Menu Close
Close
Table of Contents
Table of Contents

Saat ini, bahasa pemrograman JavaScript telah menyediakan berbagai framework yang dapat membantu programmer dalam mengembangkan tampilan aplikasi baik dari sisi front end maupun back end. Salah satu framework yang sekarang sedang populer pada sisi back end adalah Express JS. 

Lebih tepatnya, framework ini merupakan pengembangan dari NodeJS yang bertugas untuk menangani kebutuhan dalam server-side. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa informasi berkaitan dengan apa itu Express JS beserta fungsi, kelebihan, dan cara kerjanya.

Pengertian Express JS

Jadi, definisi umum dari Express JS adalah framework dari NodeJS yang dirancang secara fleksibel dan sederhana untuk membantu tahap pengembangan aplikasi back end. Express JS juga sangat berbeda dengan framework Laravel, dimana library ini memberikan kebebasan bagi para developer untuk mendesain aplikasi, sehingga memungkinan bagi setiap pengembang memiliki rancangan arsitektur yang berbeda dalam software yang dibangun.

Kelebihan dari Express JS

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan dari framework Express JS dalam mengembangkan perangkat lunak, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mendapat Dukungan dari Google V8 Engine

Kelebihan yang pertama yaitu, mendapat dukungan langsung dari mesin Google V8 sehingga, mampu meningkatkan kinerja pada aplikasi menjadi lebih maksimal tanpa adanya masalah error pada saat proses development.

2. Menggunakan JavaScript

Kedua, bahasa pemrograman yang digunakan oleh Express JS adalah JavaScript, dimana termasuk ke dalam language programming yang mudah dipelajari dan diimplementasikan dalam berbagai framework. Dengan dukungan JavaScript, anda dapat mengerjakan kebutuhan front end dan back end secara bersamaan dikarenakan termasuk bahasa yang bersifat linear. 

Selain itu framework ini juga mampu mengurangi biaya pengembang aplikasi untuk proses maintenance (perbaikan). Mengapa demikian? Karena Express JS merupakan Full Stack JavaScript, yang mana anda tidak membutuhkan tambahan biaya untuk mencari tambahan tim dari sisi front end maupun back end -nya.

Baca juga: Framework JavaScript: Pengertian, Kelebihan, dan Framework Terbaik

3. Memiliki Jaringan dari Komunitas yang Luas

Yang ketiga, komunitas yang bergerak dan mempunyai ketertarikan dengan bahasa ini juga sangat banyak dan mudah ditemukan di berbagai forum serta website resminya. Anda tidak perlu khawatir untuk mengajukan pertanyaan, konsultasi, maupun berbagi ilmu di dalam komunitas Express JS.

4. Memiliki Fitur Caching

Keunggulan dari fitur caching adalah tidak perlu mengeksekusi kode secara terus – menerus atau berulang. Sehingga, halaman web dapat memuat lebih cepat dan dapat berpengaruh pada sisi performa dari aplikasi yang dibuat.

5. Mempunyai Skalabilitas Aplikasi yang Baik

Dan kelebihan yang terakhir, mampu untuk mengukur (menskalakan) aplikasi secara cepat dengan dukungan bantuan dari NodeJS. Dengan tujuan, dapat menskalakan aplikasi dengan berbagai cara selain dari dukungan penambahan node dan resource tambahan.

Manfaat Express JS

Sebenarnya banyak sekali kerangka kerja yang dapat dipakai untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang optimal. Namun, mengapa anda harus mencoba menggunakan Express JS? Berikut merupakan beberapa penjelasannya.

1. Bahasa Pemrograman Didukung Sepenuhnya oleh JavaScript

JavaScript dikenal sebagai bahasa yang fleksibel dan dapat digunakan pada sisi client maupun server. Selain itu, library yang dimiliki oleh JavaScript juga sangat bervariatif, seperti Angular, Vue, React, Node, dan lain sebagainya.

2. Mendapat Support dari NodeJS

Manfaat yang berikutnya, Express JS juga mendapat dukungan dari NodeJS serta dapat mengembangkan back end. Kemudian, mendapat dukungan dari semua paket NPM (Node Package Manager) yang membuat proses pengembangan menjadi lebih mudah.

Baca juga: Belajar Node.js untuk Pemula Beserta Cara Install dan Kelebihannya

3. Proses Debugging Menjadi Lebih Cepat

Manfaat yang terakhir, framework ini memiliki mekanisme debugging yang tersedia secara cepat. Hal tersebut membuat proses pencarian error atau bug menjadi lebih singkat dan menghemat banyak waktu.

Cara Menginstall Express JS

Setelah mengenal kelebihan dan manfaat dari Express JS, selanjutnya kami akan membahas terkait proses instalasi library. Langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah memastikan bahwa telah menginstall NodeJS pada perangkat komputer anda. Selanjutnya, memastikan bahwa NPM dapat digunakan dengan semestinya.

Berikutnya, anda dapat membuka terminal atau console untuk mengeksekusi perintah berikut ini dan pastikan anda meletakkan pada folder yang sudah ditentukan sebelumnya.

  • $ npm install express -g
  • $ npm express demo
  • $ npm install
  • $ npm start

Setelah menuliskan perintah tersebut, anda dapat mengakses halaman pada web browser dengan mengakses URL “http://localhost:3000/”.

Baca juga: Belajar Vue JS Beserta Kelebihan dan Proses Instalasinya

Cara Kerja

Selanjutnya, masuk pada pembahasan mengenai cara kerja dan penerapan dari Express JS. Berikut ini merupakan beberapa contoh penggunaannya untuk membangun sebuah perangkat lunak.

1. Server File

Pertama, anda dapat membuat proyek sederhana pada server file dengan memakai modul HTTP.

  • Middleware

Bentuk fungsionalitas dari Express JS sangat dibantu oleh Middleware yang merupakan fungsi asinkron. Dimana, mampu mengubah hasil request dan respon di dalam sebuah server. Untuk dapat menginstall modul ini, anda dapat mengetikkan perintah “$ npm install morgan –save”.

  • Akses Server

Untuk dapat menjalankan server file yang bersifat statik, anda dapat mengetikkan perintah “$ node app.js” dan kemudian dapat meletakkan file apa saja pada direktori anda. Selanjutnya, anda dapat mengakses server dengan mengetikkan pada web browser “http://localhost:4000”.

Dan secara default akan menampilkan file berupa index.html pada browser, serta anda dapat mengakses file lain dengan menambahkan format URL menjadi “http://localhost:4000/[nama-file]”.

2. Server Rest

Dan cara kerja yang kedua, Express JS juga dapat digunakan untuk kebutuhan aplikasi Restful atau Representational State Transfer, merupakan arsitektur yang dimanfaatkan untuk pengembangan desain aplikasi network. Aplikasi Restful sendiri memakai request HTTP untuk melakukan operasi CRUD (Create, Read, Update, dan Delete). 

Keuntungan yang lain dari pemanfaatan Restful ini adalah bisa membangun berbagai macam teknologi client – side seperti pada website, mobile, ataupun desktop untuk mengakses aplikasi Restful.

Kesimpulan

  • Express JS adalah salah satu framework dari NodeJS yang digunakan untuk membangun aplikasi dari sisi back end secara efektif dan optimal.
  • Kelebihan dari framework ini terletak pada fitur caching, support dengan Google V8 Engine, JavaScript, serta didukung oleh komunitas dan skalabilitas aplikasi yang baik.
  • Cara kerja dari library ini terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu dalam server file dan server rest.

Sekawan Media menawarkan jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS profesional. Jika anda tertarik, segera hubungi tim admin kami untuk mendapatkan penawaran terbatas.

Related Article

BACK OFFICE
  • Internal Audit
  • Document Management
  • Visitor Management
  • Event Management
  • E Office
PRODUCTION
  • Production & Manufacture
  • Regulatory Affair
  • Research Development
  • Quality Control
BUSINESS & OPERATIONS
  • Fleet Management
  • Marketplace & E-Commerce
  • Inventory Planning
  • Accounting
  • Expedition & Logistic
  • Point of Sales
OTHER
  • Academic
  • Rapor Online
  • E-Learning
  • Hospital
  • Credit Union
  • Perizinan Online

Copied To Clipboard

Bagikan Ke:

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email