Database Adalah: Fungsi, Manfaat, dan 5 Macamnya

Daftar Isi
Daftar Isi
Pada era digital, semua data disimpan dengan sistem yang berbentuk kedalam sebuah perangkat lunak atau aplikasi. Setiap data tersebut memiliki detail yang dijelaskan secara seragam dan berdasarkan tanggal ditambahkannya data tersebut. Data-data tersebut terkumpul dan menjadi database.

Database adalah suatu sistem yang kompleks namun penting bagi penyimpanan data. Terutama data struktural suatu aplikasi. Jika database suatu aplikasi hilang atau rusak, maka aplikasi tidak akan berjalan dengan lancar atau mengalami malfungsi pada bagian database yang rusak tersebut.

Database juga memudahkan suatu aplikasi penyimpanan dan pengelolaan data dalam mengelola dan mengelompokkan data-data tersebut kedalam kelompok yang benar. Sehingga database sangat berperan penting dalam operasional aplikasi atau perangkat lunak DMS (Document Management System).

Ada banyak macam-macam database yang saat ini dipakai. Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai pengertian dari database, fungsi dan manfaat yang dihasilkan dari penggunaan database, hingga contoh dan macam-macam database seperti xml, JSON, dan lain sebagainya. Simak penjelasannya berikut.

Pengertian Database 

Secara umum menurut bahasa, database adalah “tempat data”. Hal tersebut merupakan gabungan dari kata “data” dan “base” yang dalam Bahasa Inggris berarti data dan tempat. Sehingga apabila digabungkan menjadi tempat data. Dan dalam teorinya database adalah sistem untuk mengumpulkan data.

Dalam pengertiannya secara spesifik, database adalah suatu sistem kompleks yang menyusun dan mengelompokkan kumpulan data yang berguna untuk memberikan informasi kepada pengguna. Umumnya data ini berguna untuk menjalankan aplikasi atau perangkat lunak.

Sehingga, secara singkat database adalah sistem yang berfungsi untuk untuk mengumpulkan file, tabel, dan arsip yang berguna bagi operasional suatu aplikasi dan berguna untuk memberikan informasi penting kepada pengguna terkait aplikasi yang mereka gunakan.

Istilah database awalnya mengacu pada dunia digital dan IT saja. Namun seiring perkembangan zaman, database adalah istilah yang digunakan pada pemerintahan dan administrasi. Terutama pada administrasi yang berkaitan dengan dunia digital seperti website atau aplikasi.

Setiap data yang terkumpul pada database berkaitan satu sama lain dan semuanya bekerja dalam satu aplikasi sesuai dengan jenis dan perannya masing-masing. Data yang disimpan dalam database dapat dimanipulasi atau diedit sehingga dapat membuat suatu aplikasi atau bahkan mengedit output aplikasi itu.

Seperti misalnya, jika seorang pengguna bermain game dan hendak mengubah sesuatu seperti fitur pada game tersebut yang tidak ada pada setting atau pengaturan, pengguna dapat mengedit data yang diperlukan di database mereka sehingga fitur yang diinginkan pada game tersebut bisa berubah.

Bisa dikatakan bahwa database adalah gudang bagi data-data yang merupakan informasi penting pada suatu aplikasi dan berperan mengubah aplikasi itu. Sehingga database adalah bagian yang sangat penting dalam aplikasi, perangkat lunak, ataupun website.

Fungsi Database

Ada berbagai macam fungsi database yang tersedia. Database adalah sistem yang memiliki konsep scanning yang sangat cepat sehingga mampu mendeteksi data yang masuk, keluar, dan berubah. Berikut adalah fungsi database yang dapat pengguna gunakan.

1. Dapat mengidentifikasi data dengan cepat

Melalui konsep scanning yang cepat dan detail, database dapat mengidentifikasi suatu data dengan cepat. Pengguna juga dapat merancang semua kebutuhan data seperti tabel hingga membuat hubungan atau koneksi antara tabel data.

Proses identifikasi tersebut sering disebut dengan “grab data” atau mengambil data. Cara mengambil data pada suatu database adalah dengan cara query. Lantas apa itu query? Query pada database adalah permintaan akan informasi yang diambil pada database.

Sehingga data yang diambil pada database akan memiliki pencatatan data pada query ini. Dan dapat dipakai untuk memanipulasi data.

2. Mengelola data secara terpusat

Semua data akan mudah dikumpulkan pada satu tempat. Hal ini dapat ditemukan pada server hosting atau cloud VPS. Sehingga pengguna akan lebih mudah dalam mengelola data pada database aplikasi mereka.

Selain itu, database dapat menghilangkan dan mengidentifikasi adanya duplikasi data. Sehingga database dapat melindungi data yang orisinil dan menghapus data duplikat.

3. Data lebih aman dan digunakan oleh banyak user

Data yang tersimpan dan terkumpul pada database akan lebih aman dari duplikasi atau kerusakan. Hal ini dipengaruhi oleh sistem scanning dan query yang dapat mengidentifikasi data dengan cepat dan memberikan pencatatan pada setiap data yang diedit.

Hal inilah yang menyebabkan database banyak digunakan oleh pengguna. Pengguna akan terbantu dengan kedua fitur ini dan lebih mudah mengubah dan mengedit serta mengembalikan suatu data dengan mudah tanpa takut jika data tersebut mengalami kerusakan atau hilang.

Manfaat Database

Melalui fungsi-fungsi diatas, database adalah sistem yang memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut seperti kecepatan dan keamanan data. Berikut adalah manfaat dari database.

1. Multi-user

Sebagai sistem yang dapat digunakan oleh siapa saja, database adalah sistem yang multi-user. Sehingga setiap orang bisa menggunakannya dan bisa mengelola data yang masuk pada sistem database tanpa perlu menjadi admin atau meminta izin kepada admin. 

2. Kecepatan dan kemudahan

Kemudahan dari database adalah dengan adanya fitur pencatatan yang lengkap dan tersimpan dengan baik. Sehingga setiap pengguna yang ingin mengubah atau menghapus suatu data dapat melihat dan menjadikan pencatatan tersebut sebagai panduan untuk melakukan langkah selanjutnya pada data itu.

3. Keamanan

Keamanan database sangat terjamin sehingga sulit untuk menduplikasi data. Database juga melindungi data yang akan dimanipulasi dengan memberikan pencatatan pada data tersebut sehingga ada catatan bahwa data tersebut sebelumnya sudah diubah atau dimanipulasi.

4. Mudah membuat dan mengedit aplikasi

Kemudahan dan keamanan yang ditawarkan database membuat user semakin leluasa untuk membuat dan mengedit suatu aplikasi. Seperti yang dijelaskan pada contoh sebelumnya, yaitu bagaimana database berpengaruh kepada pengguna yang ingin mengedit game.

Macam Database

Melalui manfaat dan fungsinya, ada berbagai macam-macam database yang dipakai oleh pengguna dalam mengembangkan atau membuat aplikasi. Macam dari database tersebut meliputi bentuk dari file yang tersimpan, dan lain sebagainya. Berikut adalah macam database.

1. Operational database

Adalah jenis database yang berfokus pada operasional dari data tersebut. Jenis ini mengelola data secara real-time dan dapat berubah-ubah. Jenis ini memungkinkan pengguna untuk mengubah dan memanipulasi data. Selain itu pengguna juga dapat mengubah nama data pada jenis ini.

Contoh jenis ini seperti JSON, XML, dan lain sebagainya.

2. Database warehouse

Database warehouse adalah jenis database yang bertugas menyimpan dan melaporkan hasil analisis data. Jenis ini merupakan repositori pusat data yang terpadu dan menyimpan data terkini maupun terdahulu dengan lebih dari satu sumber yang berbeda.

Jenis database ini seperti Microsoft SQL Server yang pernah dipasarkan oleh microsoft dalam 12 edisi yang berbeda dan masih banyak lagi.

3. Distributed database

Merupakan basis data yang perangkat penyimpanannya tidak terpasang pada perangkat komputer yang sama. Basis data tersebut tersimpan pada letak yang sama. Jenis ini akan mendistribusikan data melalui administrator yang ada pada server yang sudah terorganisir.

Contoh dari jenis ini adalah Microsoft Access yang dapat menyimpan suatu data dengan format mereka sendiri.

4. Relational database

Jenis ini mengorganisir data berdasarkan hubungan pada model data dengan data sebelumnya atau data lainnya. Umumnya semua sistem menggunakan konsep SQL (Structured Query Language) sebagai bahasa pemrograman dan mengatur fitur query mereka.

Contoh relational database adalah MySQL, PostgreSQL, MongoDB, Oracle Database, dan MariaDB.

5. End-user database

Jenis ini adalah sistem manajemen data yang ada pada library pemrograman. Namun berbeda dengan database warehouse, end-user database hanya berfokus pada satu sumber saja. Contoh jenis ini seperti SQLlite dan masih banyak lagi.

Demikian penjelasan terkait database. Database adalah suatu sistem pada perangkat yang berfungsi untuk menyimpan, mengumpulkan dan mengelola data. Database juga memiliki kelebihan seperti kecepatan dan identifikasi data secara menyeluruh. Sehingga sangat cocok untuk pembuatan aplikasi.

Dalam pembuatan software, Sekawan Media membantu melayani berbagai paket layanan dan solusi sesuai niche bisnis Anda.

Kami memastikan aplikasi yang kami buat memiliki sistem database yang baik. Hubungi kami untuk mendapatkan promo dan penawaran menarik lebih lanjut.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: