Menu Close
Close
Table of Contents
Table of Contents

Banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet. Freelance adalah salah satu pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi digital dan memanfaatkan jaringan internet. Saat ini, kebutuhan akan freelance kian meningkat dikarenakan memiliki beberapa kelebihan daripada pekerjaan yang dilakukan pada umumnya.

Pada artikel kali ini, akan mengulas tentang apa itu freelance, beserta contoh pekerjaannya, situs terkait, hingga cara menjadi freelancer profesional. Sebelumnya, kita harus mengenal terlebih dahulu pengertian dari freelance.

Pengertian freelance

Freelance adalah salah satu jenis pekerjaan yang tidak terdapat ikatan jangka panjang dengan klien atau orang yang memberikan suatu proyek. Orang yang melakukan kegiatan freelance disebut dengan freelancer.

Seorang freelancer dapat melakukan pekerjaan tanpa perlu datang ke kantor terlebih dahulu. Namun, dapat dilakukan di rumah ataupun berbagai tempat dengan jam kerja yang tidak dibatasi. Asalkan, target dari hasil proyek telah tercapai sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Freelance pada umumnya disebut dengan pekerja lepas. Kontrak kerja yang dimiliki oleh freelancer hanya berisikan proyek yang akan dikerjakan, biaya, dan waktu pengerjaan. Jadi, apabila pekerjaan dianggap sudah selesai, maka kontrak dengan klien telah dianggap selesai. 

Freelance Indonesia

Pekerjaan freelance Indonesia untuk saat ini memang banyak diminati. Faktor yang menjadi seseorang memilih menjadi pekerja lepas adalah karena mempunyai aktivitas kerja yang fleksibel dan dapat dikerjakan dimana saja.

Terkait dengan gaji yang diperoleh oleh pekerja freelance, menyesuaikan dengan jenis pekerjaan yang diambil. Selain itu, juga ditentukan oleh seberapa kompleks proyek yang diambil dan dengan waktu yang telah dirundingkan bersama customer.

Cara menjadi freelancer profesional

Berikut ini merupakan beberapa cara menjadi freelancer profesional dan berkualitas sesuai dengan jenis tipe pekerjaannya.

1. Tipe diversified worker

Tipe yang pertama adalah pekerja lepas yang bekerja di berbagai bidang dengan proyek dan customer yang berbeda  – beda pula. Misalnya saja, terdapat seorang pekerja lepas yang mengerjakan pembuatan website klien A di pagi hari, kemudian mengerjakan proyek pembuatan desain logo perusahaan untuk klien B di sore hari.

2. Tipe freelance business owners

Yang kedua, merupakan tipe freelancer yang memiliki bisnis sendiri sebagai sampingan diluar pekerjaan utamanya. Misalnya, terdapat pekerja lepas yang bekerja pada salah satu perusahaan, kemudian dia juga membuka usaha kafe di malam hari. Tantangan dari tipe ini adalah freelancer harus bisa membagi waktu dengan baik, supaya tidak menimbulkan konflik antar kepentingan.

3. Tipe moonlighter

Tipe yang ketiga hampir sama dengan tipe yang kedua. Namun untuk tipe ini, freelancer telah mempunyai pekerjaan tetap dan untuk freelance hanya menjadi sampingannya. Contohnya, seorang pekerja telah memiliki pekerjaan tetap di perusahaan A, namun di malam hari, menjadi seorang guru les privat. Jadi tujuan dari menjadi freelancer sendiri adalah untuk menambah pemasukan selain dari pekerjaan tetap yang telah ditekuni.

4. Tipe temporary worker

Tipe yang keempat adalah freelancer yang terikat dengan kontrak perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya saja, suatu perusahaan membutuhkan karyawan untuk mengganti karyawannya yang cuti melahirkan. Maka, perusahaan tersebut mengontrak selama 3 bulan untuk menggantikan sementara posisi kerjanya. Jadi setelah 3 bulan selesai, maka kontrak pun selesai. 

Pekerjaan freelance di bidang IT

Terdapat beberapa pekerjaan freelance yang terkait di bidang IT. Berikut merupakan beberapa rekomendasi pekerjaan yang dapat anda coba lakukan mulai saat ini.

1. Web developer

Bekerja sebagai freelance web developer sangatlah menarik dan banyak diminati sekarang. Namun, anda harus mempersiapkan kemampuan khusus dalam bidang pemrograman. Anda juga dituntut untuk mengerjakan proyek yang diberikan klien tepat waktu dan biasanya membutuhkan waktu hingga beberapa bulan.

Untuk menjadi web developer, tentu harus memiliki kemampuan khusus, baik dalam sisi front end, maupun backend. Terkait dengan front end, minimal anda harus menguasai bahasa markup seperti HTML dan CSS, kemudian bahasa pemrograman Javascript. Dan untuk backend, anda harus menguasai bahasa pemrograman PHP, Python, Java, serta framework seperti Laravel atau CodeIgniter.

Baca juga: Mengenal Pekerjaan Web Developer Beserta Gaji dan Tugas yang dimiliki

2. Android developer

Pekerjaan IT freelance yang kedua adalah menjadi seorang android developer. Untuk sekarang, pekerjaan yang satu ini mengalami peningkatan dari sisi permintaan proyek. Karena, banyak pengguna internet yang mengakses informasi melalui perangkat mobile. 

Sehingga, mengharuskan seseorang untuk mempelajari bahasa pemrograman mobile juga selain website. Untuk android developer, biasanya menggunakan tool dari android studio dengan bahasa pemrograman Kotlin dan Java. Namun, bagi anda yang bekerja sebagai web developer, juga dapat menggunakan React untuk mengubah bahasa pemrograman web ke mobile (cross-platform) tanpa harus bekerja dari awal.  

3. Business analyst

Tugas dari business analyst adalah menganalisis bisnis suatu perusahaan atau instansi terkait. Kemudian, juga melakukan penilaian terhadap model bisnis yang dijalankan, kemudian mengintegrasikannya dengan teknologi untuk memperoleh solusi yang optimal. 

Anda harus mempunyai basic pendidikan di bidang IT untuk menjadi freelancer business analyst. Selain itu, memiliki pemikiran yang kritis, dan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk kemajuan bisnis. Skill yang paling penting disini yaitu kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik kepada klien maupun rekan kerja anda.

4. Desain grafis

Selanjutnya, bagi anda yang tertarik dengan pembuatan desain logo, poster, atau banner, anda dapat mencoba menjadi freelancer desain grafis. Pekerjaan ini tentunya membutuhkan kemampuan dalam menggambar dan membuat sebuah ilustrasi yang bernilai estetik dan dinamis.

5. Youtuber

Yang kelima merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diminati saat ini dan erat kaitannya dengan media sosial, yaitu youtuber. Dimana, youtuber merupakan orang yang membuat sebuah konten berupa video dan diunggah melalui situs media sosial Youtube. Banyak sekali konten yang dapat anda coba tekuni, mulai dari vlog, game, pendidikan, bisnis, kesehatan, hingga podcast.

6. Blogger

Freelance yang selanjutnya berhubungan dengan bidang kepenulisan. Jika anda tertarik dan berminat untuk membuat tulisan di halaman website, anda dapat mencoba menjadi freelancer blogger. Dimana, tugas utama anda adalah membuat artikel dalam bentuk blog untuk dibaca oleh pengunjung website. 

7. Animator

Berikutnya, terdapat pekerjaan yang berhubungan dengan pengembangan animasi. Orang yang bertugas untuk membuat animasi disebut dengan animator. Di Indonesia sendiri, freelance yang terkait dengan bidang animasi ini masih sangat sedikit, karena industri yang masih belum ramai jika dibandingkan dengan perusahaan di luar negeri.

Jika anda berminat, terdapat beberapa situs freelancer yang dapat menawarkan pekerjaan ini dengan berbagai latar belakang perusahaan yang berbeda. Animasi sendiri dapat digunakan untuk produksi industri film, iklan, dan permainan (video games).

 8. Content Writer

Bagi anda yang memiliki kemampuan dalam menulis artikel, maka anda dapat mencoba menjadi seorang content writer. Hal yang paling penting agar tulisan anda dapat masuk pada halaman pertama di mesin pencari, maka anda harus belajar SEO (Search Engine Optimization). 

Dengan SEO, maka anda dapat mengoptimasi halaman situs yang telah dibuat agar dapat bersaing dengan artikel kompetitor bisnis anda. Untuk freelance jenis ini erat kaitannya dengan digital marketing. Anda juga perlu untuk mempelajari ilmu terkait bisnis pemasaran secara online.

Baca juga: Content Writer: Definisi, Tugas, dan Tips untuk Menjadi Penulis Andal

9. Jasa service laptop

Dan freelance yang terakhir adalah membuka jasa service laptop. Nantinya, anda akan memperbaiki kerusakan pada perangkat keras (hardware) komputer customer. Untuk pekerjaan ini membutuhkan skill dan kemampuan khusus terkait dengan elektro, jaringan, dan teknologi komputer. 

8 Rekomendasi situs freelancer terbaik

Berikut ini merupakan beberapa situs freelancer terbaik yang dapat anda akses untuk mencari berbagai pekerjaan di dunia freelance, baik dalam negeri maupun mancanegara.

  • Sribulancer
  • Freelancer Indonesia
  • Projects.co.id
  • Sribu
  • Gobann
  • 99Design
  • Crowdsource
  • Upwork

Kelebihan dan Kekurangan freelance

Freelance adalah bentuk kegiatan yang dapat dilakukan oleh setiap orang dengan memanfaatkan media internet. Namun, bagi anda yang ingin menekuni freelancer harus mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

1. Kelebihan

Berikut ini merupakan beberapa hal terkait dengan keunggulan dari freelance.

  • Jam kerja lebih fleksibel

Dengan menjadi seorang pekerja lepas, tentu saja anda mempunyai waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan sebuah proyek dari klien. Anda juga dapat menentukan sendiri kapan ingin mengerjakan tugas, namun dengan susunan yang disesuaikan dengan hasil akhir proyek. 

  • Menambah pengalaman dan meningkatkan keahlian

Pastinya, anda akan dituntut untuk mengerjakan proyek secara individu maupun hanya dengan beberapa tim saja. Sehingga, tantangan tersebut yang membuat anda dapat lebih berkembang dan meningkatkan soft skill dan hard skill. Selain itu juga, dapat menambah pengalaman kerja dan memperkaya portofolio anda.

2. Kekurangan

Berikut ini, beberapa kelemahan menjadi seorang freelancer.

  • Kurang mendapatkan fasilitas

Kekurangan yang pertama adalah kurangnya memperoleh fasilitas penunjang suatu pekerjaan. Jika anda berada di lingkungan kantor, tentu beda cerita. Secara otomatis, akan diberikan berbagai layanan penunjang proyek. Namun, sebagai freelancer tentu harus mempersiapkan berbagai kebutuhan dari sisi teknis maupun tool yang digunakan.

  • Penghasilan yang cenderung fluktuatif

Dan kekurangan yang berikutnya adalah pendapatan freelance yang berubah – ubah. Disesuaikan dengan intensitas proyek yang dikerjakan. Serta, menyesuaikan dengan ketersediaan job yang ada.

Kesimpulan

Untuk berkarir menjadi seorang freelance, pastikan anda mempunyai kemampuan sesuai dengan bakat dan minat anda. Selain itu, pastikan juga untuk selalu mengikuti perkembangan dan trend terkait dengan pekerjaan yang sedang populer dan banyak dibutuhkan oleh customer. Jangan lupa untuk memperbanyak koneksi anda, untuk mempermudah dalam mendapatkan klien baru.

Sekawan Media menawarkan jasa pembuatan website berkualitas dan terbaik di Kota Malang. Jika anda berminat, silakan hubungi tim kami melalui kontak yang tersedia atau ajukan proposal terkait kebutuhan bisnis anda.

Related Article

BACK OFFICE
  • Internal Audit
  • Document Management
  • Visitor Management
  • Event Management
  • E Office
PRODUCTION
  • Production & Manufacture
  • Regulatory Affair
  • Research Development
  • Quality Control
BUSINESS & OPERATIONS
  • Fleet Management
  • Marketplace & E-Commerce
  • Inventory Planning
  • Accounting
  • Expedition & Logistic
  • Point of Sales
OTHER
  • Academic
  • Rapor Online
  • E-Learning
  • Hospital
  • Credit Union
  • Perizinan Online

Copied To Clipboard

Bagikan Ke:

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email