Mengenal Apa itu Koperasi Digital dan 3 Cara Bagaimana Mengoptimalkannya

Daftar Isi
Daftar Isi
Koperasi digital adalah sebuah sistem yang dirancang untuk memudahkan transaksi dan pengelolaan koperasi. Dengan menggunakan koperasi digital maka jangkauan koperasi akan lebih luas. Beberapa contoh koperasi digital yang ada di Indonesia adalah aplikasi Kodi dan Nadi.

Dalam perkembangan di era digital yang serba canggih ini. Semua sektor dalam kehidupan tentu saja dipaksa untuk cepat beradaptasi dan up-to-date dengan perkembangan. Pembaruan ke sistem digital terjadi pada tiap-tiap sektor termasuk koperasi. Lebih mudah nya lagi bahwa digital sendiri merujuk pada penggunaan sistem koperasi ke sistem alat yang lebih canggih dengan bantuan digital real time. 

Apa itu Koperasi Digital?

Koperasi digital adalah lembaga yang di dalamnya terdapat keanggotaan bersama dan saling bekerja sama untuk mendapatkan keuntungan sebanyak banyaknya dengan penggunaan sistem digital atau sistem dimana semua dapat dilakukan secara real time. 

Sistem koperasi digital ini pada akhirnya akan mendorong setiap industri dari berbagai sektor bisnis untuk beradaptasi dan bertransformasi dalam upaya menghadapi lingkungan yang semakin hari semakin dinamis. 

Koperasi digital

Konsep Koperasi Digital

Tidak jauh berbeda dari koperasi pada umumnya, konsep koperasi digital juga bekerja dengan tujuan mendapatkan keuntungan bersama. Koperasi digital juga melakukan beberapa kegiatan untuk mensejahterakan anggota dan mendukung mereka untuk terus berkembang. 

Hanya saja, berbeda dengan koperasi tradisional tanpa digital pada umumnya yaitu seluruh anggota koperasi dapat melakukan akses atau kegiatan dalam koperasi melalui jaringan atau penggunaan digital. Ini berarti, Koperasi digital adalah suatu sistem upaya manajemen untuk mengubah koperasi tradisional menjadi koperasi digital. 

Jika sudah begitu, maka konsep koperasi digital yaitu melakukan usaha secara jaringan atau sistem digital. Konsep ini akan mempermudah anggota nya. Bisnis yang berjalan dapat memasuki pada jangkauan wilayah bisnis modern, dan bukan lagi jenis bisnis simpan pinjam, serba usaha dan konsumsi saja. Tetapi lebih luas yang mengarah pada ke bisnis teknologi informasi. 

Keuntungan Koperasi Digital 

Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai koperasi digital, Anda juga perlu tahu keuntungan yang bisa didapatkan melalui koperasi digital. Pertama-tama tentunya koperasi memiliki kegunaan yaitu sebagai usaha peningkatan taraf hidup setiap anggota nya, begitu pula dengan koperasi digital. Tetapi terdapat hal yang membedakan dalam segi keuntungan koperasi jika dibandingkan dengan koperasi non-digital atau koperasi tradisional biasanya. 

Keuntungan koperasi digital yang Anda dapatkan yaitu dalam koperasi digital jangkauan nya akan lebih luas atau mudah dijangkau dari mana saja. Ini berarti dari mulai keanggotaannya sampai kegiatan keanggotaan dapat dilakukan melalui jarak jauh. Terlebih lagi, seluruh hal yang menyangkut kepentingan koperasi dapat dipantau melalui real time atau waktu bersamaan di semua anggota. 

Jika jangkauan koperasi digital sudah luas, maka keuntungan koperasi digital ini terdapat pada distribusi sektor dari berbagai UMKM atau bisnis, bahkan sampai pada daerah yang kurang akses. Jangkauan daerah pada pelosok pegunungan misalnya atau di daerah seperti kabupaten dan dusun yang mungkin saja masih kurang akses untuk para investor atau pengunjung lainnya. Dengan itu, keuntungan untuk mengikut sertakan UMKM di pelosok akan semakin besar.

Contoh Koperasi Digital

Terdapat beberapa contoh koperasi digital untuk mengoptimalkan pemahaman mengenai koperasi digital itu sendiri. Contohnya yang sedang maju adalah aplikasi Kodi. Aplikasi Kodi ini merupakan platform yang digunakan untuk transaksi simpan pinjam. 

Pemerintah juga sudah menyediakan koperasi digital. Aplikasi Nadi dari Kementerian koperasi dan UKM memiliki tujuan untuk mendorong transformasi perkembangan digitalisasi koperasi. Aplikasi ini dalam sektor simpan pinjam yang memiliki harapan supaya masyarakat Indonesia akan lebih sejahtera dan mudah akses untuk hal mensejahterakan keanggotan masyarakat Indonesia.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Koperasi Digital? 

Koperasi digital adalah
3 Cara Mengoptimalkan Koperasi Digital

Pada setiap lembaga yang terdapat keanggotan di dalamnya, pastilah memiliki tantangan tersendiri. Begitu pula dengan koperasi yang memiliki tantangan dalam menjalankan koperasi nya untuk upaya pengoptimalan. Tantangan ini bisa datang dari mutu sumber daya manusia, terkait kelembagaan nya sendiri, bahkan penggunaan teknologi dalam sistem digital koperasi ini. 

Dalam menjalani tantangan-tantangan tersebut, beberapa hal perlu diperhatikan demi koperasi yang berkembang di era digital sebagai upaya pengoptimalan. Simak hal-hal terkait bagaimana cara mengoptimalkan koperasi digital Anda. 

1. Mengukur Kinerja Non Finansial Koperasi Digital

Menghadapi era digital adalah dengan mengukur laju kerja non finansial koperasi, restrukturisasi koperasi, daya saing koperasi, rebranding atau membuat pembaruan koperasi dan upaya mengembangkan koperasi digital dengan memanfaatkan sistem IT. Dibutuhkan pola pikir yang maju dan berkembang untuk dapat mengoptimalkan aktivitas-aktivitas para anggotanya. 

Kinerja non finansial koperasi digital ini seperti upaya peningkatan partisipasi dari berbagai UMKM anggota nya. Jika begitu, dibutuhkan juga identitas legalitas dari berbagai sektor bisnis yang ada di keanggotaannya. Yang terakhir tentunya dibutuhkan permodalan. 

Semua aspek-aspek itu diperlukan untuk koperasi digital bersaing dengan kompetitor lainnya dalam persaingan global dan membawa persaingan yang jauh lebih efektif untuk ekonomi global di Indonesia. 

2. Meningkatkan Laju Kerja Pengelolaan Koperasi

Meningkatkan daya saing maka akan tumbuh koperasi yang profesional baik secara pengelolaan maupun secara pelayanan. Dengan begitu setiap koperasi dapat menciptakan koperasi digital yang maju dan unggul. 

Strategi mengoptimalkan koperasi digital ini untuk menyiapkan koperasi digital di masa yang akan datang. Dengan begitu tiap koperasi dapat menyiapkan keanggotaannya nya dalam segi perencanaan untuk jangka panjang. 

Untuk menarik kesimpulannya bahwa anggota sebagai seorang pebisnis juga harus memiliki rencana kerja yang strategis dan konsisten untuk dapat bersaing dengan yang lain dan menjaga koperasi itu sendiri untuk tetap berkembang. 

3. Memanfaatkan Penggunaan Sistem Informasi dalam Koperasi

Menggunakan dan memanfaatkan digital untuk perkembangan koperasi adalah bentuk dari upaya mengoptimalkan. Dengan begitu, semua anggota koperasi yang terlibat dapat memantau jalannya struktur koperasi dengan cepat dan transparan. 

Jika sudah memahami cara kerja koperasi, maka wajib bagi anggota nya untuk menguasai sistem kerja koperasi digital. Yang mana dalam hal ini berarti setiap anggota koperasi harus mampu mengoperasikan platform koperasi digital. 

Terlebih dalam pengembangan sistem teknologi pada koperasi digital sendiri sebenarnya tidak harus membangun sistem itu sendiri. Sistem digital yang dimaksud yaitu untuk sebuah koperasi melakukan kerjasama dengan pihak ketiga. Dengan begitu, koperasi digital dapat menciptakan koperasi yang modern dengan sistem yang maju. Terakhir, perlu diingat bahwa yang paling utama adalah dapat meningkatkan intensitas dan kuantitas pengelolaan anggota koperasi.

Sekawan media menawarkan solusi pembuatan aplikasi koperasi online untuk mengoptimalkan konsep koperasi online dengan menyesuaikan kebutuhan Anda.

Related Article

LAYANAN

Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

Timah Electronic Office
PT. Timah Tbk
2018
Sistem Manajemen Transportasi
PT. Wijaya Putra Santosa
2019

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: