• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Kenali apa itu VPN, 3 Fungsi Utama, dan Bagaimana Cara Kerjanya!

Daftar Isi
Daftar Isi
Vpn adalah singkatan dari virtual private network, merupakan layanan koneksi terenkripsi yang dapat digunakan user untuk mengakses sebuah situs secara pribadi menggunakan server jaringan lain, sehingga akan lebih aman dan privat ketika menjelajah internet.
Foto: Freepik

Sebelumnya, VPN digunakan oleh perusahaan untuk melindungi data juga untuk menyambungkan jaringan antar gedung perkantoran dengan aman. Namun, saat ini VPN adalah solusi paling efektif untuk melindungi privasi dan keamanan internet. Selain karena alasan privasi dan keamanan, VPN juga semakin banyak digunakan untuk mengakses sebuah situs yang hanya bisa diakses di lokasi atau koneksi tertentu. 

Artikel ini akan memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai apa itu VPN, cara kerja, fungsi, dan jenis-jenisnya.

Apa itu VPN?

VPN adalah layanan koneksi terenkripsi melalui internet dari perangkat ke jaringan yang dapat memberikan user akses ke sebuah situs secara aman dan privat. Cara kerjanya dengan mengubah jalur koneksi menggunakan server lain dan menyembunyikan IP address user dan mengenkripsi data sehingga data tidak bisa dibaca oleh sembarang orang. 

Sederhananya, VPN adalah jaringan virtual yang digunakan untuk meningkatkan keamanan dan menjaga privasi user ketika menggunakan internet. Semakin berkembangnya internet, VPN sekarang banyak digunakan untuk memperoleh koneksi internet yang secure dan privat. Selain itu juga digunakan untuk mengakses berbagai situs yang dibatasi di wilayah tertentu, umumnya di luar negeri.

Cara Kerja VPN

Saat tidak menggunakan VPN,  koneksi Anda akan terhubung dengan penyedia layanan internet atau biasa disebut Internet Service Provider (ISP). ISP akan menjadi penghubung antara perangkat dengan internet dan membuat IP address khusus ke perangkat Anda. Karena traffic internet melalui server ISP, website manapun yang Anda kunjungi dapat dilihat oleh ISP. Berbeda halnya saat mengaktifkan VPN di perangkat Anda, semua aktivitas user saat mengunjungi website akan diteruskan melalui tunnel terenkripsi dan dialihkan melalui server VPN sehingga Anda dapat menjelajahi web lebih aman dan privat. Server VPN akan meneruskan koneksi user ke website yang ingin diakses.

VPN adalah jaringan privat yang bekerja dengan menyembunyikan IP address dan lokasi user. Caranya dengan mengubah rute koneksi melalui server VPN sehingga website dikunjungi hanya mengetahui IP address dan lokasi server VPN saja. Selain itu, VPN dapat melakukan enkripsi pertukaran data lalu dikirim melalui tunnel yang aman, sehingga user dapat mengunjungi website secara bebas dengan privasi yang lebih terjaga. User juga dapat menggunakan identitas anonim. 

3 Fungsi Utama VPN

Setelah mengetahui lebih dalam mengenai apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya. Saat ini Anda akan belajar tentang apa saja fungsi VPN dan mengapa Anda membutuhkan VPN.

1. Melindungi Privasi dan Identitas Pribadi User

Tanpa menggunakan VPN, data pribadi user seperti IP address, kata sandi, lokasi, riwayat pencarian, dan aktivitas download bisa direkam oleh ISP ataupun pihak luar lainnya. Beda halnya jika user menggunakan VPN, dimana VPN akan mengenkripsi traffic jaringan lalu mengalihkan jalur koneksi internet melalui server VPN. Sehingga data pribadi user lebih terjaga privasinya, terutama ketika terhubung dengan jaringan Wi-Fi publik. 

Fungsi vpn adalah melindungi privasi dan identitas pribadi user
Foto: Unsplash

VPN juga dapat menyembunyikan IP address user sehingga identitas Anda di internet dapat berubah menjadi anonim. Dengan identitas anonim, jaringan VPN akan melindungi user dari pengawasan digital saat menggunakan internet.   

2. Meningkatkan Keamanan

VPN adalah layanan jaringan virtual untuk melindungi koneksi internet user dengan enkripsi data dan menyamarkan IP address guna meningkatkan keamanan user saat beraktivitas di internet. Selain itu, jaringan virtual ini  dapat melindungi user dari penyalahgunaan data.

3. Memberi Kebebasan Ketika Menggunakan Internet

Fungsi lain VPN adalah memberi kebebasan saat menggunakan internet. Hal ini dikarenakan VPN dapat mengubah lokasi virtual user sehingga Anda dapat mengakses konten yang hanya tersedia di lokasi tertentu.

Alasan Mengapa Anda Membutuhkan VPN

VPN adalah jaringan virtual yang dibutuhkan untuk melindungi privasi Anda saat menggunakan internet. Oleh karena itu, user membutuhkan VPN, tidak terkecuali saat Anda sedang melakukan aktivitas seperti.

1. Menggunakan Wi-Fi Publik

Waktu yang tepat untuk meggunakan VPN adalah ketika terhubung dengan Wi-Fi publik yang belum tentu terpercaya. Hal ini untuk mencegah data Anda tidak terbaca apalagi dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Vpn berguna untuk meningkatkan keamanan user saat menggunakan internet
Foto: Unsplash

Jaringan virtual ini akan meningkatkan keamanan aktivitas online anda saat menggunakan internet. Contohnya, saat ini ada sebagian masyarakat yang bekerja ataupun mengerjakan tugas di cafe akan menggunakan Wi-Fi publik. Jenis koneksi ini rentan diretas karena saat Anda menggunakan internet, koneksi Anda terhubung dengan Wi-Fi publik. Menggunakan VPN ketika koneksi Anda terhubung dengan Wi-Fi publik yang kurang aman dapat menjaga keamanan dan privasi juga device user. 

2. Menggunakan Layanan Streaming Secara Global

Ketika anda sedang pergi ke luar negeri, layanan streaming berbayar Anda tidak bisa digunakan karena syarat dan regulasi negara tersebut. Namun, jika menggunakan VPN memungkinkan untuk mengakses acara TV atau film yang ingin Anda tonton, karena VPN akan mengubah IP address dari negara asal user. 

3. Mengunduh File

Tanpa menggunakan VPN, aktivitas download user bisa diketahui oleh ISP, begitu halnya jika Anda membagikan file secara P2P, orang asingdapat melihat IP address Anda. Namun hal tersebut dapat dicegah dengan menggunakan VPN saat mendownload karena VPN akan melindungi privasi user. 

Baca Juga: Apa itu Ransomware, Jenis, Penyebab, dan Cara Mencegahnya

Jenis-Jenis VPN

VPN adalah jaringan privat yang terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan tujuannya, antara lain.

1. Remote Access VPN

User bisa terhubung ke jaringan privat ataupun lokal menggunakan remote access VPN. Umumnya, jenis ini dipakai staff supaya terhubung dari jarak jauh dengan aman ke jaringan kantor serta untuk mengakses data dan file perusahaan. Remote access VPN direkomendasikan untuk remote worker. User dapat mengakses file perusahaan meskipun berada di luar kantor. 

2. Mobile VPN

Seperti remote access VPN, mobile VPN juga dapat dipakai staff untuk menghubungkan jaringan dari jarak jauh ke jaringan kantor. Bedanya, untuk mobile VPN akan tetap terhubung meskipun user mengubah koneksi internet atau sedang offline. Jenis ini disarankan untuk user yang mempunyai kendala koneksi internet tidak stabil maupun yang memiliki mobilitas tinggi. 

3. Site-to-Site VPN

Jenis ini memungkinkan koneksi yang lebih aman dengan menggabungkan jaringan dengan lokasi berbeda melalui internet. Misalnya, suatu perusahaan memiliki kantor cabang dan kantor pusat, VPN jenis ini dapat menggabungkan jaringan pribadi kantor cabang ke jaringan utama di kantor pusat, sehingga jaringan perusahaan lebih luas. Perusahaan global banyak menggunakan kombinasi site to site VPN dengan remote access VPN. Site-to-site VPN dapat menggabungkan semua jaringan pribadi perusahaan di seluruh dunia, sedangkan remote access VPN memungkinkan staff untuk mengakses semua jaringan tersebut dalam satu waktu.

4. Personal VPN

Personal VPN dapat menghubungkan user ke internet publik dengan mengenkripsi data melalui server VPN. Tujuan personal VPN adalah untuk menjaga privasi user saat menggunakan internet publik dan melewati pembatasan wilayah (geo blocking). Beberapa contoh layanan personal VPN adalah ExpressVPN, NordVPN, dan Surfshark.

Bagaimana Cara Mengakses VPN?

Cara mengakses VPN adalah dengan dua cara yaitu memakai penyedia layanan VPN dan memakai router VPN. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

1. Memakai Penyedia Layanan VPN

Layanan VPN bisa diakses melalui penelusuran user atau mendownload aplikasi atau software ke device user. Layanan ini berbasis langganan, sehingga dikenakan biaya. Pilihlah layanan VPN yang berkualitas, karena layanan yang berkualitas tidak menyimpan log aktivitas online, koneksi lebih cepat, dan mempunyai banyak lokasi server di dunia. 

Compressed whatsapp image 2023 04 26 at 15. 31. 44 1
Foto: Unsplash

2. Memakai Router VPN

Apabila menggunakan cara ini, user perlu membeli router dengan menginstall software VPN sendiri di router rumah. Setiap device yang mengakses internet melalui router secara otomatis akan terlindungi. Hal tersebut menjadi kelebihan menggunakan router VPN.

Baca Juga: Apa itu Malware? Pengertian, Jenis & Cara Mengatasinya

Alternatif VPN

VPN adalah jaringan pribadi yang penting untuk menjaga privasi, keamanan, dan kebebasan saat menggunakan internet. Namun, jika Anda enggan menggunakan VPN, ada alternatif lain yang cara kerjanya hampir sama dengan VPN.

1. Tor 

Tor merupakan website open source yang memungkinkan usernya untuk menjelajahi interet secara anonim. Cara kerja Tor dengan mengenkripsi lalu lintas internet dan merutekan jaringan Tor secara acak melalui server global. Tor mudah diakses dan sudah tersedia di Windows, macOS, Linux, dan Android.  

2. Proxy

Proxy merupakan sistem yang dapat mengamankan koneksi user ke internet. Cara kerjanya dengan mengubah IP address user supaya data user lebih aman ketika menjelajahi website. Proxy dapat menyamarkan IP address, namun tidak menyediakan fitur apa pun dan kurang user-friendly jika dibandingkan dengan VPN.

3. SmartDNS

SmartDNS merupakan alternatif server yang digunakan untuk membuka blokir konten yang dibatasi menurut lokasi tertentu menggunakan server DNS tanpa memperlambat koneksi. SmartDNS hampir sama dengan proxy namun tidak dapat menyamarkan IP address user. SmartDNS hanya dapat digunakan dengan website tertentu yang didukung oleh ISP.. 

4. Lantern

Lantern merupakan salah satu alternatif alat yang digunakan untuk menyamarkan sistem sensor konten di website P2P. User dapat menjelajah internet dengan bebas tanpa batasan yang biasa diterapkan oleh negara atau website tertentu.

Kesimpulan

VPN adalah layanan koneksi terenkripsi melalui internet dari perangkat ke jaringan yang dapat memberikan user akses ke sebuah situs secara aman dan privat. Cara kerja VPN adalah dengan mengubah jalur koneksi menggunakan server lain dan menyembunyikan IP address user dan mengenkripsi data sehingga data tidak bisa dibaca oleh sembarang orang. 

VPN mempunyai 3 fungsi utama antara lain melindungi privasi dan identitas pribadi user, meningkatkan keamanan, dan memberi kebebasan ketika menggunakan internet. Cara mengakses VPN adalah dengan menggunakan jasa layanan VPN maupun memakai router VPN. Dapat disimpulkan bahwa VPN adalah layanan koneksi yang penting untuk menjaga privasi, keamanan, dan kebebasan user saat menjelajahi website.

Cek beberapa layanan dari Sekawan Media mulai dari proses integrasi sistem jaringan internet Anda, hingga menyediakan jasa pembuatan aplikasi dan website terpercaya di Indonesia.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: