• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Vendor Management: Pengertian, Tugas, Gaji, & Manfaatnya

Daftar Isi
Daftar Isi

Kesuksesan sebuah bisnis tidak lepas dari peran beberapa pihak tertentu, salah satunya penyedia jasa atau barang yang digunakan dalam bisnis.

Penyedia jasa atau barang tersebut biasa dikenal dengan istilah vendor atau supplier. Mereka bertugas untuk menyediakan semua kebutuhan perusahaan sebagai klien dan jangan sampai persediaan atau stok habis.

Sebab, persediaan atau stok sangat penting bagi keberlanjutan sebuah bisnis. Maka dari itu, dibutuhkan vendor management untuk mengatur dan mengelola persediaan barang.

Bagaimana tidak, manajemen vendor tidak hanya bertugas untuk menjalankan administrasi saja, melainkan juga membantu mengelola seluruh operasional bisnis.

Dalam hal ini, vendor management adalah proses untuk memulai dan membentuk hubungan antara pemilik jasa / barang yang dibutuhkan perusahaan serta berfungsi untuk menjalankan kebutuhan operasional bisnis.

Meski mempunyai peran penting, ternyata masih belum banyak yang mengetahui tentang manajemen vendor.

Maka dari itu, artikel ini akan membahas mengenai pengertian vendor management, jenis, manfaat, dan strategi implementasi bagi bisnis Anda.

Yuk, simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Apa itu Vendor Management?

Vendor management
Ilustrasi Vendor Management (Freepik.com)

Vendor management adalah sebuah tahapan untuk memulai, menjaga, serta mengoptimalkan hubungan dengan penyedia barang yang biasa dikenal dengan istilah vendor.

Tahapan tersebut meliputi beberapa aktivitas, mulai dari pemilihan vendor, mengontrol biaya, negosiasi, sampai dengan memastikan bahwa barang yang akan dikirimkan sudah sesuai dengan jadwal serta perjanjian sebelumnya.

Dengan kata lain, apabila perusahaan ingin membeli barang atau jasa dari pihak eksternal, maka harus melakukan manajemen vendor terlebih dahulu untuk memilih pemasok yang baik.

Tujuan manajemen ini adalah untuk mengurangi biaya, meminimalisir risiko yang terjadi, hingga memastikan kinerja vendor agar sesuai dengan harapan.

Maka dari itu, manajemen vendor sangatlah penting bagi setiap pebisnis. Sebab, manajemen ini mempunyai peran krusial dalam memilih vendor yang tepat untuk kebutuhan operasional bisnis.

Tugas Vendor Management

Terdapat beberapa tugas manajemen vendor yang perlu Anda ketahui. Tugas ini sangat penting untuk memastikan hubungan dengan pihak vendor berjalan lancar dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Nah, berikut ini beberapa tugas vendor management:

1. Pemilihan vendor

Pertama, pihak manajemen harus memilih vendor yang tepat untuk memenuhi semua kebutuhan operasional bisnis.

Tahapan ini melibatkan proses identifikasi vendor potensial, analisis kemampuan dan kualitas, serta membandingkan harga maupun penawaran yang diberikan.

Pastikan juga, bahwa vendor tersebut mempunyai reputasi atau track record yang baik serta telah memenuhi standar tertentu dan bisa bekerja sesuai kebutuhan.

2. Negosiasi kontrak

Jika manajemen sudah memilih dan menentukan vendor yang terbaik, maka selanjutnya adalah negosiasi kontrak.

Tujuannya adalah untuk mencapai kesepakatan yang memang memberikan keuntungan bagi perusahaan maupun pihak vendor tersebut.

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda bahas dalam negosiasi kontrak, di antaranya adalah harga, jangka waktu kontrak, pengiriman, jaminan kualitas, dan lain sebagainya.

3. Onboarding vendor

Berikutnya, apabila kontrak sudah ditandatangani oleh vendor dan perusahaan, maka melakukan penerimaan atau onboarding vendor.

Penerimaan ini biasanya mencakup beberapa informasi, mulai dari kontak, data tertentu, maupun dokumen penting lainnya.

Selain itu, proses penerimaan ini vendor management juga bertugas bahwa pihak vendor sudah memahami tentang tugas dan tanggung jawabnya.

4. Monitoring kinerja vendor

Manajemen vendor juga bertugas untuk melakukan monitoring atau memantau kinerja vendor selama proses kerja sama berlangsung.

Pemantauan ini melibatkan beberapa pengukuran, salah satunya melihat bagaimana hasil kerja yang telah dilakukan selama jangka waktu tertentu.

Apakah mereka sudah memenuhi prosedur kontrak yang telah disepakati atau belum. Biasanya mencakup pengiriman stok pernah mengalami keterlambatan atau tidak, kualitas produknya bagaimana, dan lain sebagainya.

5. Identifikasi risiko

Perlu Anda ketahui, risiko juga bisa saja terjadi selama proses kerja sama. Maka dari itu, tugas vendor management adalah melakukan identifikasi, memantau, dan meminimalisir risiko yang mungkin terjadi.

Biasanya, risiko yang mungkin terjadi adalah keterlambatan pengiriman, kualitasnya tidak sesuai, keamanan data terganggu, kegagalan pemenuhan kontrak, dan lain sebagainya.

Gaji Vendor Management

Mungkin beberapa dari kalian seringkali bertanya, berapa sih sebenarnya gaji manajemen vendor ini? Dengan tugas dan tanggung jawab yang cukup krusial, tentu gajinya juga cukup tinggi.

Sebab, manajemen vendor berperan penting untuk memastikan kebutuhan perusahaan terpenuhi dari pihak eksternal atau vendor.

Mereka harus memastikan bahwa operasional bisnis berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang telah tertulis.

Maka dari itu, profesi manajemen vendor juga tidak main-main dan sembarangan. Bahkan, setiap perusahaan wajib mempunyai manajemen ini untuk memastikan kebutuhan barang atau jasa perusahaan terpenuhi.

Dengan begitu, gaji vendor management di Indonesia berkisar antara 4 juta hingga 7 juta atau bahkan bisa saja lebih.

Tingginya gaji tersebut, tidak lepas dari tugas dan tanggung jawab yang cukup beresiko serta pentingnya seorang manajemen vendor bagi perusahaan.

Manfaat Vendor Management bagi Perusahaan

Perlu Anda ketahui, memiliki manajemen vendor bagi perusahaan, tentu akan memberikan manfaat. Hal ini tidak lepas dari peranan manajemen yang harus mampu mengelola hubungan dengan vendor serta memastikan kebutuhan perusahaan selalu terpenuhi.

Maka dari itu, berikut beberapa manfaat manajemen vendor bagi perusahaan:

1. Mempunyai daftar pemasok yang luas

Jika perusahaan menerapkan manajemen yang baik, maka kemungkinan untuk mempunyai daftar pemasok yang banyak sangatlah mudah.

Melalui daftar pemasok tersebut, nantinya pihak manajemen bisa memilih mana yang paling tepat dan sesuai kebutuhan.

2. Mengurangi biaya

Dengan memanfaatkan vendor management, tentu bisa membantu mengurangi biaya. Sebab, mereka mempunyai pemahaman yang baik untuk melakukan negosiasi sesuai kebutuhan perusahaan, sehingga bisa mendapatkan harga yang terjangkau.

Meski begitu, kualitasnya juga tetap terjamin karena manajemen akan memberikan prosedur tertentu kepada pihak vendor untuk dipatuhi. 

3. Meningkatkan kekuatan pembelian

Banyaknya pilihan vendor, maka perusahaan dapat melakukan proses konsolidasi. Dengan begitu, perusahaan bisa meningkatkan daya beli dengan menurunkan harga pembelian melalui pengadaan jumlah besar dari vendor.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai apa itu manajemen vendor beserta dengan tugas, gaji, dan manfaat menggunakannya bagi perusahaan.

Pada intinya, vendor management adalah tahapan untuk memulai dan menjaga komunikasi dengan pihak penyedia barang atau jasa yang akan memenuhi kebutuhan operasional.

Tahapan tersebut meliputi proses pemilihan, negosiasi, hingga evaluasi kinerja vendor selama proses kerja sama berlangsung dengan perusahaan.

Kemudian, untuk memudahkan manajemen melaksanakan tugasnya tersebut, ada software yang dirancang khusus untuk memilih vendor dan memulai komunikasi hingga mencapai kesepakatan dan menjalin kerja sama yang disebut dengan vendor management system (VMS).

Artinya, vendor management system adalah sebuah perangkat lunak yang membantu bisnis Anda untuk mengelola barang dan jasa dari pemasok atau vendor.

Dengan kata lain, aplikasi vendor management system adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk pengelolaan vendor dan menjadi satu kesatuan dari pengadaan secara elektronik (e-procurement).

Dengan begitu, jika Anda membutuhkan aplikasi untuk kebutuhan bisnis, maka bisa segera membuat software-nya di Sekawan Media.

Sebab, Sekawan Media merupakan perusahaan yang begerak di bidang IT dan berfokus pada pembuatan aplikasi dan website tepercaya.

Jika tertarik melakukan pembelian dan kerja sama, maka segera hubungi kami dan konsultasikan semua kebutuhan Anda secara gratis!

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: