produk dengan kuat. Produk yang dihasilkan oleh Nokia berhasil membawa perubahan dengan memberikan fasilitas yang mampu menyambungkan banyak orang dengan sebuah teknologi.

2. Coca Cola – Share Happiness

Coca cola memiliki brand persona dengan membagikan kebahagiaan
From Unsplash

Coca cola merupakan sebuah merek yang berhasil membangun citra produk dengan kuat dan konsisten. Brand persona Coca Cola fokus pada kebahagiaan dan kesenangan sehingga berhasil menciptakan mereka dengan image yang ramah, ceria, dan optimis.

3. Tesla – Innovative Pioneer

Produk tesla berupa mobil listrik
From Unsplash

Karakteristik citra produk dari Tesla adalah membuat produk yang dapat mencerminkan inovasi, kepemimpinan, dan transformasi di bidang otomotif. Tesla menonjolkan teknologi yang canggih dan visioner. 

4. Nike – Empowering Athlete

Sepatu merek nike berwarna merah
From Unsplash

Citra produk yang diciptakan Nike adalah dengan menggambarkan konsumen atau pelanggan sebagai seorang atlet yang semangat dan kuat untuk mencapai sebuah prestasi. Nike menunjukkan motivasi, kegigihan, dan kemampuan untuk mencapai potensi terbaik mereka.

5. Airbnb – Community Explorer

Website airbnb untuk memesak tempat penginapan ketika travelling
From Unsplash

Citra produk dari Airbnb menekankan pada kehidupan eksplorasi, keunikan, dan kehidupan lokal. Airbnb menunjukkan sisi pengalaman yang unik dalam menginap dan menjelajahi tempat baru.

Baca Juga: Pahami Marketing Automation dan Cara Menarik Minat Pelanggan

Itulah penjelasan lengkap mengenai personality brand. Citra produk akan sangat membantu dalam menyusun sebuah strategi pemasaran yang efektif untuk perkembangan sebuah bisnis. Selain itu, citra produk juga dapat menjangkau dan memperkenalkan sebuah produk ke pelanggan.

Sebuah bisnis tentunya harus memiliki strategi marketing yang baik. Salah satu cara yang baik untuk memperkenalkan brand persona kepada target pelanggan adalah dengan pembuatan website.

Website akan sangat membantu sebuah brand untuk berkembang memasangkan produknya, serta akan memberikan keuntungan dan peluang besar bagi perusahaan, bisnis, maupun instansi dalam pemanfaatan digital marketing.

Nah, apabila Anda membutuhkan jasa pembuatan website, Sekawan Media dapat menjadi solusinya! Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan website profesional dengan harga terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Apabila tertarik, segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi dan penawaran lebih lanjut!

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: