• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Pengertian Local Area Network (LAN), Fungsi & Kelebihannya

Daftar Isi
Daftar Isi
Perangkat keras komputer di ruang terbatas, seperti rumah atau tempat kerja, terhubung melalui LAN. Jaringan area lokal biasanya menampilkan topologi bus, ring, atau start dan menggunakan satu atau beberapa protokol jaringan seperti IP, ethernet, atau Appletalk.

Dalam penerapan teknologi diperlukan jaringan untuk dapat berjalan dengan lancar. Ini pada komputer dipasang untuk melakukan koneksi. 

Di bawah ini akan membahas mengenai LAN dari mulai karakteristik dan komponen sampai pada kelebihan dan kekurangan LAN

Pengertian LAN 

Pengertian lan (local area network)
Pengertian local area network (lan), fungsi & kelebihannya

Local Area Network (LAN) adalah jenis jaringan komputer yang menghubungkan komputer dan perangkat jaringan lainnya (seperti printer jaringan, smartphone dan tablet) yang memiliki koneksi kabel atau nirkabel bersama ke server atau gateway Internet. 

LAN biasanya mencakup komputer serta perangkat jaringan lainnya dimana penempatannya pada satu area fisik, seperti tempat kerja, ruang ritel, tempat tinggal, sekolah, lab, atau kampus universitas atau perguruan tinggi.

Pada topologi jaringan, jaringan area lokal adalah tempat kita menghubungkan berbagai perangkat. Ketika LAN didefinisikan dari perspektif perusahaan, maka terdapat server, telepon IP, dan firewall.

Tanpa memperhitungkan “jaringan lain” seperti Internet yang terletak di WAN (Wide Area Network), Jaringan Area Lokal adalah sistem jaringan yang terletak tepat di tempat kita. 

Tujuan LAN

Perangkat keras komputer di ruang terbatas, seperti rumah atau tempat kerja, terhubung melalui jaringan area lokal, Setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat mengakses data dari perangkat yang terhubung ke jaringan area lokal.

Komputer berbicara satu sama lain menggunakan siaran. Untuk sekelompok kecil komputer, siaran berfungsi dengan baik, tetapi karena jaringan ini menjadi semakin besar, siaran menyumbat internet.

Dengan demikian, router dibuat, dan fungsinya adalah untuk bertindak sebagai jembatan antara domain siaran. Komputer di satu sisi router dapat terhubung satu sama lain di jaringan area lokal, serta dengan komputer di sisi lain router, yang menjadi jaringan area luas (WAN).

WAN akhirnya tumbuh menjadi Internet, tetapi konsep dasarnya masih relevan hingga saat ini. Alamat IP dimana merupakan alamat yang menentukan bagaimana komputer kita merespons siaran, Subnet mask (yang menentukan ukuran LAN dan seberapa besar untuk membuat siaran, dan Gateway tetap diperlukan agar komputer kita terhubung ke jaringan.

Fungsi LAN

1. Sharing Printer 

Dengan adanya jaringan atau koneksi yang bergabung, maka dari komputer dapat menghubungkan dengan printer. Misalnya seperti pada contoh beberapa komputer dapat dihubungkan kepada satu printer yang sama. 

2. LAN Chatting 

Alat perpesanan instan untuk PC yang disebut LAN Messenger dibuat khusus demi  penggunaan dalam satu jaringan area lokal.

Kemampuan dasar untuk mengirim pesan pribadi, transfer file, ruang obrolan, serta smiley grafis disediakan oleh beberapa Messenger.

3. Remote Komputer

Remote komputer dimana dapat terhubung dengan komputer lain dari jarak jauh merupakan salah satu dari fungsi LAN. Hanya saja pada penggunaannya, remote komputer hanya bisa terhubung jika terdapat koneksi internet. 

4. Menghubungkan Dua Komputer atau Lebih 

Dengan adanya koneksi yang bergabung, maka jaringan area lokal dapat menghubungkan dua komputer atau lebih. 

5. Memindahkan File dari Satu Komputer ke Komputer Lain

Karena mudahnya koneksi dari satu komputer ke komputer lainnya, maka pemindahan sebuah file atau lebih akan berlangsung lebih mudah dan praktis. 

Baca Juga: Pentingnya Firewall dan Penggunaannya untuk Jaringan Komputer

Karakteristik LAN 

Terdapat beberapa karakteristik LAN, sebagai berikut: 

  1. LAN biasanya mencakup area kurang dari 2 mil.
  2. Umumnya dimiliki secara pribadi.
  3. Menghubungkan beberapa host dalam satu kantor, gedung, atau kampus.
  4. Memiliki Arsitektur Client Server
  5. Bergantung pada kebutuhan organisasi, bisa sesederhana dua PC dan printer di kantor seseorang. Atau diperpanjang di seluruh perusahaan.

Komponen Dasar LAN 

1. Jaringan Workstations 

Semua pengguna harus memiliki metode untuk mengakses jaringan karena seluruh tujuan LAN adalah membuat pengguna berkolaborasi atau paling tidak berbagi sumber daya jaringan.

2. Jaringan Interface Cards NIC 

Ini memungkinkan komputer kita untuk berkomunikasi dengan jaringan area lokal dan menyambungkannya.

3. Networking Operating System

Itu melacak perangkat mana yang terhubung ke LAN, aplikasi mana yang beroperasi, data apa yang ditransfer melalui jaringan, dan sumber daya jaringan mana yang diperlukan agar semuanya berfungsi.

4. Shared Hardware Resources

Teknik untuk menggunakan semua CPU yang tersedia untuk berbagi perangkat keras. 

Teknik ini dapat digunakan untuk berbagi printer, mesin faks, modem, disk, hard drive, atau data di jaringan komputer sehingga peralatan atau informasi di komputer dapat diakses dari komputer lain.

Baca Juga : Mengetahui Jaringan Routing untuk Memilih Jalur Internet Network

Kelebihan LAN 

1. Sederhana dan Cukup Murah

Keuntungan utama jaringan area lokal adalah mudah diatur serta harganya terjangkau jika dibandingkan dengan opsi lain.

Ini berdampak pada, jika suatu organisasi ingin membuat jaringan dengan fleksibilitas dan dengan biaya rendah, jaringan area lokal adalah pilihan terbaik.

2. Kolaborasi Sumber Daya 

Karena jaringan area lokal, sebuah perusahaan hanya membutuhkan satu printer dan pemindai, dan setiap orang dapat menautkan ke printer dan pemindai itu dan mengirim instruksi dari mesin mereka, menghasilkan penghematan biaya yang signifikan bagi perusahaan. 

Komponen mahal, seperti printer dan scanner, tidak bisa ditautkan ke setiap desktop karena akan sangat memberatkan perusahaan.

3. Hubungan Antara Klien dan Server

Satu server dapat menampung semua data dari PC yang terhubung. Klien dapat dengan mudah masuk dan mengambil informasi dari sistem jika mesin (Klien) memintanya. Misalnya, film dan album dapat disimpan di server dan diambil oleh pengguna yang berwenang (komputer Klien).

4. Akses Perangkat Lunak

Program perangkat lunak juga dapat dibagikan di LAN. Perangkat apa pun di jaringan dapat menggunakan satu program berlisensi yang kita gabungkan. 

Karena membeli lisensi untuk setiap perangkat di jaringan itu mahal, mendistribusikan perangkat lunak menjadi mudah dan ekonomis.

5. Keamanan Data

Menyimpan informasi di server lebih aman dan terjamin. Selain itu, kita dapat dengan cepat mengubah atau menghapus data apa pun di satu mesin server, dan perangkat tambahan akan dapat mengakses data yang diperbarui. 

Anda dapat dengan mudah mengizinkan atau menolak akses ke pengguna tertentu, memastikan bahwa hanya mereka yang telah diberi otorisasi yang memiliki akses ke data jaringan.

6. Komunikasi Cepat

Bergantung pada model dan kabel ethernet yang digunakan, sistem atau perangkat yang terhubung dengan jaringan l.area okal dapat berkomunikasi secara langsung dengan kecepatan sangat tinggi. 10 Mbps, 100 Mbps, dan 1000 Mbps adalah kecepatan aktif yang paling umum. 

Teknologi Gigabit Ethernet berkembang dengan cepat. Versi berbiaya lebih rendah akan tersedia untuk masyarakat umum setelah kemajuan teknologi dan produksi massal telah dimulai.

Baca Juga: Jaringan 5G di Indonesia

Kekurangan LAN 

1. Keamanan informasi yang kurang 

Masalah selanjutnya dengan keamanan informasi adalah: Jika peralatan server tidak diprogram dengan benar atau ada masalah teknis, pengguna yang tidak berwenang mungkin bisa mendapatkan data. Akibatnya, kebijakan dan praktik privasi server perlu ditangani dengan baik.

2. Keterbatasan jarak 

Jaringan area lokal sering dirancang di dalam gedung atau kompleks apartemen dan tidak dapat diperluas ke area yang lebih luas karena keterbatasan jarak jauh.

3. Saling berpengaruh 

Jika server gagal, semua perangkat dapat terpengaruh secara tidak proporsional. Semua PC yang terhubung akan mengalami kesulitan untuk bekerja dengan baik jika hardisk rusak atau file di server rusak parah.

4. Instalasi LAN itu menantang dan mahal

Karena perangkat lunak spesialis diperlukan untuk menggunakan server, dalam hal ini maka tahap persiapan dapat terbilang tidak murah. KTerlebih karena perangkat lunak spesialis diperlukan untuk menyebarkan server.

Tidak hanya itu, kita bahkan perlu menyiapkan biaya pembelian perangkat keras komunikasi, termasuk hub, switch, router, dan kabel, tinggi.

5. Pertukaran data dari sumber Eksternal

Ketidakmampuan media yang dapat diangkut, seperti CD dan drive pena, untuk digunakan dengan nyaman di semua komputer jaringan membuatnya sulit dan memakan waktu untuk mengirim file dari luar jaringan.

Anda dapat menggunakan jasa pembuatan aplikasi mobile di Sekawan Media yang sudah mendukung platform Android dan iOS. 

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: