• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

WAN: Pengertian, Fungsi, Keuntungan dan 6 Contohnya

Daftar Isi
Daftar Isi
Wide Area Network (WAN) adalah Salah satu jenis jaringan yang paling populer digunakan oleh perusahaan. Secara umum, WAN digunakan untuk menghubungkan berbagai jaringan LAN yang berada di lokasi yang berbeda, baik di dalam negeri maupun luar negeri.
Pengertian wan
Foto: Unsplash.com

Dalam era digital yang semakin maju, jaringan komputer menjadi semakin penting bagi perusahaan untuk mengoptimalkan operasional bisnis.

Salah satu jenis jaringan yang paling populer digunakan oleh perusahaan adalah WAN atau Wide Area Network.

Dalam artikel ini, Sekawan Media akan membahas pengertian, fungsi, contoh, dan keuntungan yang dimiliki oleh WAN.

Pengertian WAN

Kepanjangan dari WAN adalah Wide Area Network yang merupakan jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah geografis yang luas, biasanya mencakup area yang lebih besar dari jaringan LAN atau Local Area Network.

Secara umum, Wide Area Network digunakan untuk menghubungkan berbagai jaringan LAN yang berada di lokasi yang berbeda, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Dilansir dari laman Cloudfare, Wide area network atau WAN adalah jaringan komputer skala besar yang menghubungkan sekelompok komputer dalam jarak yang jauh. Wide Area Network sering digunakan oleh bisnis besar untuk menghubungkan jaringan kantor mereka. Setiap kantor biasanya memiliki jaringan area lokal, atau LAN, dan LAN ini terhubung melalui WAN.

Fungsi WAN

Fungsi WAN adalah sebagai berikut. Simak penjelasannya!

1. Menghubungkan Perangkat dari Lokasi yang Berbeda

Salah satu fungsi WAN adalah menghubungkan perangkat dari lokasi yang berbeda.

Jaringan Wide Area Network memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk terhubung ke cabang atau kantor di berbagai kota, negara, atau bahkan benua yang berbeda.

Dengan menggunakannya, pengguna dapat mengirim dan menerima data antara lokasi yang berbeda secara efisien dan aman.

2. Mendukung Kolaborasi Antara Pengguna

Selanjutnya, fungsi WAN adalah memungkinkan kolaborasi antara pengguna dari berbagai lokasi. Dengan menggunakanya, pengguna dapat mengakses dan berbagi sumber daya seperti file, printer, atau aplikasi secara real-time.

Hal ini sangat berguna bagi perusahaan atau organisasi yang memiliki tim kerja yang terpisah geografis dan perlu berkolaborasi untuk menyelesaikan proyek.

3. Menyediakan Akses Internet

Sebagian besar jaringan Wide Area Network juga menyediakan akses internet. Dengan akses internet yang cepat dan andal, pengguna dapat mengakses informasi dan sumber daya online dari lokasi mana saja.

Hal tersebut sangat penting untuk bisnis atau organisasi yang bergantung pada akses internet untuk mengoptimalkan operasional mereka.

4. Meningkatkan Keamanan Jaringan

Selain itu, fungsi WAN adalah untuk meningkatkan keamanan jaringan. Dengan menggunakan teknologi keamanan seperti VPN atau firewall, pengguna dapat mengirim dan menerima data dengan aman dan terlindungi dari serangan cyber. Sehingga sangat penting dalam menghindari kebocoran data dan kehilangan informasi yang penting.

5. Mengoptimalkan Kinerja Jaringan

Fungsi WAN juga untuk mengoptimalkan kinerja jaringan. Dengan menggunakan teknologi seperti MPLS, pengguna dapat mengirim data dengan lebih cepat dan efisien antara lokasi yang berbeda. Hal ini membantu meminimalkan waktu tunggu dan meningkatkan produktivitas pengguna.

6. Mempercepat Proses Bisnis

Terakhir, jaringan Wide Area Network juga berfungsi untuk mempercepat proses bisnis. Dengan menghubungkan perangkat dan mengoptimalkan kinerja jaringan, perusahaan atau organisasi dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi proses bisnis mereka. Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

Itulah beberapa fungsi penting dari Wide Area Network. Perusahaan atau organisasi dapat memilih fungsi-fungsi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis.

Baca Juga: Pengertian Local Area Network (LAN), Fungsi & Kelebihannya

Keuntungan Jaringan WAN

Keuntungan jaringan wan
Foto: Unsplash.com

Dilansir dari laman Purple, jika perusahaan Anda memiliki cabang di beberapa lokasi, menggunakan jaringan area luas dapat membantu meningkatkan produktivitas dan komunikasi internal. Berikut adalah beberapa keuntungan bisnis utama yang bisa didapat dengan membangun jaringan Wide Area Network.

1. Memusatkan Infrastruktur TI

Salah satu keuntungan jaringan WAN adalah bahwa kamu bisa menyebar infrastruktur TI kamu dengan lebih mudah. Kamu tidak perlu lagi membeli server email atau file untuk setiap kantor, karena dengan WAN, kamu hanya membutuhkan satu server di kantor pusat.

Selain itu, dengan Wide Area Network, manajemen server akan lebih mudah, karena kamu tidak perlu memikirkan dukungan, pencadangan, hosting, atau perlindungan untuk banyak unit secara fisik. Dengan membangun Wide Area Network, kamu juga bisa mendapatkan skala ekonomis yang signifikan, karena semua sumber daya TI bisa dimanfaatkan oleh seluruh perusahaan.

2. Meningkatkan Privasi

Selain itu, keuntungan jaringan WAN adalah kamu bisa berbagi data sensitif dengan semua lokasi tanpa perlu khawatir mengirimnya melalui Internet. Kamu hanya perlu mengenkripsi data sebelum dikirim melalui Wide Area Network untuk menambahkan lapisan perlindungan tambahan pada setiap informasi rahasia yang kamu transfer.

Saat ini, dengan maraknya serangan hacker yang ingin mencuri data rahasia perusahaan, sebuah bisnis membutuhkan perlindungan terbaik dari intrusi jaringan.

3. Meningkatkan Bandwidth

Dalam dunia bisnis saat ini, jaringan Wide Area Network sering menggunakan jalur sewa daripada koneksi broadband sebagai tulang punggung jaringannya. Keuntungan menggunakan jalur sewa meliputi kecepatan upload yang lebih tinggi dibandingkan dengan koneksi broadband biasa.

Selain itu, jaringan Wide Area Network bisnis biasanya menawarkan batas transfer data bulanan yang tak terbatas sehingga kamu bisa menggunakan jalur tersebut sebanyak yang kamu inginkan tanpa meningkatkan biaya. Penyempurnaan komunikasi bukan hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga meningkatkan produktivitas bisnis.

4. Menghilangkan Kebutuhan akan ISDN

Keuntungan jaringan WAN yang selanjutnya adalah dapat mengurangi biaya telepon dengan menghilangkan kebutuhan untuk menyewa sirkuit ISDN yang mahal. Sebagai gantinya, jaringan Wide Area Network dapat digunakan untuk membawa panggilan tersebut. Dengan “memprioritaskan lalu lintas suara” pada jaringan Wide Area Network-mu, kualitas suara tidak akan terganggu.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan tarif panggilan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan panggilan menggunakan sirkuit ISDN. Beberapa perusahaan menggunakan pendekatan hybrid, dimana panggilan masuk dilakukan melalui ISDN dan panggilan keluar dilakukan melalui jaringan Wide Area Network.

5. Jaminan Masa Aktif

Penyedia WAN modern biasanya menawarkan dukungan kelas bisnis yang mencakup jaminan masa aktif. Artinya, kamu akan mendapatkan waktu aktif yang ditentukan dalam SLA setiap bulan, triwulan, atau tahun.

Selain itu, penyedia Wide Area Network juga menyediakan dukungan pelanggan sepanjang waktu untuk menangani masalah yang muncul. Jaminan masa aktif sangat penting bagi bisnis manapun di era digital ini, di mana downtime dapat berdampak buruk pada citra perusahaan dan kepuasan pelanggan.

6. Memangkas Biaya, Meningkatkan Keuntungan

Keuntungan jaringan WAN adalah dapat membantu kamu mengurangi biaya dan meningkatkan profit dalam berbagai cara. 

Misalnya, Wide Area Network dapat menghilangkan atau mengurangi biaya untuk mengumpulkan tim dari berbagai kantor dalam satu lokasi. Dengan adanya Wide Area Network, tim pemasaranmu di Amerika Serikat dapat bekerja sama dengan tim manufakturmu di Jerman melalui video konferensi dan email. Menghemat biaya perjalanan saja sudah dapat membuat investasi dian menjadikan WAN adalah pilihan yang baik bagi perusahaan.

Baca Juga: Topologi Jaringan: Pengertian, Cara Kerja, & 6 Jenis-Jenisnya

Contoh Jaringan WAN

Beberapa contoh jaringan WAN yang populer di antaranya adalah sebagai berikut. Simak!

1. Internet

Contoh jaringan WAN yang terbesar di dunia adalah internet, yang terdiri dari berbagai jaringan komputer yang terhubung satu sama lain.

Internet memungkinkan pengguna untuk terhubung ke berbagai situs web dan layanan online dari lokasi yang berbeda di seluruh dunia.

2. VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah jaringan yang menggunakan koneksi internet untuk menghubungkan jaringan LAN yang berbeda, sehingga terlihat seperti satu jaringan yang terhubung secara pribadi. VPN memungkinkan pengguna untuk mengakses data dari jaringan perusahaan dari lokasi yang berbeda dengan aman.

3. MPLS (Multiprotocol Label Switching)

Contoh jaringan WAN yang selanjutnya yaki MPLS. MPLS adalah teknologi Wide Area Network yang digunakan oleh banyak perusahaan dan penyedia layanan internet. MPLS mengirimkan data melalui jalur yang optimal di jaringan, sehingga dapat mengurangi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mengirimkan data.

4. Lease Line

Leased Line adalah jaringan Wide Area Network yang menggunakan koneksi serat optik atau kabel tembaga untuk menghubungkan dua titik secara langsung. Leased Line umumnya digunakan oleh perusahaan besar yang membutuhkan koneksi jaringan yang andal dan cepat.

5. Frame Relay

Frame Relay adalah Wide Area Network yang menggunakan teknologi switching packet untuk mengirimkan data antara lokasi yang berbeda. Frame Relay telah digunakan selama beberapa dekade, tetapi sekarang mulai digantikan oleh teknologi MPLS yang lebih canggih.

6. ATM (Asynchronous Transfer Mode)

ATM adalah jaringan Wide Area Network yang digunakan untuk mentransfer data pada tingkat kecepatan yang sangat tinggi. ATM digunakan oleh perusahaan besar dan lembaga keuangan untuk mentransfer data keuangan dan transaksi secara real-time.

Itulah beberapa contoh WAN yang populer. Perusahaan biasanya memilih jaringan Wide Area Network yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka berdasarkan kecepatan, keandalan, dan biaya.

Singkatnya, WAN adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah geografis yang luas dan digunakan untuk menghubungkan berbagai jaringan LAN yang berada di lokasi yang berbeda.

Keuntungan jaringan WAN adalah memiliki banyak keuntungan, seperti meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya komunikasi, dan meningkatkan efisiensi bisnis.

Beberapa contoh WAN yang populer di antaranya adalah internet, VPN, dan MPLS. Dalam era digital yang semakin maju, WAN adalah hal yang semakin penting bagi perusahaan untuk memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan efisiensi operasional.

Sekawan Media menawarkan paket jasa pembuatan aplikasi web untuk kebutuhan berbagai segmen bisnis Anda.

Sumber:

  1. The Advantages and Disadvantages of WANs
  2. What is a wide area network (WAN)?

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: