15 Peluang Usaha Bisnis Online dan Baru di Dunia IT

Table of Contents
Table of Contents

Banyak hal yang harus anda persiapkan untuk membuka atau terjun di dunia bisnis atau wirausaha. Anda perlu untuk memastikan faktor persaingan pasar, kebutuhan konsumen, atau memerlukan biaya modal. Namun, sebelum anda mempersiapkan semua hal tersebut, anda perlu untuk menganalisis dan mempertimbangkan keputusan dengan matang mengenai peluang usaha yang akan anda bangun atau rintis.

Mengapa perlu? Karena, saat ini banyak pengusaha yang memiliki modal besar, namun tidak dapat memanfaatkan peluang usaha bisnis yang dikembangkan dengan baik. Atau, banyak sekali orang yang gagal untuk merintis bisnis yang dimiliki karena persaingan dengan kompetitor bisnis yang sangat ketat. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai peluang usaha bisnis online terbaru dengan modal yang kecil, khususnya bisnis dalam dunia IT.

Persiapan untuk menghadapi peluang usaha baru

Apa saja yang perlu dipersiapkan terkait perkembangan dunia usaha, baik secara global maupun di tingkat domestik. Peluang usaha adalah kunci awal untuk membuka jalan bisnis dan merintis sebuah usaha. Berikut merupakan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pekerjaan dengan tepat dan solutif.

      1. Mengikuti minat dan bakat anda

Setiap orang tentu memiliki bakat dan minat (passion) masing – masing. Dan biasanya, beberapa orang juga memiliki kecenderungan untuk berfokus dan menekuni minat ataupun bakat yang dimilikinya untuk mencapai tujuan dan keinginannya. 

Nah, apabila anda memiliki keinginan untuk terjun langsung di dunia bisnis atau industri, hal yang perlu anda pikirkan dan pastikan dengan matang adalah sesuaikan bisnis atau usaha yang akan anda bangun. Apakah cocok atau sesuai dengan kriteria minat atau bakat yang dimiliki ataupun tidak. 

Langkah ini dapat membantu anda untuk mengurangi tingkat kegagalan dalam memulai suatu usaha. Dalam dunia IT sendiri, tentu sebagian besar cenderung memiliki minat dan keahlian dalam bidang teknologi dan informasi. Jadi, anda harus memikirkan dengan pikiran terbuka, apakah peluang usaha yang dibangun cocok atau tidak dengan passion dan minat saya.

      2. Bersifat online

Di masa yang serba gadget dan butuh akan sumber jaringan internet, tentu setiap pelaku usaha bisnis juga memikirkan konsep peluang usaha baru yang cocok dan mendukung kebutuhan secara online dan tidak hanya mengandalkan transaksi konvensional. Saat ini, banyak sekali pekerjaan yang dapat dilakukan secara remote atau menggunakan bantuan perangkat teknologi dan aplikasi yang ada.

Keuntungan dari adanya bisnis online ini adalah mampu memperluas jaringan konsumen, serta informasi yang dibutuhkan dapat diakses secara real-time. Hal terpenting disini adalah, mampu untuk mendukung suatu pekerjaan yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

      3. Melakukan riset kompetitor bisnis

Setelah anda menentukan peluang bisnis online yang cocok dengan minat anda, selanjutnya adalah berfokus untuk melakukan riset kompetitor atau pesaing bisnis anda. Tujuannya adalah, ketika anda telah terjun di lapangan, anda telah mempersiapkan segala kebutuhan dengan baik dan tepat.

Jadi, anda sudah tidak perlu lagi bingung ataupun panik dalam menghadapi kondisi nyata di lapangan. Keuntungan dari adanya riset ini juga mampu untuk menentukan kesiapan dan kondisi sumber daya yang kita miliki, apakah cukup untuk membangun bisnis dan peluang usaha dengan menghadapi kompetisi yang ada. Ataupun dapat merubah pola kinerja yang kita miliki untuk menyesuaikan dengan kondisi bisnis yang ada.

      4. Fokus pada tujuan dan prinsip kerja anda

Kemudian, anda juga harus selalu untuk berfokus pada tujuan dan prinsip awal anda membangun sebuah bisnis. Apabila anda memiliki goals yang bagus, maka akan memberikan hasil yang baik bagi bisnis anda.

Prinsip kerja yang baik dapat dilakukan dengan mengubah pola pikir anda menjadi lebih terbuka, aktif dan mengembangkan relasi, serta mengikuti selalu perkembangan berita dan informasi terbaru seputar usaha dan bisnis di berbagai media.

      5. Mengelola dan memanfaatkan modal dengan baik

Persiapan terakhir yang dapat anda gunakan adalah mencoba untuk membangun peluang usaha modal kecil dan relevan dengan kebutuhan konsumen saat ini. Namun, apabila anda memiliki modal yang cukup, maka anda harus mencoba untuk belajar memanajemen modal sesuai dengan pengeluaran yang ada.

Pastikan juga untuk selalu menggunakan keuangan dan mengelola sesuai dengan kebutuhan yang ada. Mulailah belajar untuk memanajemen setiap hal terkait dengan kebutuhan anggaran bisnis. Sehingga, saat bisnis yang anda jalankan mengalami penurunan omset, anda masih memiliki biaya tabungan cadangan untuk menutupi kerugian sementara yang anda alami. 

Daftar peluang usaha online di dunia IT

Ada banyak sekali peluang usaha baru yang bermunculan di tahun 2020 ini. Terutama dari sektor teknologi, informasi, dan komunikasi. Berikut merupakan beberapa contoh peluang usaha online yang dapat anda coba, dengan modal yang kecil.

      1. Kursus online

Peluang usaha online yang pertama adalah kursus online. Disini, anda dapat memulai membuka kursus terkait dengan pengembangan dan pembelajaran teknologi informasi. Seperti membuka les privat seputar pemrograman komputer, instalasi jaringan komputer, teknik desain multimedia yang interaktif, dll. 

Pekerjaan ini juga termasuk ke dalam peluang usaha modal kecil yang saat ini banyak dibutuhkan oleh beberapa siswa atau peserta didik yang tertarik di dunia IT. Terutama untuk kalangan yang mengikuti pendidikan dan karir di dunia industri digital dan startup.

      2. Jasa pembuatan website

Website saat ini banyak digunakan dan diakses oleh seluruh orang di dunia. Sehingga, kebutuhan akan jasa pembuatan website semakin berkembang pesat. Anda dapat mencoba peruntungan bisnis tersebut dengan menjadi seorang web programmer. 

Dibutuhkan skill khusus untuk memahami bahasa pemrograman, algoritma, dan struktur data sebuah program. Keuntungan dari peluang usaha ini adalah mampu dikerjakan secara online dan tidak membutuhkan modal yang besar.

      3. Jasa service komputer / PC

Jika anda memiliki bakat dan minat dalam urusan perbaikan perangkat komputer. Tidak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha online ini tanpa membutuhkan modal yang sangat besar. 

Cukup dengan kemampuan teknis dan memiliki beberapa peralatan khusus saja, anda dapat menghasilkan keuntungan yang cukup signifikan. Anda dapat memanfaatkan minat dan keahlian anda untuk dapat menjadi sebuah pekerjaan baru yang sesuai dengan passion anda.

      4. Berjualan perangkat lunak / Software

Kebutuhan akan perangkat lunak tentu terus mengalami peningkatan. Terutama, bagi sebagian orang yang ingin membeli sebuah software secara resmi yang disertai dengan lisensi. Anda dapat mencoba bisnis tersebut saat ini, tentunya juga harus memiliki modal khusus seperti keahlian dalam melakukan instalasi perangkat lunak.

Selain itu, juga harus memiliki kemampuan dan pengetahuan lebih tentang teknologi terkini. Sehingga, setiap konsumen yang tertarik dengan produk anda, dapat memahami maksud dan penjelasan yang anda sampaikan.

      5. Menjual tema blog

Kebutuhan akan informasi semakin meningkat seiring dengan perkembangan website dan aplikasi mobile. Sehingga, banyak orang yang berminat untuk membeli tema sebuah blog. Blog merupakan konten website yang menyajikan informasi berupa artikel, berita, buletin, dll. 

Anda perlu mencoba peluang usaha modal kecil ini dengan memanfaatkan jaringan internet dan perangkat komputer anda. Pekerjaan ini juga dapat dilakukan secara online atau remote. 

      6. Translator

Peluang usaha yang berikutnya adalah menjadi seorang translator (penerjemah). Pekerjaan yang satu ini termasuk ke dalam peluang usaha modal kecil yang dapat dilakukan secara online. 

Hal yang perlu dipersiapkan adalah, anda harus memiliki kemampuan untuk dapat menerjemahkan beberapa bahasa asing sesuai dengan kebutuhan bisnis dan klien anda. Jadi, pastikan untuk menguasai lebih dari 2 bahasa asing agar anda dapat bekerja secara profesional.

      7. Menjadi konsultan SEO

Peluang usaha baru di tahun 2020 ini tentu adalah konsultan SEO. Pekerjaan tersebut tentu dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Fokus utama dari SEO sendiri adalah untuk mengoptimalkan kinerja dan peringkat dari halaman situs agar masuk pada ranking di halaman pertama mesin pencari Google.

Anda dapat memulai bisnis ini dengan belajar secara otodidak mulai dari hal yang bersifat teknis maupun non teknis. Anda tidak perlu khawatir, karena pekerjaan ini tidak berfokus pada pengembangan aplikasi dalam bentuk coding, namun lebih mengarah pada teknik atau cara mengoptimalkan aplikasi atau website tersebut.

      8. Freelance pengembangan aplikasi

Tentunya anda telah mengenal pekerjaan freelance. Nah, bagi anda yang tertarik untuk membuka peluang usaha online dengan modal kecil maka anda dapat mencoba menjadi freelance programmer. 

Disini, anda dituntut untuk dapat mengembangan dan membangun aplikasi sesuai dengan kebutuhan klien dengan batas waktu yang telah ditentukan. Biasanya, anda dapat bekerja secara fleksibel dan tidak terbatas oleh waktu untuk proses pengerjaan proyek. 

      9. Penulis Online

Peluang usaha baru yang selanjutnya adalah penulis online atau biasa disebut content writer. Tugas dari content writer disini adalah membuat sebuah tulisan atau artikel untuk diunggah dalam sebuah website. 

Jika anda memiliki minat dan tertarik di bidang kepenulisan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba pekerjaan ini. Karena, di tahun 2020 ini, kebutuhan akan content writer terus meningkat karena banyak orang yang menghabiskan waktu untuk membaca konten melalui perangkat aplikasi mereka.

Baca juga: Content Writer: Definisi, Tugas, dan Tips Menjadi Penulis Handal

      10. Freelance desain grafis

Peluang usaha baru selanjutnya adalah freelance desain grafis. Bagi anda yang memiliki keahlian dan berjiwa seni yang tinggi, anda dapat mencoba untuk menjadi seorang designer untuk kebutuhan desain sebuah aplikasi maupun pembuatan logo, banner, dll.

Untuk sekarang, banyak sekali kebutuhan akan pembuatan desain sebuah brand perusahaan. Jadi, anda dapat memulai bisnis dengan menjadi freelance desain grafis hanya dengan bermodal perangkat komputer, dan dukungan sumber internet yang stabil.

      11. Membuka jasa service barang elektronik

Peluang usaha berikutnya adalah jasa perbaikan perangkat elektronik. Bagi anda yang tertarik di bidang elektro atau kelistrikan, anda dapat mencoba menjual jasa service barang elektronik. 

Cukup dengan bermodalkan ilmu, serta peralatan penunjang kebutuhan perbaikan alat, maka anda dapat membuka usaha tersebut dengan hanya menggunakan modal yang kecil. Pada umumnya, perangkat elektronik yang biasanya dapat diperbaiki adalah televisi, mesin cuci, monitor, radio, dll.

      12. Menjadi youtuber

Peluang usaha baru berikutnya adalah menjadi seorang youtuber. Akhir – akhir ini pekerjaan yang satu ini menjadi tren dan banyak menumbuhkan content creator baru. Cukup dengan bermodalkan perangkat komputer dan jaringan internet yang cukup, anda dapat membuat sebuah karya dalam bentuk video yang nantinya akan diunggah dalam media sosial bernama Youtube.

Pastikan untuk anda menentukan terlebih dahulu tema atau konten yang akan anda sajikan kepada pengunjung channel anda. Kemudian, yang terpenting disini adalah, untuk selalu menjaga integritas dan tidak melakukan plagiasi konten yang sudah ada.

      13. Manajemen media sosial

Apabila anda tertarik dan selalu menghabiskan waktu dalam media sosial, anda dapat memanfaatkan berbagai fitur dalam media sosial untuk memulai bisnis anda. Misalnya saja dengan membuka jasa iklan di Facebook , Instagram, dll. Kemudian, anda juga dapat mengunggah konten yang menarik serta berbagi tips dan trik melalui fitur yang tersedia.

Peluang usaha online ini dapat dilakukan kapan saja dan tidak terbatas oleh waktu. Yang perlu diperhatikan disini adalah, pastikan untuk selalu menjaga postingan dan tidak mengarah pada konten yang mengandung unsur kebencian atau SARA.

      14. Web designer

Apabila sebelumnya terdapat pekerjaan dalam bidang pemrograman website, maka ada peluang usaha baru, yaitu menjadi seorang web designer. Tujuan dari pekerjaan ini adalah berfokus pada pembuatan tampilan awal desain dari website sebelum diterjemahkan ke dalam bentuk coding oleh developer website.

Anda perlu mempersiapkan mengenai kebutuhan perangkat komputer, tools untuk membuat desain, serta jaringan internet yang cukup. Perbanyak relasi dan komunitas untuk mengembangkan karir anda di dunia designer.

      15. Konsultan IT

Peluang usaha modal kecil yang terakhir adalah menjadi seorang konsultan IT. Tugas dari konsultan IT disini adalah memberikan konsultasi dan rekomendasi kepada klien mengenai bisnis dan usaha terkait teknologi dan informasi terkini.

Anda harus berfokus pada bagaimana memberikan penyelesaian dan solusi terbaik kepada klien agar dapat membantu bisnis yang dimilikinya. Konsultan IT harus memiliki pemikiran yang kritis dan terbuka, untuk dapat mengatasi berbagai problematika yang ada dalam dunia IT.

Baca juga: Tips Memilih Konsultan IT yang Tepat untuk Startup

Kesimpulan

  • Peluang usaha adalah salah satu kunci utama untuk dapat mengembangkan karir anda agar lebih terarah dan tepat pada sasaran. Pekerjaan yang berkualitas dapat dicapai apabila kita memiliki tujuan, passion, dan pola pikir yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. 
  • Hal – hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi peluang usaha yang baru antara lain, mengikuti minat dan bakat, bersifat online, melakukan riset kompetitor, berfokus pada tujuan, serta mampu untuk memanajemen modal dengan baik.
  • Terdapat 15 daftar peluang usaha bisnis online di dunia IT yang dapat anda manfaatkan saat ini agar dapat bersaing di era digitalisasi. Pastikan juga, pekerjaan tersebut telah sesuai dengan kondisi dan spesialisasi anda.

Kami menawarkan jasa pembuatan website custom dan profesional di Malang. Kami telah menyelesaikan lebih dari 100+ proyek dari berbagai klien di Indonesia dan Asia Tenggara. Jika anda tertarik, silahkan kontak tim Sekawan Media.

Related Article

LAYANAN

Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

Timah Electronic Office
PT. Timah Tbk
2018
Sistem Manajemen Transportasi
PT. Wijaya Putra Santosa
2019

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: