• LAYANAN

      Melayani berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi dan website yang menjangkau area UMKM hingga bisnis berskala Enterprise.

      Sistem Monitoring Internal Audit MIND ID
      MIND ID
      2022
      Aplikasi SMSCrops Syngenta
      PT Syngenta Seed Indonesia
      2018
  • TENTANG KAMI
  • PORTOFOLIO
  • KARIR
  • BERITA & INFORMASI
  • HUBUNGI KAMI

10 Strategi Pemasaran Produk Digital, Ampuh Tarik Pelanggan!

Daftar Isi
Daftar Isi
Dalam menjalankan setiap biasa, baik dilakukan secara konvensional (tatap muka) maupun online, harus memiliki strategi pemasaran yang tepat. Hal tersebut bertujuan agar setiap pelaku bisnis usaha dapat memperoleh keuntungan dan pencapaian yang maksimal.

Tentunya, hal tersebut tidaklah mudah untuk dicapai secara instan. Perlu adanya metode dan cara khusus untuk dapat meningkatkan penjualan dari produk dan jasa yang dimiliki.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai hal – hal yang berkaitan dengan strategi pemasaran. Sehingga, anda dapat memiliki target dan tujuan bisnis yang tepat saat membangun sebuah bisnis, terutama melalui bisnis online.

Pengertian dari Strategi Pemasaran

Pertama, yang harus kita ketahui adalah apa itu strategi pemasaran? Nah, strategi pemasaran adalah perencanaan atau penyusunan program untuk mencapai suatu target pasar, dan target tersebut nantinya akan diubah menjadi konsumen produk bisnis yang berasal dari perusahaan.

Jadi, dengan adanya strategi tersebut, maka kita dapat menentukan target utama bisnis kita dan dapat membidik konsumen dengan lebih spesifik lagi sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi produk yang kita tawarkan.

Selain itu, juga memudahkan dalam koordinasi antartim dengan Anda supaya tidak terjadi penafsiran yang salah berkaitan dengan pemasaran suatu produk.

Pentingnya Strategi Pemasaran Produk

Dalam pembuatan sebuah produk, tentu membutuhkan sebuah strategi bisnis yang tepat agar setiap langkah dan program yang dijalankan dapat berjalan dengan semestinya. Terdapat beberapa alasan mengenai pentingnya sebuah strategi pemasaran produk yang baik.

Berikut merupakan beberapa hal terkait pentingnya membuat strategi bisnis.

1. Membangun Brand Awareness

Tujuan pertama dari mengembangkan strategi bisnis adalah untuk membangun brand awareness. Ketika target pasar Anda lebih mengenal produk brand yang Anda buat, maka secara tidak langsung, target pasar tersebut akan menjadi konsumen produk Anda.

Jadi, semakin Anda mengenalkan nilai jual produk anda kepada konsumen, maka semakin besar kesempatan untuk konsumen mengenal dan mengingat brand produk tersebut. Hal tersebut akan berpengaruh pada kredibilitas bisnis Anda.

2. Membidik Pangsa Pasar yang Tepat

Menentukan target yang pasar sesuai produk yang Anda miliki merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap pelaku bisnis. Apabila Anda tidak memiliki target market yang jelas, maka Anda tidak akan bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnis tersebut.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan riset kebutuhan konsumen dan kompetitor dari bisnis Anda. Sehingga, Anda dapat memperkirakan peluang dari persaingan bisnis dengan kompetitor.

3. Memaksimalkan Sumber Daya yang Ada

Strategi pemasaran produk harus memperhatikan sumber daya (resource) yang ada. Maksimalkan setiap kebutuhan dengan efektif dan tepat. Jangan terlalu sering untuk melakukan pemborosan dana untuk hal yang tidak menjadi prioritas.

Tim marketing memanfaatkan peluang untuk strategi pemasaran
Diskusi Marketing Team (Unsplash)

4. Membangun Reputasi Perusahaan

Membangun reputasi bisnis perusahaan merupakan hal terpenting yang harus dilakukan. Mengapa? Karena jika kredibilitas dari perusahaan meningkat pesat, maka tingkat kepercayaan customer juga akan ikut meningkat. Pastikan, Anda membuat produk layanan dengan baik dan tanpa mengandung unsur penipuan.

5. Meningkatkan Keuntungan Bisnis Perusahaan

Tujuan strategi pemasaran produk yang terakhir adalah untuk meningkatkan pertumbuhan dari segi keuntungan bisnis. Pemasaran yang baik dan tepat mampu untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan dari berbagai hal.

Hal tersebut dapat dicapai, apabila manajemen dan koordinasi antar setiap departemen dapat berjalan dengan baik dan selaras.

10 Contoh Strategi Pemasaran Digital yang Efektif

Setelah mengenal apa itu strategi pemasaran produk dan tujuan dari penggunaannya. Selanjutnya masuk pada pembahasan mengenai beberapa contoh marketing strategy online. Berikut ini merupakan beberapa bentuk sajian contoh pemasaran online yang efektif untuk bisnis Anda saat ini.

1. Email Marketing

Menurut sebagian orang mungkin menganggap bahwa email marketing merupakan spam dan berpotensi untuk mengganggu konsumen. Namun, hal tersebut tidak terbukti benar dan faktanya adalah penggunaan dari email marketing semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Dari beberapa studi kasus yang pernah dilakukan, menunjukkan hasil bahwa email marketing 40 persen lebih efektif untuk menjangkau customer daripada menggunakan media sosial seperti Facebook dan Twitter. Banyak dari konsumen yang berlangganan newsletter apabila terdapat penawaran khusus seperti diskon atau kupon spesial. 

2. SEO (Search Engine Optimization)

Agar website bisnis Anda dapat masuk pada mesin pencarian Google, maka Anda perlu melakukan optimasi pada situs Anda. Aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara optimasi SEO. Metode ini terbukti sangat efektif untuk dapat meningkatkan peringkat halaman situs anda pada mesin pencari. 

Bagaimana cara untuk melakukan optimasi tersebut? Dalam SEO sendiri, terbagi lagi menjadi dua bagian, pertama adalah On Page SEO dan Off Page SEO. Langkah awal yang harus dilakukan adalah optimasi dari sisi On Page terlebih dahulu. Di mana Anda melakukan optimasi dari sisi konten halaman situs Anda.

Apabila sudah dirasa cukup, maka Anda dapat melakukan optimasi dengan bantuan backlink dari situs website lain yang memiliki kredibilitas yang baik. Penjelasan lengkapnya dapat anda simak pada artikel kami berikut.

Baca juga: Optimasi Landing Page Website Anda dengan SEO

3. Content Marketing

Contoh strategi pemasaran online berikutnya adalah content marketing atau dalam bahasa Indonesia berarti pemasaran konten. Dalam memperkenalkan sebuah produk, tentu Anda harus dapat meyakinkan konsumen Anda dengan bantuan konten yang sesuai.

Sehingga, konsumen Anda mulai tertarik dengan penyampaian konten tersebut dan pada akhirnya ingin membeli dan memakai produk Anda. Content marketing ini juga erat kaitannya dengan optimasi SEO. Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat konten blog atau artikel pada website bisnis anda. 

Dengan bantuan konten blog yang telah dibuat, maka otomatis dapat meningkatkan trafik pengunjung situs Anda untuk membaca beberapa informasi dalam konten yang dibuat. Pastikan untuk melakukan riset keyword, serta kompetitor Anda sebelum membuat blog atau artikel.

4. Memanfaatkan Google Bisnisku

Fitur Google Bisnisku diciptakan oleh Google untuk membantu setiap usaha, baik sekelas pengusaha mandiri, UKM, maupun tingkat perusahaan besar untuk dapat mengembangkan dan memperkenalkan bisnis mereka kepada konsumen.

Calon konsumen dapat melihat berbagai informasi terkait dengan nama bisnis, alamat perusahaan, jam operasional, alamat email, nomor telepon, website, foto kantor, hingga feedback atau review dari pelanggan.

Dengan mendaftarkan akun anda pada Google Bisnisku, secara otomatis bisnis Anda akan masuk pada pencarian di Google Maps.

5. Menggunakan Social Media Ads

Social media ads digunakan untuk strategi marketing
Social Media (Adem Ay/Unsplash)

Banyak sekali cara untuk dapat mempromosikan produk bisnis, salah satunya dengan menggunakan bantuan media sosial. Saat ini tingkat penggunaan media sosial mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Platform media sosial yang paling banyak digunakan saat ini antara lain, Facebook, Twitter, dan Instagram.

Ketiga platform tersebut juga memiliki fitur untuk menyediakan layanan iklan bisnis (ads) kepada setiap pelaku bisnis. Contohnya adalah fitur Facebook Ads, Twitter Ads, dan Instagram Ads.

Jadi, selain menggunakan strategi dalam pencarian produk secara organik, anda juga dapat memanfaatkan promosi melalui social media ads.

6. Website Online Store

Adanya website toko online ini penting karena dapat menjangkau dan memasarkan produk melalui media sosial. Website toko online yang menarik akan menarik minat pelanggan untuk berkunjung dan akhirnya berbelanja pada toko Anda.

Hal tersebut karena saat ini marak penipuan yang membuat pelanggan menjadi ragu untuk berbelanja secara online. Website online store juga memberikan keamanan bagi pelanggan yang ingin berbelanja

7. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah sebuah jasa yang ditawarkan oleh seorang influencer untuk memasarkan dan mengenalkan produk sebuah bisnis. Tujuan dari strategi ini adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan sebuah merek.

Influencer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi calon pembeli dengan merekomendasikan sebuah produk di media sosial. Oleh karena itu, influencer dapat memengaruhi perilaku dari audiens mereka.

8. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah sebuah metode marketing dalam bisnis yang memberikan tugas kepada affilator untuk mempromosikan sebuah merek.

Apabila affiliator berhasil untuk mempromosikan sebuah produk, mereka akan mendapatkan komisi.Bagi bisnis yang belum memiliki website, affiliate marketing ini sangat cocok karena dapat mendatangkan penghasilan pasif dan relatif mudah bagi pemula.

9. SEM (Search Engine Marketing)

SEM adalah teknik marketing di internet yang dilakukan melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website untuk berada di hasil pencarian SERP. SEM juga dipahami sebagai optimasi website dengan memanfaatkan iklan berbayar.

Penerapan dari SEM ini adalah dengan mengiklankan website menggunakan banyak metode, contohnya Pay Per Click, dan sebagainya. Dengan menggunakan SEM, target traffic suatu website akan mudah dicapai.

10. Video Marketing

Saat ini, video menjadi bentuk konten yang populer di banyak kalangan. Video dapat menjangkau dan menarik minat pelanggan dengan mudah. Video marketing adalah sebuah marketing strategy yang cocok digunakan di era digital saat ini.

Video yang dibuat harus memiliki konsep yang menarik dan tidak membosankan. Dengan begitu, pelanggan akan mengerti terhadap video yang ditampilkan dan akan tertarik dengan produk yang dipasarkan.

Baca Juga: Digital Marketing : Pengertian, Jenis, Manfaat, dan 7 Strategi Efektif

Kesimpulan

  • Strategi pemasaran adalah perencanaan program untuk membantu mencapai target pasar, yang nantinya dapat menjadi konsumen atau customer produk Anda. Terdapat beberapa alasan penting terkait dengan strategi pemasaran, seperti meningkatkan brand awareness, membangun reputasi, keuntungan perusahaan, sumber daya, dan target pasar.
  • Banyak sekali contoh strategi pemasaran yang dapat dilakukan, seperti email marketing, optimasi SEO, content marketing, riset keyword, dan lain sebagainya.
  • Dalam membangun sebuah bisnis, pastikan untuk selalu membuat perencanaan yang matang dan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Kemudian, buatlah strategi bisnis yang cocok dan sesuai dengan produk yang akan dibuat.

Salah satu strategi pemasaran digital yang saat ini banyak digunakan adalah dengan website. Website dapat membantu sebagai media promosi, meningkatkan brand awareness, dan membangun brand story yang tepat sesuai objektif bisnis.

Pembuatan website profesional, Sekawan Media solusinya! Sekawan Media adalah penyedia jasa pembuatan website profesional, kami selalu berkomitmen untuk menjadi yang terbaik dan terdepan dalam memberikan layanan. Yuk, kunjungi website kami untuk mendapat informasi lebih lanjut!

Copied To Clipboard

Bagikan Ke: