• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

Homepage adalah: Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Contohnya

Daftar Isi
Daftar Isi
Homepage adalah halaman pertama atau "pintu depan" dari sebuah situs web. Halaman ini adalah titik awal yang akan dilihat oleh pengunjung ketika mereka memasuki alamat situs Anda di peramban web.

Dalam dunia internet yang semakin berkembang, sebuah halaman depan menjadi elemen yang sangat penting bagi setiap situs web.

Nah, homepage adalah halaman pertama yang dilihat oleh pengunjung saat mereka mengunjungi situs Anda. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami halaman utama, bagaimana membuatnya menarik, dan bagaimana mengoptimalkannya untuk SEO (Search Engine Optimization).

Apakah yang dimaksud dengan homepage dan seperti apa contohnya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut!

Apa itu Homepage?

Homepage adalah halaman pertama atau “pintu depan” dari sebuah situs web. Halaman ini adalah titik awal yang akan dilihat oleh pengunjung ketika mereka memasuki alamat situs Anda di peramban web.

Lebih lanjut, homepage adalah tempat di mana situs web Anda biasanya memperkenalkan diri, menampilkan tautan ke halaman-halaman utama lainnya, dan memberikan gambaran umum tentang apa yang bisa diharapkan oleh pengunjung di situs tersebut.

Jika diibaratkan, homepage adalah “wajah” situs web Anda dan berfungsi sebagai titik akses utama bagi pengguna.

Oleh karena itu, penting untuk merancang halaman utama dengan baik, membuatnya menarik, dan menjadikannya mudah dinavigasi.

Fungsi Homepage

Homepage, atau halaman utama situs web, memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting untuk keseluruhan pengalaman pengunjung dan kesuksesan situs Anda.

Berikut adalah beberapa fungsi utama halaman utama:

1. Menggambarkan Identitas dan Merek 

Halaman utama adalah tempat pertama di mana Anda dapat memperkenalkan identitas bisnis Anda. Logo, nama bisnis, dan pesan singkat yang mencerminkan misi dan visi Anda harus hadir di sini.

2. Menyajikan Navigasi 

Menu navigasi pada halaman depan adalah peta jalan bagi pengunjung. Ini membantu mereka menemukan halaman dan konten yang mereka cari dengan mudah.

3. Mengarahkan Pengunjung

Halaman utama adalah titik awal yang ideal untuk mengarahkan pengunjung ke halaman-halaman kunci. Anda dapat menggunakan tautan dan call-to-action untuk mengarahkan pengguna ke produk atau layanan utama Anda.

4. Menghadirkan Informasi Terkini 

Anda dapat menggunakan halaman depan untuk memperbarui pengunjung dengan berita terbaru, penawaran spesial, atau konten menarik lainnya.

5. Meningkatkan SEO 

Halaman depan yang baik dapat membantu Anda dalam upaya SEO. Ini adalah tempat yang tepat untuk mengoptimalkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Langkah Mudah Membuat Website Company Profile

Komponen Utama Homepage

Untuk membuat halaman depan yang efektif, ada beberapa komponen utama yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Header

Header berisi logo, judul situs, dan menu navigasi utama. Ini adalah bagian pertama yang terlihat oleh pengunjung saat mereka mengunjungi situs Anda. Pastikan logo dan judul situs Anda jelas dan mencerminkan merek Anda.

2. Teks Pengantar

Teks pengantar atau “tagline” adalah teks singkat yang menjelaskan apa yang situs Anda tawarkan atau tentang apa situs Anda. Biasanya, tagline mencerminkan visi dan misi Anda.

3. Gambar atau Video Utama

Gambar besar atau video yang menarik adalah cara efektif untuk menarik perhatian pengunjung. Ini dapat menjadi gambar produk, gambar lanskap, atau elemen visual lainnya yang relevan dengan konten situs Anda.

4. Call-to-Action (CTA)

CTA adalah elemen yang mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mendaftar, berlangganan, atau menjelajahi produk. CTA yang baik harus mencolok dan menarik.

5. Tautan Menu

Menu navigasi utama harus mencakup tautan ke halaman-halaman utama situs Anda, seperti “Tentang Kami,” “Produk,” “Kontak,” dan lain-lain. Pastikan menu mudah dinavigasi dan tautannya relevan dengan tujuan situs Anda.

6. Widget Media Sosial

Jika Anda aktif di media sosial, tampilkan ikon media sosial dan tautan ke akun Anda di halaman utama. Ini memungkinkan pengunjung untuk terhubung dengan Anda di platform lain.

Perbedaan Homepage dan Landing Page

Homepage dan landing page adalah dua halaman web yang berbeda dalam hal tujuan, konten, dan penggunaannya.

Berikut adalah perbedaan utama antara halaman utama dan landing page:

PerbedaanHomepageLanding Page
TujuanTujuan utama dari halaman depan adalah memberikan gambaran umum tentang situs web Anda. Ini adalah pintu gerbang utama ke berbagai halaman dan konten situs AndaTujuan utama dari landing page adalah mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu. Landing page dirancang untuk mencapai konversi
KontenHalaman utama cenderung memiliki konten yang lebih umum dan mencakup berbagai topik atau tautan ke halaman-halaman utama situs Anda.Landing page memiliki konten yang dirancang untuk mendukung tujuan tindakan tertentu, seperti mempromosikan produk tertentu atau mendapatkan informasi kontak pengunjung.
Tautan NavigasiHalaman depan umumnya memiliki menu navigasi yang lengkap dengan tautan ke berbagai halaman situs Anda.Landing page seringkali memiliki sedikit atau tidak ada tautan navigasi.
Keterlibatan PengunjungHalaman utama bertujuan untuk memberikan pengunjung gambaran umum dan mengarahkan mereka untuk menjelajahi lebih lanjut situs web Anda.Landing page dirancang untuk memaksimalkan keterlibatan pengunjung dan mendorong tindakan tertentu, seperti mengisi formulir atau membuat pembelian.
Peran dalam PemasaranHomepage adalah titik awal yang klasik saat seseorang mengunjungi situs web Anda, tetapi tidak selalu menjadi fokus kampanye pemasaran.Landing page digunakan dalam iklan online, email marketing, dan kampanye lainnya untuk mendorong konversi.

Baca juga: 11 Bahasa Pemrograman Web Terbaik untuk Pemula

Contoh Homepage

Berikut adalah beberapa contoh homepage dari berbagai jenis website:

1. Homepage Situs Berita

Halaman utama situs berita biasanya menampilkan berita terbaru dalam format yang mudah dinavigasi. Halaman depan ini menampilkan headline berita terkini, foto-foto, dan tautan ke kategori berita, seperti politik, bisnis, olahraga, hiburan, dan lain-lain. Contoh:

Contoh homepage situs berita
Contoh Homepage Situs Berita

2. Homepage Situs E-Commerce

Halaman depan situs e-commerce menampilkan produk-produk terbaru, penawaran spesial, dan tautan ke kategori produk. Halaman depan ini menampilkan produk-produk terpopuler, rekomendasi, dan diskon saat ini. Contoh:

Contoh homepage e-commerce
Contoh Homepage E-Commerce

3. Homepage Situs Pendidikan

Halaman depan situs pendidikan biasanya memiliki navigasi yang jelas ke kursus-kursus atau program-program pendidikan yang mereka tawarkan. Halaman utama ini menampilkan program akademik, berita kampus, dan tautan untuk calon mahasiswa. Contoh:

Contoh homepage situs pendidikan
Contoh Homepage Situs Pendidikan

4. Homepage Situs Perusahaan

Halaman depan situs perusahaan biasanya mencerminkan identitas merek dan memberikan informasi tentang produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Halaman utama ini mencantumkan informasi tentang visi dan misi perusahaan, produk atau layanan terbaru, dan kontak perusahaan. Contoh:

Contoh homepage situs perusahaan
Contoh Homepage Situs Perusahaan

5. Homepage Situs Media

Halaman utama situs media sosial biasanya berfungsi sebagai laman masuk untuk pengguna yang ingin mengakses akun mereka. Halaman depan ini memiliki kolom masuk, tautan untuk membuat akun, dan umpan berita. Contoh:

Contoh homepage situs media
Contoh Homepage Situs Media

Baca Juga: Landing Page: Definisi, Cara Kerja, Jenis, Prinsip Dasar

Itulah dia penjelasan lengkap tentang halaman buka beserta contohnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa homepage adalah elemen kunci dari setiap situs web.

Lebih lanjut, halaman ini adalah pintu depan yang memberikan kesan pertama kepada pengunjung dan berfungsi sebagai pusat navigasi utama. 

Untuk memaksimalkan potensinya, Anda perlu merancang halaman utama dengan baik dan mengoptimalkannya untuk SEO. 

Dengan memahami apa itu halaman utama dan mengikuti strategi SEO yang tepat, Anda dapat meningkatkan visibilitas situs Anda di mesin pencari dan memberikan pengalaman pengunjung yang lebih baik. 

Apabila Anda membutuhkan website untuk memenuhi kebutuhan bisnis atau perusahaan Anda, Sekawan Media menyediakan solusinya.

Sekawan Media menyediakan jasa pembuatan website yang selalu memberikan layanan terbaik dan telah dipercaya oleh klien di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengubungi kontak kami.

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: